[Jawaban] Apa Tujuan Makhluk Hidup Berkembang Biak?

Tahukah anda apa tujuan makhluk hidup berkembang biak? Seperti yang kita ketahui bersama bahwa setiap makhluk hidup seperti hewan, tumbuhan dan manusia itu sudah tentu melakukan suatu perkembangbiakan dengan cara melakukan reproduksi. Adapun cara bereproduksi pada makhluk hidup juga tergolong sangat beragam mulai dari hewan yang bertelur seperti ayam sampai melahirkan seperti sapi, tumbuhan yang berkembang biak dengan melakukan perkawinan lewat bunga sampai melalui umbinya. Hal itu dilakukan oleh makhluk hidup dengan beberapa tujuan. Adapun tujuannya yaitu:

Apa Tujuan Makhluk Hidup Berkembang Biak

Tujuan dari makhluk hidup berkembang biak secara umum yaitu untuk dapat mempertahankan keturunan supaya bisa muncul generasi baru untuk dapat melanjutkan kehidupannya, tidak punah sampai disitu saja dan dapat mempertahankan spesies atau jenisnya. Nah, untuk lebih lengkapnya, silahkan anda menyimak informasi yang ada di bawah ini:

Baca Juga  Sistem Pernapasan Vertebrata dan Pernapasan Avertebrata

Makhluk Hidup Berkembang Biak Agar Tidak Punah

Salah satu tujuan dari makhluk hidup untuk berkembang biak yaitu untuk dapat mempertahankan spesiesnya di alam supaya tidak punah. Dengan demikian, spesies yang berhubungan akan terus dapat ditemukan di alam. Kepenuhan adalah sesuatu hal yang tidak diinginkan oleh semua makhluk hidup. Terdapat beberapa hewan yang sudah dinyatakan punah sehingga kita tidak bisa lagi mendapatkannya di alam dan terdapat hewan yang telah dinyatakan akan mengalami suatu kepunahan sampai perlu adanya campur tangan manusia supaya hewan tersebut tak punah dan bisa dilihat oleh anak cucuk kita nantinya.

Baca Juga  Mengenal Reproduksi Bakteri

APA TUJUAN MAKHLUK HIDUP BERKEMBANG BIAK

Makhluk Hidup Mempertahankan Spesiesnya

Punah sebenarnya bukanlah satu-satunya alasan untuk melakukan perkembang biakan. Semisalnya saja, di alam yang penuh dengan predator, tentu untuk dapat mempertahankan spesiesnya di area tersebut maka harus melakukan suatu perkembangbiakan. Terdapat beberapa hewan yang mempunyai banyak keturunan dalam sekali melakukan reproduksi, semisalnya saja kura-kura di suatu daerah. Kura-kura bertelur sampai ratusan karena di alam kura-kura muda itu sangatlah rentan, dan dari ratusan kura-kura hanya ada beberapa saja yang bisa mencapai masa dewasa. Kalau kura-kura yang ada di daerah tersebut hanya bertelur sebanyak 2 butir maka kemungkinan untuk jumlah kura-kura pada tempat tersebut akan semakin terus berkurang karena kemampuan mereka utnuk dapat mempertahankan diri menjadi berkurang.

Baca Juga  Struktur Akar Pada Tumbuhan

Berkembang Biak untuk mendapatkan keturunan

Pada beberapa makhluk hidup, keturunan adalah sesuatu hal yang sangatlah penting dan menjadi lambang dari sebuah keluarga, sehingga keturunan tersebut diinginkan. Meskipun untuk jumlah makhluk hidup tersebut terbilang cukup banyak dan jauh dari kata kepunahan. Manusia adalah salah satu contoh dari makhluk hidup yang senantiasa menginginkan keturunan di keluarganya.

Nah, demikianlah informasi tentang apa tujuan makhluk hidup berkembang biak. Semoga saja informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang mencari informasi tentang tujuan makhluk hidup berkembang biak.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...
[Jawaban] Apa Tujuan Makhluk Hidup Berkembang Biak? | Artikel Bermanfaat | 4.5