Apa Pengertian Promosi Menurut Ben M. Enis? Penjelasannya Adalah

Pengertian Promosi Menurut Ben M. Enis –  Dengan perubahan teknologi yang begitu cepat, membuat perubahan pada perilaku masyarakat. Alasannya karena ada banyak informasi yang dapat lebih mudah diakses,

Sehingga masyarakat dapat lebih pandai dalam memilih produk begitu juga dengan membanding-bandingkan antara produk yang sejenis, yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka.

Saat memasarkan suatu produk, seorang pemasar perlu pandai dalam membaca situasi pasar yang sekarang dan pada masa yang akan datang. Hal itulah sehingga mengapa pemasar harus tanggap terhadap apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan konsumen serta kapan dan dimana itu dibutuhkan.

Melalui hal demikian sehingga produsen perlu untuk menciptakan produk yang sesuai dengan apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan konsumen secara tepat waktu.

Selain itu, pemasar juga membutuhkan komunikasi yang baik dalam memamerkan kelebihan produk dibandingkan dengan apa yang dimilik produk lainnya dan pesainnya.

Sebagaimana yang diketahui bahwa tujuan dari pendirian perusahaan ialah untuk mendapatkan pengenalan terhadap sesuatu yang lebih jauh kepada masyarakat sejalan denga harapan yang dipunyai perusahaan itu sendiri.

Baca Juga  Pengertian Administrasi Perkantoran, Karakteristik, & Ruang Lingkupnya

Untuk mendapatkan hal itu, maka setiap perusahaan melakukan promosi barang dan jasa secara bertahap kepada masyarakat. Melalui promosi inilah maka dapat membantu penjualan produk, dengan memberikan bonus atau harga yang murah terhadap produk tertentu juga.

Umumnya promosi dapat merubah pola konsumsinya, seperti konsumsi melihat produk pada iklan. Setiap perusahaan punya ketergantungan penjualan produk dengan menjalankan promosi, karena jika tidak dilakukan promosi maka produk itu tidak akan dikenal luas.

Apa Yang Dimaksud Dengan Promosi?

Berdasarkan dari penjelasan diatas, tahukah anda apa pengertian promosi itu?. Secara sederhana yang dimaksud dengan pengertian promosi adalah promosi itu adalah komunikasi yang memberi penjelasan yang meyakinkan calon konsumen tentang barang dan jasa.

Ada banyak pandangan yang diungkapkan berbagai literatur dan para ahli ekonom dalam memberikan definisi atau pengertian terhadap apa itu Promosi. Misalnya saja tokoh bernama William J.Stanton, William Shoel, Philip Kotler, Gary Armstrong, Kennedy, Soemanagara dan Ben M. Enis. Apalagi untuk Ben M. Enis yang menjadi topik utama dalam pembahasan ini megenai definisinya terkait promosi.

Baca Juga  Ekonomi Makro: Pengertian, Tujuan Ekonomi Makro & Ruang Lingkupnya

Pengertian Promosi Menurut Ben M. Enis

Apa Pengertian Promosi Menurut Ben M. Enis? Penjelasannya Adalah (Foto: Artikelsiana.com)

Foto Ben M.Enis dalam artikel Apa Pengertian Promosi Menurut Ben M. Enis? Penjelasannya Adalah (Foto: Artikelsiana.com)

Menurut Ben M. Enis (1974:378) promosi diartikan sebagai “…as comunication that inform potential customers of the existence of product and persuade them that those product have want satisfying capabilities”.

Dalam arti bahasa Indonesia apa definisi Ben M. Enis terkait promosi adalah sebagai sejenis komunikasi yang memberi penjelasan yang meyakinkan calon konsumen tentang barang dan jasa ataupun sebuah proses membagi ide, informasi atau perasaan audiens.

Tujuan Promosi Adalah?

Tujuan promosi tiada lain dan tiada bukan adalah memperkenalkan dan menjual jasa produk yang ingin dihasilkan. Tujuannya untuk menghadapi persaingan pasar yang semakin kompetitif dan kompleks.

Baca Juga  Pengertian Gajah, Ciri, Habitat, Makanan, Manfaat & Deskripsinya

Selain itu tujuan promosi juga pada dasarnya dapat dikatakan menjual goodwill image dan idea yang baik tentang bank bersangkutan. Inilah tujuan utama perusahaan melakukan promosi. Adapun tujuan yang lebih terperinci dimana perusahaan melakukan promosi adalah:

  1. Menginformasikan seluruh aspek-aspek dan kepentingan perusahaan yang berhubungan dengan konsumen,
  2. Mempengaruhi dan membujuk pelanggan sasaran
  3. Mengingatkan kembali konsumen atas keberadaan perusahan dan merk-merk produk yang dihasilkan
  4. Mengubah persepsi pelanggan terhadap atribut produk.
  5. Mendorong pelanggan untuk belanja saat itu juga.
  6. Mengurangi ketakutan dan kekhawatiran pembeli
  7. Membangun citra perusahaan

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Pengertian Promosi Menurut Ben M. Enis? Ini Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...
Apa Pengertian Promosi Menurut Ben M. Enis? Penjelasannya Adalah | fajeros | 4.5