Apakah Yang Dimaksud Dengan Teater? Ini Pengertiannya

Apakah Yang Dimaksud Dengan Teater? – Istilah teater tidak asing lagi dalam kehidupan saat ini, sebab tidak sedikit pertunjukan teater apalagi di daerah perkotaan. Namun sudah tahukah anda apasih yang dimaksud dengan Teater itu?. Sebab tidak semua pertunjukkan seni yang tampil di panggung disebut dengan teater.

Teater punya arti yang tidak sembarang, sebab teater adalah pementasan fenomena hidup dan kehidupan manusia di atas panggung untuk menyampaikan pencerahan batin bagi sejumlah penonton. Selain itu, teater juga diartikan sebagai media pembebasan untuk berekspresi.

Jauh dari hal itu didalamnya terdapat seni kolektif. Maksud dari hal ini dalam teater adalah perpaduan macam-macam ragam seni seperti seni tata busana, seni tata cahaya, seni suara, seni musik,  seni tari, seni dekorasi, dan berbagai jenis seni lain yang relevan.

Teater memiliki fungsi dan peran penting, sebab terdapat keutamaan dalam teater yang sangat membekas yaitu adalah wahana untuk berkreasi. Jadi teater adalah untuk menyalurkan kreativitas dan bagi orang-orang yang ingin kreatif marilah untuk berteater.

Apalagi bentuk kreativitas berekspresi melalui media gerak atau akting. Maka dari itu terkadang bagi sastrawan memberikan arti teater adalah permainan untuk pembebasan ekspresi.

Demikian ini diartikan karena teater memberikan kebebasan bagi pemain untuk melakukan peniruan terhadap kelompok tertentu dan unsur budayanya. Peniruan ini dalam teater, bisa dilakukan asalkan tidak melanggar batasbatas konvensi sosial, norma, dan moral tertentu.

Baca Juga  Seni Rupa 2 Dimensi: Unsur-Unsur & Jenis Karya Seni Rupa 2 Dimensi

Maka dari itulah, terkadang tidak sedikit yang memberikan definisi kalau didalam teater, pemain dapat dengan bebas berkespresi untuk menjadi siapapun dan menjadi “seperti apa” pun. Walaupun sifatnya bebas, namun tidak mudah untuk meniru.

Karena itulah dalam teater, kreativitas adalah modal utama yang harus dimiliki oleh setiap individu yang ingin masuk dalam dunia teater. Karakteristik atau ciri-ciri menjadi individu yang kreatif adalah dengan berpikir orisinalitas, fleksibilitas, kelancaran, dan elaborasi.

Tidak hanya itu, orang yang kreatif juga mempunyai pikiran dan tingkah laku yang terbuka, luwes, bebas dalam mengekspresikan diri.

Tidak hanya itu, mempunyai kemampuan apresiasi yang tinggi, sehingga dapat beriminat terhadap kegiatan kreatif, percaya diri dan juga mandiri.

Apabila membahas langkah-langkah teater, pada proses awalnya adalah dengan penciptaan gagasan yang dilakukan oleh individu yang terlibat di dalamnya.

Penciptaan gagasan juga setiap individu diberikan kebebasan untuk menyampaikan gagasan sesuai dengan pementasan baik itu penentuan tema, lakon, dan macam-macam rencana lain.

Hal ini menampilkan kalau teater bukan hanya membutuhkan kemampuan berakting akan tetapi lebih jauh dari hal itu adalah kemampuan berpikir kritis dan cerdas. Teater bukanlah penjara bagi individu yang ada di dalamnya.

Baca Juga  Karakteristik & 4 Contoh Teks Monolog Singkat Tentang Ibu dan Ayah

Teater adalah rumah yang menyenangkan karena setiap individu diberikan kebebasan untuk bersikap dan berperilaku dalam hal untuk menentukan langkah dalam pengembangan organisasinya dengan tetap taat terhadap norma yang ada di dalamnya.

Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa esensi atau substansi dalam teater adalah membuat seseorang untuk berpkir fleksibel, lancar, berelaborasi bersama kelompok. Itulah sehingga mengapa banyak individu yang menampilkan karyanya dalam teater, baik itu yang sifatnya kritik ada banyak teater yang jenis demikian.

Melihat dari pengantar diatas sudah jelaslah mengapa teater sampai saat ini menjadi pembahasan yang menarik sebab dalam bidang apapun,

Teater bisa difungsikan dan dipakai dalam kehidupan sehari-hari dan bahkan bisa saja dalam kehidupan sehari-hari ada yang berteater dengan menampilkan sesuatu hal yang tidak sebenarnya. Melihat dimensi teater yang luas, tahukah anda apa yang dimaksud dengan pengertian Teater adalah:

Apakah Yang Dimaksud Dengan Teater? Ini Pengertiannya (Foto: Artikelsiana.com)

Apa Pengertian Teater Adalah?

Secara etimologi, yang dimaksud dengan teater berasal dari istilah bahasa Yunani yaitu “Theatron”. Arti dari istilah ini adalah panggung tempat penonton. Maksud dari istilah ini adalah sebuah bangunan yang dibangun untuk menjadi tempat sebuah peristiwa tontonan yang selanjutnya dinamakan dengan teater.

Pada saat ini, teater adalah lebih mengerah pada pertunjukkan seni drama. Apasih itu Drama?. Drama adalah dialog dalam bentuk puisi/prosa yang keterangan laku. Pertunjukkan drama, terkadang orang berperan berdasarkan pada cerita, untuk menyampaikan maknanya.

Baca Juga  Pengertian Seni Rupa Terapan, Contoh, Sejarah, & Macam-Macamnya

Teks tertulis yang didalamnya terdapat rancangan laku yang disebut dengan lakon yang selanjutnya istilah ini disebut dengan naskah. Sebelum melanjutkan dapatkah anda mengambil kesimpulan mengenai pengertian teater secara umum?.

Pada umumnya, yang dimaksud dengan pengertian teater adalah proses pemilihan teks atau naskah, penafsiran, penggarapan, penyajian atau pementasan dan proses pemahaman atau penikmatan dari publik atau pirsawan (bisa pembaca, pendengar, penonton, pengamat, kritikus atau peneliti).

Proses penjadian drama ke teater disebut prose teater atau disingkat berteater. Teater dapat juga didefinisikan dengan 2 cara yaitu bisa dalam arti sempit dan bisa juga dalam arti luas.

Dalam arti luas yang dimaksud dengan pengertian Teater adalah sebagai drama (kisah hidup dan kehidupan manusia yang diceritakan di atas pentas, disaksikan orang banyak dan didasarkan pada naskah yang tertulis).

Sedangkan apabila merujuk dalam definisi sempit, arti dari teater adalah segala tontonan yang dipertunjukkan di depan orang banyak contohnya wayang orang, ketoprak, ludruk dan lain-lain.

Demikianlah informasi mengenai topik berjudul Apakah Yang Dimaksud Dengan Teater? Ini Pengertiannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...
Apakah Yang Dimaksud Dengan Teater? Ini Pengertiannya | fajeros | 4.5