Menu

Catat! Ini Tanggal 4 Gerhana Bulan Hiasi Langit Indonesia Tahun 2020 Ini

Gerhana Bulan di Indonesia Tahun 2020 – Pesona keindahan langit yang sering ditunggu-tunggu, kalau bukan gerhana matahari pasti gerhana bulan. Sebelumnya, kita telah menyaksikan bersama gerhana matahari.

Ada banyak cerita menarik dan unik saat terjadinya gerhana matahari di Indonesia kala itu. Berbagai orang menantikan melihat keindahan dari gerhana matahari. Begitu juga dengan gerhana bulan yang akan muncul pada tahun 2020.

Pada saat gerhana matahari. Ada cerita-cerita unik di Indonesia, apalagi daerah yang saat itu tertutup awan atau cuacanya sedang tidak baik. Tentu menyaksikan gerhana matahari sangat sulit.

Untuk gerhana bulan juga sama, apalagi Indonesia yang mempunyai 2 musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Tentu, berbagai orang ingin saat menyaksikan gerhana bulan, bisa melihatnya dengan jelas.

Sebab tidak sedikit orang yang ingin mencari tempat yang sempurna dengan menggunakan kamera yang baik agar bisa mendapatkan foto yang menarik saat terjadinya gerhana bulan pada tahun ini yakni tahun 2020.

Bayangkan saja, apabila kita mendapatkan gerhana bulan dengan jelas, ditambah lagi dengan cara pengambilan gambar dan kualitas kamera yang baik, tentu foto tersebut membuat kita merasa percaya diri untuk memperlihatkan orang-orang apalagi di sosial media seperti Instagram, facebook, Story Whatsapp dan di Twitter serta sosial media lainnya.

Baca Juga  [Jawaban] Mengapa Alat Pemuas Kebutuhan Sifatnya Terbatas? Ini Alasannya

Maka dari itu, catat informasi ini dimana pada kali ini Artikelsiana.com akan memberikan informasi seputar gerhana bulan yang akan muncul di Indonesia pada tahun 2020.

Munculnya gerhana bulan di Indonesia ini terjadi sebanyak 4 kali. Informasi kemunculan gerhana bulan ini berdasarkan dari rilis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Sebelum itu, tahukah anda apasih yang dimaksud dengan Gerhana Bulan. Pada dasarnya gerhana bulan ini tidak jauh berbeda dengan proses terjadinya gerhana matahari. Namun bukan berarti sama dengan gerhana bulan.

Gerahan bulan adalah Gerhana Bulan Penumbra (GBP), yakni terjadi ketika terhalangnya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan.

Peristiwa terjadinya gerhana bulan, adalah akibat dari dinamika yang ada dari pergerakan posisi matahari, bumi dan bulan.

Baca Juga  14 Macam Manfaat Apabila Selalu Bersifat Jujur

Peristiwa ini terjadi hanya pada saat tertentu yaitu saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya. Tidak hanya itu, gerhana terjadi saat wajah Bulan Purnama lebih redup dari biasanya. Bulan Purnama akan tertutup oleh bayang-bayang penumbra Bumi sebesar 77 persen.

Catat! Ini Tanggal 4 Gerhana Bulan Hiasi Langit Indonesia Tahun 2020 Ini (Foto: Artikelsiana.com)
Catat! Ini Tanggal 4 Gerhana Bulan Hiasi Langit Indonesia Tahun 2020 Ini (Foto: Artikelsiana.com)

Tanggal & Waktu Gerhana Bulan di Indonesia Tahun 2020

Berikut empat peristiwa gerhana bulan yang terjadi sepanjang 2020:

  1. 11 Januari 2020: Gerhana Bulan Penumbra yang dapat diamati dari Indonesia.
  2. 6 Juni 2020: Gerhana Bulan Penumbra yang dapat diamati dari Indonesia.
  3. 5 Juli 2020: Gerhana Bulan Penumbra yang tidak dapat diamati di Indonesia.
  4. 20 November 2020: Gerhana Bulan Penumbra yang dapat diamati dari wilayah Indonesia bagian barat menjelang gerhana berakhir.

Selain itu, tidak hanya di Indonesia saja gerhana bulan terjadi. Melainkan terdapat negara-negara yang dilalui jalur GBP 11 januari mendatang yang menurut waktu dan tanggalnya adalah seperti 1. Sydney dan Melbourne, Australia; 2. Brussels, Belgia; 3. Tokyo, Jepang; 4. New Delhi dan Kolkata, India; 5. Kairo, Mesir; 6. Lisbon, Portugal; 7. Budapest, Hungaria; 8. Roma, Italia; 9. Ankara, Turki; 10. Madrid, Spanyol; 11. Atena, Yunani; 12. London, Inggris; 13. Yangon, Myanmar; 14. Paris, Prancis; 15. Johannesburg, Afrika Selatan; 16. Beijing, China; 17. Moskow, Rusia.

Baca Juga  Pengertian, Tujuan dan Fungsi APBN

Melihat dari banyaknya negara-negara yang juga dapat melihat proses terjadinya gerhana bulan ini, tentunya saat itu terjadi maka setiap sosial media pasti akan memperlihatkan foto-foto terbaik saat terjadinya gerhana bulan pada tahun 2020 ini.

Maka dari itulah, catat tanggal terjadinya gerhana bulan di Indonesia yang menurut BMKG terdapat tiga proses terjadinya GBP. Fase awal gerhana mulai pukul 00.05 WIB, 01.05 WITA, dan 02.05 WIT. Puncak GBP akan terjadi mulai pukul 02.10 WIB, 03.10 WITA, dan 04.10 WIT. Sedangkan untuk GBP berakhir pukul 04.14 WIB, 05.14 WITA, dan 06.14 WIT.

Demikianlah informasi mengenai Catat! Ini Tanggal 4 Gerhana Bulan Hiasi Langit Indonesia Tahun 2020 Ini. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *