6 Penyebab Konflik Dalam Masyarakat Yang Beragam, Ini Penjelasannya

Penyebab Konflik Dalam Masyarakat – Dalam kehidupan sosial di masyarakat yang beragam setiap manusia selalu menjelaskan dirinya untuk mendapatkan faktor dari penyebab dirinya berinteraksi. Melalui penyebab itulah, maka kebutuhan setiap manusia akan tercukupi.

Dibalik interaksi itu, terjalin rasa kerja sama untuk saling memenuhi kebutuhan dan untuk menyelesaikan konflik yang terjadi di masyarakat yang beragam. Melalui keuntungan dan akibat dari kerja sama ini, maka permasalahan itu dapat selesai.

Namun, walaupun terdapat kerja sama melalui proses interaksi di masyarakat yang beragam, terkadang juga menimbulkan konflik. Ada banyak penyebab-penyebab terjadinya konflik yang bisa terjadi. Hal yang menjadi penyebab umum di Indonesia terjadinya konflik adalah persoalan suku, ras, dan agama yang ada.

Perbedaan-perbedaan inilah yang terkadang menjadi penghambat dalam proses interaksi sosial ditambah lagi dengan tingkat pengetahuan dan pendidikan masyarakat yang memeluskan tindakan provikasi dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab semakin memperkeruh konflik yang terjadi.

Baca Juga  Proses Interaksi Sosial Akan Terjadi Apabila Memiliki Syarat? Ini Syaratnya

Tidak heran apabila dampak atau akibat dari penyebab konflik ini membuat terjadinya tindakan fisik dan bahkan menimbulkan korban jiwa. Tidak sedikit pula, pemberintaan soal konflik karena masyarakat yang beragam dan rata-rata penyebab konflik tersebut adalah soal perbedaan atau isu SARA.

Padahal, dengan keberagaman suku, ras, dan agama yang dimiliki indonesia yang sering dijadikan sebagai penyebab konflik tersebut merupakan ciri khas atau identitas nasional Indonesia yang menjadi pembeda dengan negara lain.

Selain itu, melalui keberagaman yang majemuk itu, pengaruh yang besar dapat menjadi keuntungan bagi Indonesia sebab ada banyak yang rela berkunjung ke daerah-daerah Indonesia untuk menikmati kebudayaan yang dimiliki Indonesia.

Maka dari itu, bagi sebagian orang yang masih menganggap bahwa keberagamaan yang dimiliki Indonesia adalah penyebab timbulnya konflik di masyarakat yang beragama adalah kekeliruan besar.

Namun, apabila bukan itu penyebab konflik yang terjadi di masyarkat, lantas apa penyebab konflik yang terkadang menimbulkan korban jiawa yang besar dan membuat setiap rakyat Indonesia risih dan menjadi perbincangan hangat di setiap warga?.

Baca Juga  Pengertian, Tujuan dan Fungsi APBN

Penyebab Konflik Dalam Masyarakat Yang Beragam Adalah?

Dalam menjawab pertanyaan itu, melalui kajian dan informasi yang dihimpun penulis dalam berbagai sumber, maka penulis akan menjelaskan enam point utama yang terkadang menjadi penyebab utama terjadinya konflik di masyarakat yang beragam. Adapun penjelasan dari enam point itu adalah:

  1. Tidak adanya sikap saling menghormati antar umat beragama. Seharusnya sebagai umat beragama wajib untuk saling menghormati umat beragama lain sebab hal itu juga merupakan bentuk pengaplikasian ajaran agama dalam hal ini islam, nasrani, buddha maupun hindu.
  2. Kurangnya sikap toleransi antar individu. Konflik terkadang terjadi karena kurangnya sikap toleransi dari bermacam macam suku, agama, ras dan kepercayaan yang semakin diperparah dengan tingkat pengetahun yang rendah sehingga mudah untuk diprovokasi.
  3. Kurangnya tingkat pendidikan. Terkadang salah satu penyebab utama adalah pendidikan yang rendah, sehingga dalam mengambil sebuah kebijakan atau langkah kurang tepat yang membuat beberapa kelompok merasa tidak dihargai dll.
  4. Kepentingan Pribadi (Ego) Diatas Segalanya. Ego bisa saja menjadi penyebab utama, karena merasa dirinya yang paling benar dan bahkan tidak ingin mendengarkan pendapat orang lain, membuat rasa penghormatan kepada sesama manusia tidak terjalin dengan baik membuat banyak yang marah dan menimbulkan konflik.
  5. Kurangnya Semangat Kebangsaan. Dengan kemajemukan di Indonesia, diperlukan penyantuan visi dan misi melalui semangat kebangsaan untuk ego pribadi, kelompok dll itu tidak lebih tinggi. Apabila tidak dilakukan, maka ini menjadi penyebab utama timbulnya konflik di masyarakat.
  6. Terjadinya pelanggaran hak orang lain. Banyak diantara kita yang sering mengambil hak orang lain misalnya enggan mengantri,tidak jujur,korupsi,kolusi dan nepotisme.
Baca Juga  Jenis Media Sosialisasi dan Peranannya

Demikianlah informasi mengenai 6 Penyebab Konflik Dalam Masyarakat Yang Beragam, Ini Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...
6 Penyebab Konflik Dalam Masyarakat Yang Beragam, Ini Penjelasannya | fajeros | 4.5