Apa Fungsi Air Di Bidang Industri Adalah? Ini 8 Fungsinya

Fungsi Air Di Bidang Industri –  Air merupakan senyawa kimia yang sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup di bumi ini. Fungsi air bagi kehidupan tidak dapat digantikan oleh senyawa lain. 

Air sudah menjadi kebutuhan pokok setiap makhluk hidup. Apalagi bagi manusia, air adalah sesuatu yang memiliki peran penting dalam aktivitas sehari-hari. Tidak jarang banyak di berita atau di televisi nasional yang ketika terdapat permasalahan tentang air begitu viral.

Biasanya adalah soal permasalahan kurangnya air bersih. Demikian ini terjadi karena air bersih yang bermutu baik dimanfaatkan oleh manusia untuk dikonsumsi. Selain itu, kebutuhan akan air juga digunakan untuk berbagai aktivitas sehari-hari termasuk untuk sanitasi. Penggunaan air yang utama dan sangat vital bagi kehidupan adalah sebagai air minum yang demikian ini menjadi kebutuhan bagi manusia setiap harinya.

Demikian ini sebagaimana yang disampaikan dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI No.1405/Menkes/SK/IX/2002 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Kerja Perkantoran dan Industri terdapat pengertian mengenai air bersih yaitu air yang dipergunakan untuk keperluan sehari-hari dan kualitasnya memenuhi persyaratan kesehatan air bersih sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan dapat di minum apabila di masak.

Baca Juga  Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Konsekuensi Go-Public bagi Perusahaan

Fungsi air bagi manusia sangatlah penting yang ujung dari pada itu semua agar manusia dapat tetap hidup sebab apabila manusia kehilangan air untuk 15% dari berat badan, maka yang terjadi adalah kematian karena dehidrasi atau kekurangan air.

Fungsi atau manfaat air ternyata tidak hanya digunakan sebagai kebutuhan konsumsi atau air minum, melainkan fungsi dan manfaat air juga berperan penting dalam kebutuhan proses industri yang sama juga membutuhkan ketersediaan air bersih yang cukup. Itulah mengapa, tidak sedikit perusahaan yang membangun industrinya di daerah daerah yang subur.

Demikian itu karena daerah subur ditandai dengan debit air tanahnya yang tinggi. Beda dengan daerah yang kurang subur atau bahkan gersang, maka pertumbuhan daerah tersebut akan terbatas karena ada banyak perusahaan yang tidak ingin membangun industrinya didaerah tersebut, karena kekurangan air untuk menjalankan industrinya.

Jelaslah sehingga dengan air yang baik, maka bisa membuat laju proses perkembangan suatu daerah bisa meningkat. Maka suatu daerah agar dapat berkembang dan maju, butuh perencanaan penyediaan air bersih dengan memakai konsep 3 K yaitu kualitas, kuantitas, dan kontinuitas. Maksud dari kualitas adalah mutu air, bak air baku dan hasil pengolahan yang bisa didistribusikan.

Baca Juga  Menanggapi Secara Bijak Stigma Masyarakat Tentang Virus Corona Adalah?

Selain itu, apabila suatu daerah mempunyai jaminan kontiunitas air bersih yang memadai, maka menjadi daya tarik yang paling menggiurkan bagi masyrakat dan begitu pula bagi perusahaan industri untuk berakselerasi. Karena air mempunyai fungsi yang besar dalam peningkatan kerja-kerja dalam industri.

Aturan dalam penggunaan air bersih dalam hal ini air tanah juga bisa dipakai oleh sektor industri akan tetapi sebagai pilihan kedua. Hal itu sebagaimana tercatat dalam Peraturan Pemerintah No.43 Tahun 2008 disebutkan bahwa, penggunaan air tanah untuk berbagai keperluan (termasuk didalamnya bagi sektor industri), merupakan pilihan kedua, apabila air permukaan sudah tidak mencukupi, dengan syarat tetap memperhatikan upaya konservasi mencakup pencegahan kerusakan lingkungan.

Melihat kebutuhan industri akan air yang begitu besar yang dapat mendorong peningkatan industri dan daerah, maka tidak jarang ada banyak industri yang menyalurkan angguran kepada daerah untuk bersama-sama saling membutuhkan salah satunya bagaimana daerah menyediakan air bersih melalui keuntungan yang didapatkan perusahaan industri tersebut karena fungsi air dalam bidang industri yang besar. Adapun macam-macam fungsi air dalam bidang industri adalah:

Apa Fungsi Air Di Bidang Industri Adalah? Ini 8 Fungsinya (Foto: Artikelsiana.com)

Apa Fungsi Air Di Bidang Industri Adalah? Ini 8 Fungsinya (Foto: Artikelsiana.com)

Fungsi Air Dalam Bidang Industri Adalah

  1. Berfungsi sebagai penambahan panas pada unit proses, biasanya dalam bentuk kukus/steam
  2. Untuk menghilangkan panas unit proses dalam bentuk air pendingin, biasanya dalam bentuk air pendingin pada cooling tower
  3. Berfungsi sebagai produksi gas Hidrogen untuk menghilangkan sulfur dari bahan bakar motor
  4. Untuk pembersihan dan peralatan proses
  5. Mencampurkan bahan industri dengan air dalam industri pertanian atau tepatnya pangan
  6. Sebagai pembangkit Listrik yang biasanya dimanfaatkan adalah energi kinetiknya.
  7. Berfungsi sebagai penghilangan garam dan impurities dari minyak mentah
  8. Untuk perlindungan peralatan dari korosi
Baca Juga  NPWP Perusahaan Adalah: Syarat & Cara Membuat NPWP

Demikianlah informasi mengenai Apa Fungsi Air Di Bidang Industri Adalah? Ini 8 Fungsinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...
Apa Fungsi Air Di Bidang Industri Adalah? Ini 8 Fungsinya | fajeros | 4.5