Menu

[Jawaban] Fungsi Tulang Paha dan Bagian-bagiannya!

Tahukah anda fungsi tulang paha? Tentu saja diantara kita pasti banyak yang belum mengetahui seperti apa saja kelebihan tulang paha. Penulis bisa melihatnya dari list keyword pencarian di google bahwa orang-orang banyak mencari informasi mengenai seperti apa manfaat tulang paha.

Tulang paha berfungsi sebagai tulang yang mempunyai peran yang tergolong sangat signifikan karena mampu dijadikan sebagai tumpuan karena memiliki ukuran dikategorikan tulang terbesar pada bagian tubuh manusia.

Tulang paha termasuk tulang yang terkuat dimiliki oleh manusia dan fungsi tulang paha mampu dijadikan tumpuan seluruh badan serta menjadi transmisi kekuatan yang berasal dari tibia menuju sendi panggul.

Tulang paha termasuk salah satu dari anggota gerak yang berada dalam anatomi rangka pada manusia. Adapun nama latin dari tulang paha disebut Femur. Pada tulang paha ini merupakan tulang yang terpanjang dimiliki oleh manusia dan dapat berfungsi untuk menghubungkan bagian pinggul dengan lutut.

Fungsi lutut paha yang paling utama tentu saja dalam menjadi tumpuan dari seluruh badan. Tulang paha itu sendiri diklasifikasikan dalam jenis tulang pipa yang memiliki bentuk silinder, mempunyai dua ujung dengan kandungan sumsum kuning dan menggelembungkan di bagian ujungnya.

fungsi tulang paha

Nah, berikut ini terdapat beberapa fungsi tulang paha yakni:

Fungsi Tulang Paha

Tulang paha berfungsi?

bagian bagian tulang paha

Dengan berbagai macam predikat yang diperolehnya, seperti tulang terpanjang, tulang yang terkuat sampai tulang besar terdapat pada tubuh manusia, fungsi tulang paha tentu saja tergolong sangat signifikan bagi anggota tubuh. Fungsi tulang paha yang paling utama dimana sudah disebutkan sebagai tumpuan bagi seluruh badan dan transmisi kekuatan yang berasal dari tibia ke sendi panggul.

Baca Juga  Arti Autotomi Adalah & Contoh Hewan Autotomi

Tulang paha termasuk tulang yang kuat bagi kaki, sama seperti dengan tulang atas yang terdapat di tangan. Kalau tulang atas sebagai tulang kuat bagi tangan, maka tulang paha yaitu tulang kuat di kaki. Fungsi tulang paha semakin besar sebanding dengan banyaknya otot-otot dan ligamen yang melekat di tulang paha.

Tulang paha melekat pada pinggul lewat sendi bola dan soket yang akan memberikan gerakan dan sumber untuk dapat mengartikulasikan panggul. Sendi bola terpasang di area leher yang melekat di tulang paha.

Tulang paha mengalami perlekatan ke pinggul lewat sendi bola dan soket. Kemudian memberikan gerakan dan sumber untuk dapat mengartikulasikan panggul. Sendi bola terpasang dengan leher sempit lateral menuju poros tulang paha vertikal.

Fungsi Tulang Paha

– Menjadi tulang terkuat untuk menopang badan.

Adapun fungsi tulang paha yakni sebagai berikut:

– Sebagai tulang terkuat untuk dapat menopang badan.

Fungsi utama dari tulang paha yaitu untuk dapat menyangga badan dan menopang tubuh. Tanpa adanya tulang paha, maka kamu tak akan dapat berjalan atau berdiri. Tulang paha memberikan dukungan atau menahan berat tubuh bagi manusia, sebagai tulang terkuat dan tulang terbesar yang ada di dalam tubuh.

– Tempat melengketnya otot dan pigmen.

Tulang paha memiliki fungsi menjadi tempat melekatnya otot otot besar. Terdapat dua jenis otot yang ada pada tulang paha yaitu otot insersio dan otot origo.

– Tulang Paha sebagai tempat produksi sel darah merah pada sumsum tulangnya.

Proses pembentukan pada sel darah merah terjadi di sumsum tulang paha yang tepatnya berada di bagian sumsum merah yang tersimpan diantara rongga-rongga tulang paha.

Baca Juga  Pengertian Biotik dan Komponen-Komponennya

– Tulang Paha berperan penting menjadi alat gerak badan bagian bawah.

Tulang Paha juga memiliki fungsi untuk dapat membantu kaki dalam bergerak dengan gerakan lurus dan menekuk ke arah pinggul, sehingga berperan penting sebagai alat gerak manusia pada bagian bawah.

– Tulang Paha sebagai tulang terbesar dan terkuat dalam tubuh.

Tulang paha dianggap menjadi tulang terbesar dan terkuat pada tubuh yang dapat berfungsi untuk transmisi kekuatan dari tibia menuju sendi panggul.

– Tulang paha bisa membuat sendi condylar dengan lutut.
Pada bagian ujung distal tulang paha terdapat condylus yang dapat membuat sendi condylar bersama dengan lutut. Terdapat dua condylus yaitu Condylus lateralis dan condylus medialis.
– Tempat melekatnya tempurung lutut.
– Tulang paha sebagai penghubung tubuh bagian lutut dan pinggul.

Bagian-Bagian Tulang Paha

 

Setelah kita mengetahui seperti apa fungsi tulang paha bagi tubuh, kita tentu saja juga mesti mengetahui bagian bagian tulang paha. Adapun bagian-bagiannya diantaranya sebagai berikut:

Proximal Femur. Pada bagian tulang paha ini terletak berdekatan dengan tulang pinggul atau tulang pelvis dan terdiri atas leher, kepala, trochanter, minor dan mayor dan juga median femur.

Distal Femur. Pada bagian tulang paha ini yaitu bagian tulang paha yang menjadi tempat perlekatan tempurung lutut.

Sendi tulang paha yang menghubungkan antara pinggul yang terletak pada kepala tulang paha di bagian proximal. Adapun fungsi tulang paha pada bagian kepala ini yaitu menjadi tempat pembentukan sel darah merah. Hubungan keduanya dikenal juga dengan nama artikulasi asetabulum.

Baca Juga  Peranan Manfaat Virus yang Menguntungkan

Sendi yang ada pada artikulasi estabulum yaitu sendi gerak atau sendi bola yang dapat memungkinkan terjadinya pergerakan yang mengarah ke bagian panggul.

Otot yang melekat pada paha yaitu bagian trochanter minor dan trochanter mayor pada bagian proximal femur. Hal lain dari tulang paha juga bergabung dengan beberapa otot yang bisa kita hubungkan dengan trochanter.

Trochanter inilah yang menghubungkan tulang paha dengan otot-otot besar semisal otot bagian paha dan otot bagian bokong yang memiliki ukuran ototnya yang besar. Penjelasan ini sesuai dengan salah satu yang menjadi fungsi tulang paha sebagai tempat perlekatan pigmen dan otot.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa untuk tulang paha atau femur merupakan tulang terkuat dan terbesar. Oleh karena itulah, fungsi tulang paha membuat manusia bisa berjalan dan menyokong tubuh yang tergolong sangat berat.

Kalau tulang paha mengalami suatu cedera atau retak maka dapat dipastikan manusia tidak dapat berjalan untuk sementara waktu. Selain daripada itu, otot tulang paha akan kuat kalau tulang paha juga kuat.

Nah, demikianlah informasi tentang fungsi tulang paha dan bagian-bagiannya. Semoga saja informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang lagi membutuhkan informasi mengenai fungsi dari tulang paha. Jangan lupa juga untuk membaca fungsi tulang telapak tangan, fungsi tulang hasta, fungsi tulang betis, fungsi tulang pergelangan tangan, fungsi tulang atas, fungsi tulang pengumpil.

1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5 (1 votes, average: 5.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *