Apa Pengertian Senam Irama? Ini Arti Senam Irama & Penjelasannya

Pengertian Senam Irama – Senam adalah salah satu cabang olahraga, yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Gymnastics. Sedangkan untuk dalam bahasa Belanda, Senam disebut dengan Gymnastiek. Perlu diketahui bahwa kata Gymnastics berasal dari bahasa Yunani yaitu gymnos, artinya telanjang.

Penjelasan dari kata ini dijelaskan oleh Hidayat (1995) karena geraknya butuh keleluasaan sehingga butuh telanjang atau setengah telanjang. Itu bisa terjadi karena saat dulu pakaian belum seperti sekarang. Ternyata, dalam bahasa Gymnastics sendiri diturunkan dari kata kerja gymnazeim yang artinya melatih diri.

Latihan demikian dilakukan pemuda pada masa Yunani kuno sekitar 1000 SM atau pada 476 Tahun untuk menjadi warga yang baik dan menjaga harmonisasi antara penduduk. Ada banyak para tokoh filsuf yang mendukung program dari hal ini yakni Socrates, Plato dan Aristoteles, untuk meningkatkan keindahan dan kecantikan, kekuatan serta efisiensi gerak.

Begitu juga terjadi pada saat jaman kekaisaran Romawi dimana setiap kegiatan ditemukan, dimana ada banyak pendukung kegiatan fisik untuk kemudahan dalam latihan militer untuk kaum prianya. Itulah mengapa banyak pemuda saat itu kuat, berani dan pejuang tangguh. Seiring berkembangnya zaman, gymnos atau gymnastics sering tidak terbatas, karena menunjukkan kegiatan seperti gulat, bertinju dll. Namun saat ini gymanstics semakin sempit dan sesuai dengan kebutuhannya.

Baca Juga  Pengertian Birama, Macam-Macam, Fungsi & Unsur Tanda Birama Serta Contohnya

Dalam senam ada banyak jenis-jenis senam yang diketahui hingga saat ini antara lain senam artistik, senam irama, senam akrobatik, senam aerobic sport, senam trampolin, dan senam umum. Salah satu senam yang paling banyak peminatnya adalah Senam Irama. Apasih yang dimaksud dengan Senam Irama itu?

Pengertian Senam Irama Adalah?

Secara sederhana, yang dimaksud dengan pengertian senam irama adalah gerakan senam yang diiringi dengan menggunakan musik. Senam Irama dikenal juga dengan senam ritmik. Sebenarnya tidak ada yang berbeda dengan senam lainnya, perbedaannya hanyalah pada penggunaan fitur musik yang membuat setiap ornag bersemangat.

Terkadang juga bisa selain musik untuk melakukan senam ritmik atau senam irama yaitu dengan memakai alat yang dipegang (hand aparatus) contohnya bola, tali, pita, simpai dan gada. Senam Irama juga memiliki gerakan dengan latihan bebas sesuai dengan irama. Walaupun demikian, terdapat unsur-unsur Senam Irama  yang harus dipenuhi dalam melakukannya adalah: 

  1. Kelentukan
  2. Keseimbangan
  3. Keluwesan
  4. Fleksibalitas
  5. Kontinuitas
  6. Ketepatan dengan irama

Dengan penguasaan terhadap ke enam unsur senam irama maka setiap orang dapat dengan mudah dalam menguasai teknik gerakan pada senam irama atau ritmik, karena gerakannya bisa serasi dan bermanfaat bagi tubuh yakni jasmani dan rohani.

Apa Pengertian Senam Irama? Ini Arti Senam Irama & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Apa Pengertian Senam Irama? Ini Arti Senam Irama & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Hal ini sebagaimana dengan tujuan senam yaitu dengan membentuk keindahan tubuh, kebugaran dan kekuatan. Untuk mendapatkan tujuan senam irama, maka hanya perlu dengan mengetahui unsur-unsur senam irama sebagaimana yang telah dilampirkan diatas.

Baca Juga  Arti Mimikri Adalah & 5 Contoh Hewan Mimikri

Kompleksitas senam irama juga tidak sedikit membuat banyak para ahli dan berbagai kalangan angkat bicara soal senam irama atau senam ritmik. Seperti yang dikemukakan oleh Tri (2010:41). Menurut Tri bahwa senam irama adalah gerakan dengan irama musik/latihan bebas yang dilakukan secara berirama dimana bisa memakai alat atau tanpa alat.

Sedangkan menurut definisi dari Sumarjo (2010:68) bahwa arti senam irama adalah salah satu dari jenis gerakan senam yang terbagi atas 2 macam yaitu senam irama dengan alat dan tanpa alat. Akan tetapi, walaupun terbagi tetap saja gerakan yang dipilih mengutamakan untuk menjaga kelenturan tubuh.

Menurut Sumarjo, bahwa untuk mendapatkan tujuan itu bisa dengan latihan yang sistematis, teratur dan terencana dengan gerakan spesifik. Itulah mengapa menurut Sumarjo bahwa senam irama adalah suatu rangkaian gerakan senam baik dengan musik atau latihan bebas secara berirama yang tidak terputus sehingga tercipta satu gerakan yang indah.

Walaupun demikian, tetap saja ada langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam senam irama atau senam ritmik. Berdasarkan dari informasi penulis, terdapat 6 langkah-langkah senam irama yang harus diperhatikan yaitu:

  1. Langkah biasa, yaitu dengan cara berdiri dengan tegap sambil merentangkan kedua tangan dan dilanjut melangkahkan kaki kiri dan disusul dengan kaki kaki kanan.
  2. Langkah rapat, dengan cara berdiri dengan sikap tegap, kaki kanan dilangkahkan kedepan hitungan selanjutnya kaki kiri kemudian kaki kanan dan kiri dirapatkan.
  3. Langkah keseimbangan, dengan cara berdiri dengan kedua tangan direntangkan, selanjutnya hitungan pertama melangkahkan kaki kiri kedepan dengan disusul dengan kaki kanan, sebelum kaki kanan diangkat tumit masih terangkat.
  4. Ayunan tangan kebelakang, dengan cara anak berdiri dengan tegak, hitungan satu ayunkan kedua lengan kanan dan kiri kebelakang, hitungan kedua lengan kanan dan kiri diayunkan kedepan, hitungan ketiga dan keempat kedua lengan diayunkan secara bergantian.
  5. Mengayunkan lengan dari depan kesamping, dengan cara sikap pertama berdiri tegak dengan kedua tangan direntangkan, hitungan pertama ayunkan lengan kiri dan kanan kearah sebelah kanan, selanjutnya diayunkan kekiri.
  6. Mengayunkan lengan kesamping dengan memindahkan berat badan, dengan cara badan tegak sambil mengayunkan badan ke kiri, hitungan kedua mengayunkan badan ke kanan, selanjutnya ayunkan lengan dan badan kearah kanan dan kiri bergantian.
Baca Juga  999+ Kumpulan Meme Tuman Lucu Bikin Teman Merasa Tersindir

Demikianlah informasi mengenai Apa Pengertian Senam Irama? Ini Arti Senam Irama & Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...
Apa Pengertian Senam Irama? Ini Arti Senam Irama & Penjelasannya | fajeros | 4.5