Apa Fungsi Semboyan Bhinneka Tunggal Ika? Ini 4 Fungsi & Artinya

Fungsi Utama Bhinneka Tunggal Ika – Saat ini, seluruh masyarakat mengenal negaranya adalah suatu bangsa yang merdeka dan berdaulat. Namun sebelum itu, ada sejarah yang menjadi latar belakang terwujudnya pertama kali yaitu sebagai masyarakat adat yang tersebar seluruh wilayah Nusantara.

Dengan itu, maka setiap masyarakat adat mampu dibedakan dengan mudah karena terdapat ciri khas seperti pada saat berbicara, merespon diluar dirinya, tingkah laku yang menunjukkan asal usul mereka.

Bangsa Indonesia yang kita kenal sekarang sebagai satu bangsa yang merdeka dan berdaulat, pada mulanya adalah masyarakat adat yang tersebar di seluruh wilayah Nusantara. Sebagai masyarakat adat, dengan mudah tiap-tiap kelompok masyarakat ini dapat dibedakan satu dengan yang lainnya.

Apalagi ditambah dengan adanya keterpisahan geografik yang membuat keberadaannya disetiap pulau memberikan pengaruh pada karakter yang terdapat dalam masyarakat adat. Dengan kondisi itu membuat perbedaan ciri alami semakin jelas antara kelompok masyarakat.

Apalagi saat masuknya agama yang ada di luar Nusantara, begitu pula dengan warisan kepercayaan nenek moyang membuat keberagaman yang ada di Indonesia kalah itu semakin beragam. Melalui keberagaman itu, maka lahirlah suatu konsep yang dibutuhkan untuk menyatukan keberagaman itu. Di Indonesia kala itu dikenal dengan Bhinneka Tunggal Ika. Apasih yang dimaksud dengan Bhinneka Tunggal Ika? 

Apa itu Bhinneka Tunggal Ika? 

Dalam sejarahnya, Mpu Tantular yang merupakan pujangga kerajaan Majapahit pada masa pemerintahan raja Hayam Wuruk (1350-1389) menulis istilah Bhinneka Tunggal Ika dalam kitab Sutasoma.

Baca Juga  Komponen MSDM dan Peranan MSDM

Isi dalam kitab itu berbunyi “bahwa agama Budha dan Siwa (Hindu) merupakan zat yang berbeda tapi nilai-nilai kebenaran jina (Budha) dan Siwa (Hindu) adalah tunggal. Terpecah belah tetapi satu jua artinya tidak ada dharma yang mendua”.

Dalam penerapannya di Indonesia, semboyan Bhinneka Tunggal Ika telah menjadi pembicaraan pada sidang-sidang BPUPKI yang dilakukan antara Muhamad Yamin, Ir. Soekarno, I Gusti Bagus Sugriwa sekitar dua setengah bulan sebelum proklamasi.

Alasan dalam menggunakan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa Indonesia karena mengingat ajaran yang terkandung didalamnya adalah realita dari apa yang menjadi kehidupan masyarakat Indonesia yang begitu pluralis. Maksud dari hal ini bisa dalam arti budaya masyarakat atau bisa juga dari kondisi geografi yang menjadi ruang hidupnya.

Baca Juga  3 Syarat Keberhasilan Integrasi Nasional Bagi Bangsa Indonesia Adalah?

Maksud dari arti Bhinneka Tunggal Ika adalah walaupun dalam realitas kehidupan yang amat beragam, yang ditandai oleh perbedaan-perbedaan lahiriah, akan tetapi tetap mampu membangun kerukunan untuk tujuan bersama demi satu kesatuan bangsa dan wilayah NKRI.

Demikian ini karena hasil konsensus atau kesepakatan bersama untuk mengatasi kerawanan sebagai sifat yang melekat pada keberagaman itu. Itulah mengapa semboyan bangsa Indonesia ini tertulis di dalam lambang negara Indonesia, Burung Garuda Pancasila.

Pada kaki Burung Garuda itulah terpampang dengan jelas tulisan Bhinneka Tunggal Ika. Secara konstitusional, Bhinneka Tunggal Ika diatur dalam pasal 36A Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 yang berbunyi “Lambang Negara ialah Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika”.

Fungsi Utama Bhinneka Tunggal Ika Adalah?

Berdasarkan dari informasi diatas, dapat disimpulkan bahwa fungsi utama bhinneka tunggal ika adalah . Selain dari itu, bhinneka tunggal ika dapat digolongkan dalam 4 fungsi kehadirannya. Adapun penjelasan dari keempat fungsi itu adalah.

  1. Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Toleransi yang mengajarkan sikap memahami orang demi berlangsungnya komunikasi secara baik, dengan menerima, dan menghargai pendapat orang lain.
  2. Bhinneka Tunggal Ika sebagai Keadilan yang bermakna untuk hidup bersama dalam seluruh kepntingan walaupun tidak semua kepentingan itu bisa terpenuhi, sehingga perlu batasan, yang mana Bhinneka Tunggal Ika lahir untuk mempertegas dan memberikan proporsi.
  3. Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Gotong Royong dimana berarti memikul beban bersama, yang menjadi kebiasaan tanah air, untuk mewujudkan kepentingan itu, dan sikap peduli terhadap kekurangan orang lain dan membantunya.
  4. Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Kerukunan dengan menghadirkan kepercayaan pada diri dan orang lain, untuk menjadikan dunia aman, damai dan sentosa. Sehingga apapun dilakukan, bahwa ada Tuhan yang selalu membantu. Demikian ini dilakukan dengan displin agar terciptanya kerukunan yang teratur sehingga kerukunan dapat bersemayam di hati sanubari manusia.
Baca Juga  Norma Kebiasaan: Pengertian, Contoh-Contoh, & Ciri-Cirinya

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Fungsi Utama Bhinneka Tunggal Ika? Ini 4 Fungsi & Artinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...
Apa Fungsi Semboyan Bhinneka Tunggal Ika? Ini 4 Fungsi & Artinya | fajeros | 4.5