Apasih Ciri-Ciri Virus Corona Menurut WHO? Lihat 4 Ciri-Cirinya

Ciri-Ciri Corona Virus Menurut WHO – Penyakit bisa kapan saja menyerang manusia dimana penyebab, gejala dan ciri-ciri hingga terkena penyakit itu bisa dimanapun terjadi. Salah satu penyebab sehingga banyak orang terkena penyakit adalah virus.

Alasannya karena virus merupakan mikroba bersifat parasit dengan ukuran mikroskopik dan cenderung bekerja dengan cara menginfeksi inangnya. Sehingga untuk mengenali ciri-ciri bahwa terkena virus di awal sangatlah susah, karena sangat kecil dan parasit, dan terkadang bahwa ciri-ciri tubuh terkena virus baru diketahui saat sudah menyebar.

Ini terjadi karena virus memasuki sel dan membuat perubahan yang bisa berbahaya bagi sel, merusak dan sampai bisa menyebabkan kematian pada sel. Dalam beberapa kasus terdapat virus yang bisa bertindak sebagai agen penyakit. Selain dari pada itu, bisa juga sebagai pewaris sifat bergantung dari sel-sel inangnya dan kondisi lingkungannya.

Melihat dari tingkah laku virus terkadang disebut sebagai benda hidup atau mati, persoalan inipun masih terus diperdebatkan. Alasannya benda mati karena bisa dikristalkan, sedangkan dikatakan benda hidup karena bisa memperbanyak diri (replikasi) dalam tubuh inang. 

Pada tahun 2020, terdapat virus yang menjadi pandemi seluruh negara di dunia, bahkan badan kesehatan dunia yakni WHO mengumumkan pernyataan itu melihat jumlah kasus akibat banyaknya orang terkena ciri-ciri dari virus yang dinamakan dengan virus corona atau corona virus. Apasih itu pengertian Corona Virus?

Apa itu Corona Virus Adalah?

Secara etimologi, Virus Corona atau yang disebut Corona Virus ini berasal dari bahasa latin yakni Corona yang artinya adalah mahkota. Arti dari mahkota ini mengacu dari apa yang terlihat partikel virus (virion) yang bisa dilihat punya pinggiran yang mengingatkan pada mahkota atau korona matahari.

Virus Corona ini sudah banyak menghantui seluruh warga didunia bahkan ada banyak korban yang berjatuhan akibat virus corona. Sebab tidak sedikit dampak buruk atau negatif yang dirasakan ketika terkena gejala atau ciri-ciri virus corona.

Baca Juga  Pengertian Konsentrasi Belajar, Tujuan & Ciri Siswa Yang Dapat Berkonsentrasi

Diketahui pada awalnya, coronavirus menginfeksi saluran pernapasan dan menyebabkan pilek. Selain itu, mengetahui corona virus pada awalnya ketika melihat dari ciri-cirinya, tidaklah jauh beda dengan penyakit seperti SARS, MERS. Hal itu karena Corona Virus atau disingkat dengan COVID-19 ini mempunyai sifat yang lebih mematikan.

Diketahui virus ini beramplop dengan genom RNA utas tunggal plus dan nukleokapsid berbentuk heliks simetris. Jumlah genom Virus Corona berada diantara 27 sampai dengan 34 kilo pasangan basa, terbesar di antara virus RNA yang diketahui.

Melihat dari apa yang dimaksud dengan virus corona diatas, membuat tanda-tanda atau ciri-ciri virus corona itu sudah sangat menyulitkan untuk mengetahui apa diri orang sedang terkena virus corona ataukah tidak. Sebab tanda atau ciri-ciri virus corona tidaklah jauh beda dengna flu atau demam biasa.

Itulah yang membuat mengapa jumlah kasus terinfeksi virus corona semakin bertambah banyak, walaupun tidak bisa dipungkiri dengan ciri-ciri virus corona yang sulit diketahui dan dianggap sebagai ciri-ciri penyakit biasa saja, akan tetapi mengidentifikasi penyakit ini boleh dikatakan tidaklah sulit.

Hal itu terbukti dengan jumlah penyebaran virus yang sampai ke seluruh dunia ini ternyata jumlah angka kesembuhan dari virus corona memperlihatkan persentasi yang tinggi yang bisa memberikan optimistis tersendiri. Itulah mengapa dari banyaknya pula kasus virus corona, perbagai lembaga dan innstansi serta organisasi pemerintah melakukan upaya pencegahan dengan cara mengudikasi masyarakat.

Salah satu edukasi untuk mencegah virus corona adalah dengan melakukan identifikasi diri secepatnya dengan cara mengetahui ciri-ciri atau tanda-tanda virus corona di masyarakat. Dunia sedang bergerak untuk menghalau penyebaran corona virus dan menurunkan korban jiwa akibat corona virus yang dari data setiap harinya terus bertambah.

Baca Juga  [Jawaban] Jelaskan Penyebab Keberagaman Agama di Indonesia Adalah?

Itulah mengapa pentingnya mengetahui ciri-ciri corona virus. Pada awalnya, banyak dunia yang bertanya-tanya tentang ciri-ciri corona virus yang pada awal kemunculannya terjadi di China, Wuhan. Namun karena cepatnya virus ini menularkan kepada seseorang membuat berbagai lembaga dunia untuk melakukan riset seperti WHO.

Sebagai badan kesehatan internasional, WHO langsung bergerak cepat dalam mencari tahu seperti apa tanda-tanda dan ciri-ciri dari virus corona. Berdasarkan dari pencaharian itu, maka diumumkan bahwa virus ini berbahaya.

Apasih Ciri-Ciri Virus Corona Menurut WHO? Lihat 4 Ciri-Cirinya (Foto: Artikelsiana.com)

Apasih Ciri-Ciri Virus Corona Menurut WHO? Lihat 4 Ciri-Cirinya (Foto: Artikelsiana.com)

Selain itu, WHO juga melampirkan ciri-ciri virus corona yang diketahui ciri-ciri virus corona ini sudah banyak dipublikasikan melalui video, animasi, di youtube, facebook, twitter, instagram yang kebanyakan berupa gambar atau foto. Berdasarkan dari hal itu, penulis akan melampirkan tanda-tanda atau ciri-ciri corona virus menurut WHO yang bisa dilihat dibawah ini:

Ciri-Ciri Ringan Virus Corona/COVID-19 Adalah?

Ciri-ciri virus corona untuk gejala ringan dan berat, bisa dilihat dari perkembangan penyakit pada pasien. Gejala ringan antara lain peningkatan suhu tubuh, hingga lebih dari suhu tubuh normal yaitu 36,6 derajat Celcius.

Adapun ciri-ciri corona virus menurut WHO setidaknya terdapat 4 yang bisa diketahui lebih awal yakni:

  1. Batuk
  2. Letih
  3. Sesak napas dan ngilu di seluruh tubuh
  4. Secara umum merasa tidak enak badan

Ciri-Ciri Berat Virus Corona/COVID-19

Gejala berat biasanya biasanya dialami pasien dengan daya tahan tubuh, berusia lanjut, atau punya penyakit sebelumnya misal hipertensi, diabetes, atau masalah jantung.

Kondisi gejala berat pada ciri-ciri virus corona ditandai kesulitan bernapas, mulai dari sesak hingga infeksi pneumonia. Berdasarkan dari apa yang dihimpun oleh penulis, adapun perkembangan virus corona dari hari ke hari dengan melihat dari ciri-cirinya yang dibagi dari mulai dari ringan dan berat yaitu:

Baca Juga  Peran Ahmad Soebardjo Dalam Peristiwa Rengasdengklok, Ini Sejarah Singkatnya

1. Ciri-Ciri Corona Virus Hari ke-1

Pasien infeksi COVID-19 mengalami demam, kelelahan, nyeri otot, batuk kering, berisiko diare serta mual yang terjadi satu dua hari sebelumnya

2.Ciri-Ciri Corona Virus Hari ke-5

Pada tahap ini gejala berat ciri-ciri virus corona mulai dirasakan pasien, yaitu kesulitan bernapas. Apalagi pada pasien yang punya riwayat penyakit sebelumnya

3. Ciri-Ciri Corona Virus Hari ke-7 dan ke-8

Dengan kondisi ciri-ciri virus corona yang makin buruk, pasien seharusnya mulai dirawat di rumah sakit. Sekitar 15 persen dari kasus infeksi virus corona, pasien mengalami gangguan pernapasan akut akibat cairan yang masuk ke paru-paru

4. Ciri-Ciri Virus Corona Hari ke-10

Kasus infeksi virus corona mulai memasuki tahap berat, dengan pasien mulai masuk perawatan intensif atau ICU. Pasien dengan gejala berat biasanya merasakan sakit di bagian abdominal dan nafsu makan turun

5. Ciri-Ciri Virus Corona Hari ke-17

Dengan perawatan intensif, sistem imun pasien biasanya makin baik untuk melawan infeksi COVID-19. Pasien mulai menunjukkan tanda-tanda perbaikan setelah dirawat 2,5 minggu.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apasih Ciri-Ciri Virus Corona Menurut WHO? Lihat 4 Ciri-Cirinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...
Apasih Ciri-Ciri Virus Corona Menurut WHO? Lihat 4 Ciri-Cirinya | fajeros | 4.5