Menu

[Jawaban] Arti Fii Amanillah Adalah: Makna, Jawaban dan Balasan

Tahukah anda arti fii amanillah? Jika kita pernah mendengarnya, bagaimanakah cara menjawab atau membalasnya? Kemudian, saat ada anggota keluarga atau teman yang sedang hendak bepergian, lalu pamit dengan anda, apakah yang anda ucapkan kepadanya? Mungkin anda memakai ucapan yang seringkali kita dengar di telinga kita yakni “hati-hati di jalan”, atau “Selamat jalan” atau “Semoga selama hingga sampai di tujuan”, atau yang ucapan lebih gaul lagi yaitu “bye-bye”, “Hadija (hati-hati di jalan” dan semacamnya.

Sebenarnya mengucapkan semua kata pamit itu tak ada salahnya menggunakan kata kata itu, toh untuk penggunaannya juga sudah tepat saat diucapkan kepada orang yang sedang hendak pergi. Lagi pula, semua dari kata tersebut sudah berlaku umum pada kehidupan sehari-hari. Orang yang diberikan ucapan tersebut akan menyambut baik kata-kata yang sudah kita ucapkan.

Akan tetapi, dalam Islam sudah menyediakan sebuah ucapan atau kata-kata terbaik yang dapat kita ucapkan kepada orang yang sedang pamit kepada anda. Ucapan tersebut adalah Fii Amanillah. Kalau anda mengetahui artinya maka ucapan ini memiliki kandungan makna yang sangat luar biasa. Selain sangat cocok menjadi ucapan perpisahan, Fii Amanillah juga memiliki arti menjadi doa bagi orang yang sedang bepergian.

Lalu, apakah arti fii amanillah? Nah, pada kesempatan kali ini kami tim artikelsiana.com akan membahas mengenai arti fii amanillah yang dilengkapi dengan cara menjawab atau membalasnya. Kemudian kami juga akan menjelaskan seperti apa kandungan atau makna dari ucapan tersebut.

arti fii amanillah

Berikut pembahasannya:

Arti Fii Amanillah

Fii amanillah adalah suatu ucapan yang berbahasa arab dimana memiliki kandungan arti yaitu “Semoga engkau ada dalam lindungan Allah”. Tulisan arab pada ucapan ini dapat kita lihat pada gambar di atas. Ketika kita membaca artinya, maka rasanya kita semua sepakat bahwa ucapan tersebut memang sangatlah cocok untuk diucapkan kepada orang yang sedang bepergian. Ucapan ini berisikan doa dan harapan supaya orang yang bepergian tersebut bisa dilindungi oleh Allah dalam perjalanannya.

Baca Juga  Tata Cara Sholat Tahajud & Bacaan Doa Niat Sholat Tahajud

Insyaallah, kalau kita ikhlas dalam mengucapkannya maka Allah akan segera mengijabah doa tersebut. Teman atau keluarga kita yang sedang bepergian akan senantiasa ada dalam lindungan Allah Swt dan bisa selamat sampai tujuan. Kemudian orang yang menerima ucapan tersebut juga sudah tentu sangat senang mendengarkannya, karena kita sudah mendoakan keselamatan untuknya.

Baca juga:

Arti Barakallah fii umrik

Arti Fii Amanillah untuk Perempuan dan Laki-laki

Fii Amanillah untuk laki-laki itu sama artinya dengan fii amanillah yang diucapkan untuk perempuan yakni “Semoga engkau ada dalam lindungan Allah”, Tak ada perbedaan artinya dari fii amanillah bagi perempuan dan laki-laki.

fii amanillah artinya

Cara Mengucapkan Fii Amanillah

Bagaimanakah cara mengucapkan fii amanillah dengan benar? Yah, persoalan pengucapan kata kata bahasa Arab memang penting untuk kita perhatikan karena dengan salah ucap sedikit saja maka akan dapat mengubah artinya sehingga akibatnya sangat fatal. Contohnya, ucapan Allahu Akbar yang berarti Allah Maha Besar, akan tetapi saat kita mengucapkannya dengan huruf alif yang terlalu panjang bunyinnya seperti Aallahu Akbar maka berarti menjadi “Apakah Allah Maha Besar?”.

Begitupun dengan jika kita mengeluarkan ucapan fii amanillah ini, kata “Fii” mesti diucapkan secara panjang dengan dua huruf “i”, kata ini memiliki arti “di dalam”. Ada juga yang terkadang mengucapkan “Fii Amanilloh” dimana mengganti huruf “a” pada Allah dengan huruf “o”. Sebenarnya hal ini tidak bisa karena akan dapat mengubah makna dan arti dari kata tersebut. Oleh karena itu, ucapkanlah sesuai dengan yang sudah tertulis. Baca juga: Arti tabarakallah

Penggunaan Ucapan Fii Amanillah

Pada dasarnya, untuk kata fii amanillah itu tidak hanya kita ucapkan kepada orang yang sedang hendak bepergian. Akan tetapi ucapan ini juga sangat cocok dipakai pada situasi atau kondisi lainnya. Karena, kalau dilihat dari segi artinya (Semoga engkau ada dalam lindungan Allah), maka Fii Amanillah bisa kita ucapkan pada kondisi berikut:

– Orang yang sedang mengerjakan sesuatu yang sangatlah berbahaya
– Menutup pembicaraan di telpon sebelum ucapkan salam.
– Orang yang tengah menduduki jabatan tertentu.
– Mengetahui seseorang yang sedang menghadapi permasalahan.
– Bertemu dengan orang yang sedang terkena musibah.

Baca Juga  Pengertian Taat Pada Aturan, Dalil & Contohnya Serta Dalam Al-Qur'an

Balasan atau Jawaban Fii Amanillah

Bagaimanakah cara kita menjawab atau memberikan balasan jika ada yang mengucapkan ucapan fii amanillah? sama halnya ketika kita mengucapkan Assalamu ‘Alaikum maka orang tersebut akan memberikan balasan dengan mengucapkan “Wa ‘alaikumus salam”. Begitupun dengan ucapan fii amanillah ini maka akan juga mempunyai jawaban atau balasan kepada orang sedang mengucapkannya. Baca juga: arti alhamdulillah ‘ala kulli haal

Oleh karena itu, ketika kita memperoleh ucapan fii amanillah, maka kita mesti menjawab atau membalasnya dengan ucapan Ma’assalamah yang berarti bahwa “Semoga keselamatan selalu menyertaimu”. Jadi ucapan ini menjadi balasan doa kepada orang yang telah mengucapkan Fii Amanillah.

Dalam Islam memang kita disarankan untuk bisa memberikan balasan kepada orang-orang yang telah memberikan penghormatan kepada kita, sebagaimana yang sudah difirmankan Allah Swt dalam surah An-Nisa’ ayat 86 dengan arti:

“Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa)” (QS. An Nisa’: 86)

Itulah yang menjadi sebabnya mengapa jawaban kalau ada yang mengucapkan Fii Amanillah adalah Ma’asslamah yang berarti “Semoga keselamatan selalu menyertaimu” yang menjadi jawaban Fii Amanillah dimana sudah sesuai dengan sunnah.

Kandungan Makna Fii Amanillah

Ucapan Fii Amanillah memiliki kandungan makna yang sangat begitu dalam ketika diucapkan untuk orang lain. Itulah sebabnya mengapa kita sangat dianjurkan untuk dapat membiasakan ucapan tersebut kepada orang yang sedang hendak bepergian atau kondisi-kondisi lain seperti yang sudah diuraikan di atas. Makna Fii Amanillah, antara lain sebagai berikut:

1. Mendoakan Keselamatan

Ucapan Fii Amanillah memiliki makna sebagai doa keselamatan bagi saudara kita yang sedang melakukan bepergian. Kita memintakan doa untuknya agar mendapatkan perlindungan dari Allah Swt atas segala musibah atau hal buruk lainnya yang akan menimpanya. Karena, tempat perlindungan terbaik yaitu perlindungan Allah Swt karena segala sesuatu yang terjadi itu berasal dari Allah Swt.

Baca Juga  Qada & Qadar: Pengertian, Dalil, Hikmah, Contoh & Perbedaannya

2. Menunjukkan Rasa Kepedulian

Saat kita mendoakan untuk saudara kita, hal itu menandakan bahwa kita memang peduli kepdanya. KIta sangat berharap supaya saudara kita yang melakukan perjalanan hingga ke tempat tujuan bisa sampai dengan selamat. Membangun kepedulian antara sesama muslim memang sangatlah dianjurkan karena akan dapat mengokohkan adanya persatuan dan kesatuan umat.

3. Rasa Cinta Sesama Muslim

Ucapan fii amanillah juga memiliki kandungan makna yakni adanya rasa cinta sesama muslim. Cinta itulah yang dapat membuat kita mendoakan dan memberikan kepedulian kepada saudara kita yang akan bepergian. Kita tak ingin ada musibah atau keburukan yang akan menimpa saudara kita.

Fii Amanillah Sayang

Melepaskan seseorang yang tersayang untuk bepergian maka tentu saja akan memunculkan rasa was-was bagi kita yang sedang ditinggalkan. Kekhawatiran keselamatan selama diperjalanan semakin terus membayangi, apalagi kalau orang tersayang tersebut pergi dalam jangka waktu yang lama. Akan tetapi, tak ada yang dapat kita perbuat selain pasrah kepada Allah Swt.

Serahkan dirinya dalam penjagaan Allah Swt, ucapkan “Fii Amanillah Sayang” saat melepaskan kepergiannya. Insya Allah, ucapan yang senantiasa keluar dari hati yang tulus dan ikhlas akan dapat dikabulkan oleh Allah Swt. Tak ada sebaik-baiknya penjaga selain Allah Swt, Dzat yang tak pernah tidur dalam mengawasi hamba-hambanya.

Nah, demikianlah penjelasan tentang arti fii amanillah. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan informasi artinya.

1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5 (1 votes, average: 5.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *