Apa Yang Dimaksud Dengan SECAPA Adalah? Berikut Penjelasannya

Table of Contents

SECAPA adalah singkatan dari Sekolah Calon Prajurit Angkatan Darat. Ini adalah sekolah militer di Indonesia yang didedikasikan untuk mempersiapkan calon prajurit untuk bergabung dengan Angkatan Darat Indonesia.

Sejarah terbentuknya Sekolah Calon Prajurit Angkatan Darat (SECAPA) bermula pada tahun 1962. Saat itu, Pemerintah Indonesia memutuskan untuk membentuk sekolah militer sebagai wadah pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia bagi Angkatan Darat.

SECAPA pertama kali didirikan di Magelang, Jawa Tengah dan sejak itu, sekolah ini terus berkembang dan membentuk calon prajurit yang terampil dan profesional bagi Angkatan Darat Indonesia.

Perbedaan Secapa Dengan Akmil Adalah?

SECAPA (Sekolah Calon Prajurit Angkatan Darat) dan AKMIL (Akademi Militer) adalah dua sekolah militer yang berbeda di Indonesia. Berikut adalah beberapa perbedaan antara kedua sekolah tersebut:

Jenjang pendidikan: SECAPA menawarkan pendidikan dasar bagi calon prajurit yang akan bergabung dengan Angkatan Darat, sementara AKMIL adalah sekolah tinggi yang menawarkan program pendidikan dan pelatihan tingkat lanjut bagi prajurit yang sudah berkarier.

Durasi pelatihan: Durasi pelatihan di SECAPA berkisar antara 10 bulan hingga 2 tahun, sedangkan durasi pelatihan di AKMIL berkisar antara 2 tahun hingga 4 tahun.

Tingkat kesulitan: Pelatihan di SECAPA cenderung lebih sulit dibandingkan pelatihan di AKMIL karena melibatkan pembinaan fisik dan mental yang intensif bagi calon prajurit.

Tingkat jabatan: Lulusan SECAPA biasanya menjabat sebagai prajurit dasar, sedangkan lulusan AKMIL biasanya menjabat sebagai perwira tinggi.

Namun, kedua sekolah ini memiliki tujuan yang sama, yaitu mempersiapkan prajurit yang terampil dan profesional bagi Angkatan Darat Indonesia.

Syarat-Syarat Masuk Secapa

Untuk memasuki Sekolah Calon Prajurit Angkatan Darat (SECAPA), calon peserta harus memenuhi beberapa syarat, antara lain:

  1. Warga negara Indonesia
  2. Usia antara 17 tahun sampai 25 tahun saat masuk sekolah.
  3. Memiliki setidaknya ijazah SMA atau sederajat.
  4. Sehat jasmani dan rohani, serta tidak terkena penyakit menular.
  5. Tidak terlibat dalam tindak kejahatan apapun.
  6. Berpenampilan rapi dan sopan.
  7. Bersedia mengikuti program pelatihan dan pembinaan yang ketat.
  8. Bersedia mengabdi pada negara dan menerima tugas apapun yang diberikan oleh Angkatan Darat setelah lulus.

Catatan: Syarat-syarat ini dapat berubah sesuai dengan kebijakan dan peraturan yang berlaku pada waktu tertentu dan di setiap wilayah. Oleh karena itu, disarankan untuk mengkonfirmasi syarat-syarat terbaru dengan pihak SECAPA yang bersangkutan.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.