Apa Pengertian Bisnis Secara Umum? Ini Arti Bisnis & Tujuannya

Pengertian Bisnis – Dalam kemajuan yang dirasakan saat ini baik itu, kemajuan ekonomi, sosial, dan budaya tiada lain karena apa yang dilakukan dalam bisnis. Dalam perilaku bisnis terdapat perilaku yang dilakukan sehingga memberikan dampak berupa konsekuensi yang disebabkan dari kegiatan perusahaan itu.

Ada banyak kegiatan yang dilakukan dalam perusahaan sehingga terjadi perilaku pelanggaran etika karena terdapat kecenderungan orang yang merasa bahwa dirinyalah yang paling benar dalam banyak situasi.

Maka dari itu, dalam situasi apapun maka hal yang perlu dilakukan adalah kesadaran moral, sehingga apa yang diputuskan apabila kondisi apapun dapat tetap bernilai etika.

Hal itu juga dimana dalam dunia bisnis tumbuh pesat yang menjadi tantangan dan ancaman bagi para pelaku usaha untuk bisa memenangkan persaingan dan mempertahankan kelangsungan hidup yang terdapat dalam perusahaannya.

Apabila perusahaan bertekad untuk bisa berkembang dan mendapatkan keungulan, adalah dengan bersaing untuk menyediakan produk atau jasa yang berkualitas. Selain itu juga bisa dilakukan dengan harga yang murah dibandingkan dengan pesaingnya. Apalagi untuk saat ini, dimana segala aktivitas manusia begitu cepat, membuat waktu baik itu jasa maupun barang juga harus lebih cepat saat diserahkan.

Baca Juga  Dampak APBN Terhadap Perekonomian Negara

Dengan hal itu, maka persaingan dalam dunia bisnis dapat dipertahankan oleh perusahaan karena terdapat pasar yang harus dijaga dan jangan sampai pasar tersebut direbut oleh pesaingnya. Tentu saja mempertahankan hal ini dibutuhkan strategi usaha. Karena besarnya peluang bisnis di Indonesia telah memacu usaha-usaha berkembang di Indonesia.

Itulah mengapa bisnis juga bisa diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan terus menerus mulai dari pengadaan bahan baku, produksi, pemasaran, dan distribusi sampai kepada konsumen bentuk barang dan jasa yang bertujuan mendapatkan keuntungan kemanfaatan. Sehingga unsur utama dalam bisnis yang tidak boleh dilepaskan dari penjelasan itu adalah subjek dan objek.

Maksudnya adalah subjek bisnis merupakan pelaku bisnis yang bisa saja dari pemerintah, pemilik perusahaan, pemegang saham, manajer, karyawan, produsen, pemasok, distributor, masyarakat, dan konsumen.

Sedangkan yang dimaksud dengan objek bisnis adalah barang dan jasa yang menjadi objek dari pelaku bisnis. Namun selain dari pada itu, juga dibutuhkan keuangan, manajerial, dan etika.

Dengan pengaturan manejerial dan financial yang baik, teknologi yang unggul, sarana dan prasarana, serta dengan etis dan etos bisnis yang baik membuat kepercayaan konsumen terhadap perusahaan tetap terjaga. Hal ini tentunya membantu perusahaan dalam menciptakan citra bisnis yang baik dan etis.

Baca Juga  Komponen MSDM dan Peranan MSDM

Pengertian Bisnis Adalah?

Apa Pengertian Bisnis Secara Umum? Ini Arti Bisnis & Tujuannya (Foto: Artikelsiana.com)

Apa Pengertian Bisnis Secara Umum? Ini Arti Bisnis & Tujuannya (Foto: Artikelsiana.com)

Secara etimologi, istilah bisnis berasal dari bahasa Inggris yakni Business yang artinya kesibukan. Maka dari itu, bisnis adalah sibuk dalam menjalankan ataupun melakukan suatu aktivitas dalam suatu sektor apapun itu.

Sebenarnya bisnis erat kaitannya dengan perdagangan. Lihat saja dalam definisi yang dikutip dari Wikipedia. Menurut wikipedia, bahwa apa yang dimaksud dengan pengertian bisnis adalah keadaan dimana seseorang ataupun individu maupun sekelompok individu yang sibuk dalam menjalankan pekerjaan yang menghasilkan suatu keuntungan (laba).

Namun apabila merujuk dalam ilmu ekonomi, pengertian bisnis adalah suatu organisasi yang menawarkan barang dagangannya dengan cara menjual barang ataupun berupa jasa kepada pembeli (konsumen) atau pada bisnis yang lain.

Sedangkan apabila merujuk dari para ahli dalam hal ini Peterson. Menurut Peterson bahwa definisi bisnis adalah serangkaian kegiatan yang berhubungan dengan penjualan ataupun pembelian barang dan jasa secara konsisten.

Baca Juga  Pengertian Angkatan Kerja, Jenis, Contoh & Menurut Para Ahli

Selain itu menurut Prof.L.R.Dicksee, bahwa apa yang dimaksud dengan bisnis adalah bisnis adalah suatu bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan bagi yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam terjadinya aktivitas tersebut.

Berdasarkan penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa secara umum, apa yang dimaksud dengan pengertian bisnis adalah tindakan individu dan sekelompok orang yang menciptakan nilai melalui penciptaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.

Tujuan Bisnis Adalah?

Tujuan utama dari semua bisnis adalah untuk mendapatkan laba dengan memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Adapun beberapa tujuan bisnis adalah sebagai berikut:

  1. Mendapatkan keuntungan dari adanya kegiatan bisnis 
  2. Bisa dipakai dalam menunjukkan prestasi
  3. Agar barang dan jasa bisa tersedia untuk masyarakat
  4. Agar bisa sejahtera pemilik faktor produksi dan masyarakat.
  5. Untuk menunjukkan eksistensi suatu perusahaan dalam jangka panjang.
  6. Bisa dalam meningkatkan kemajuan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat secara umum.
  7. Menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Demikianlah informasi mengenai Apa Pengertian Bisnis Secara Umum? Ini Arti Bisnis & Fungsinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...
Apa Pengertian Bisnis Secara Umum? Ini Arti Bisnis & Tujuannya | fajeros | 4.5