Menu

[Jawaban] Badan Yang Menyusun Tulisan dalam Surat Kabar dan Arti Redaksi

Tahukah anda badan yang menyusun tulisan dalam surat kabar? yah, jawabannya disebut redaksi. Tentu, saja teman-teman semuanya pernah mendengar kata “redaksi” tapi pasti diantara kita masih ada yang belum mengetahui apa itu redaksi.

DI dunia Jurnalistik, redaksi adalah suatu badan yang menyusun tulisan dalam surat kabar / media berita yang menjadi jantung dari semua kegiatan institusi media massa. Dengan badan redaksi yang baik maka akan dapat membuat segalanya berjalan secara maksimal.

Kemudian jajaran keredaksian selalu dituntut untuk senantiasa bekerja secara akurat, disipilin, teliti dan tepat waktu pada deadline yang merupakan komitmen kontinyuitas kemunculan media tersebut yang merilis berita secara harian, mingguan atau bulanan.

Badan yang Menyusun Tulisan dalamm Surat Kabar

badan yang menyusun tulisan dalam surat kabar

Pengertian Redaksi

Secara umum bahwa redaksi merupakan badan yang menyusun tulisan dalam surat kabar. Redaksi merupakan suatu homonim karena artinya mempunyai ejaan dan pelafalan yang sama, akan tetapi memiliki makna yang berbeda. Redaksi mempunyai arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga redaksi bisa menyatakan nama dari tempat, seseorang, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Redaksi Menurut KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), redaksi adalah suatu badan yang memilih dan menyusun tulisan yang akan dimasukkan dalam koran. Tak bisa didefenisikan secara jelas seperti apa maksud dari keredaksian itu sendiri karena defisini redaksi itu sangat luas. Akan tetapi kami disini menyimpulkan secara sederhana pengertian redaksi tersebut.

Redaksi Menurut Para Ahli

Menurut pendapat Septiawan Santana (2005) bahwa pengertian redaksi adalah suatu struktur dan mekanisme yang ada dalam pengelolaan media massa baik itu secara online, elektronik maupun media cetak. Adapun tugas redaksi adalah untuk melakukan penentuan apakah suatu kejadian tertentu dapat memiliki nilai berita atau tidak.

Baca Juga  Macam-macam Pola dalam Paragraf Deskripsi

Redaksi Menurut Nomina

Redasi menurut nomina yaitu badan pada perusahaan surat kabar yang memilih dan menyusun tulisan yang akan dimasukkan dalam surat kabar, koran, majalah dan lain sebagainya. Anggota dari sebuah redaksi umumnya yang terdiri atas beberapa ahli.

Redaksi Menurut Etimologi

Sedangkan redaksi secara etimologi, kata redaksi berasal dari bahasa Belanda yaitu Redactie, paling awal berasal dar bahasa latin redactio, gabungan red berarti balik + agere berarti menggerakkan.

Sehingga pengertian redaksi adalah suatu institusi atau badan dari sebuah media massa yang memiliki tanggung jawab pada penyiaran dan penerbita berita mulai dari pengumpulan berita di lapangan, penyusunan dan melakukan pengeditan sampai pencetakan atau penyiaran.

Pengertian Keredaksian

Keredaksian adalah suatu kelompok atau jajaran yang senantiasa bekerja sama dengan proses rapat redaksi untuk dapat memutuskan peristiwa dan berita apa yang layak untuk diangkat atau diterbitkan dan yang mana berita atau peristiwa yang tak layak atau ditangguhkan untuk diterbitkan atau tidak.

Keredaksian termasuk bagian dari redaksi yang mengurus pencarian dan pelaporan suatu berita. Keredaksian mempunyai jajaran keanggotaan yang diantaranya yaitu sebagai berikut:

Dewan Redaksi

Dewan redaksi biasanya memiliki anggota yaitu pemimpin umum, pemimpin redaksi dan wakilnya, redaktur pelaksana, dan orang-orang yang dipandang kompeten sebagai penasihat bagian redaksi. Dewan redaksi memiliki tugas untuk memberikan masukan kepada jajaran redaksi dalam melakukan pekerjaan redaksional. Dewan redaksi juga yang mengatasi masalah penting redaksional, semisal menyangkut berita yang sangatlah sensitif atau sesuai tidaknya berita yang sudah dibuat tersebut dengan visi dan misi penerbitan yang telah disepakati.

Baca Juga  Pengertian Informasi dan Jenis-Jenis Informasi

Pemimpin Umum

Pemimpin bertanggung jawab terhadap keseluruhan jalannya penerbitan pers, baik dalam maupun ke luar. Dapat melimpahkan pertanggungjawabannya terhadap hukum kepada pemimpin redaksi sepanjang berkaitan isi penerbitan (redaksional ) dan kepada pemimpin usaha sepanjang itu berkaitan dengan pengusahaan penerbitan.

Pemimpin Redaksi

Pemimpin redaksi atau Pimred memiliki tanggung jawab atas mekanisme dan aktivitas kerja keredaksian setiap hari. Dia mesti mengawasi semua isi rubrik media massa yang dipimpinnya. Pada surat kabar manapun, pemimpin redaksi menetapkan kebijakan dan mengawasi segala kegiatan redaksional. Dia bertindak menjadi jenderal atau komandan. Kemudian pemimpin redaksi juga memiliki tanggungjawab terhadap penulisan dan isi tajuk rencana (editorial) yang merupakan opini dari redaksi (Desk Opinion).

Redaktur Pelaksana

Di bawah Pimred biasanya ada posisi Redaktur Pelaksana (Redaktur Eksekutif, Managing Editor). Tanggung jawabnya pun hampir sama dengan Pemred, akan tetapi lebih mengarah pada hal teknis. Dia lah yang mempimpin secara langsung kegiatan peliputan dan pembuatan berita oleh para editor dan reporter.

Redaktur

Redaktur atau editor adalah suatu penerbitan pers biasanya lebih dari satu. Adapun tugas utamanya yaitu melakukan penyuntingan atau editing, yaitu kegiatan penyeleksian dan perbaikan naskah yang akan disiarkan atau dimuat. Di internal redaksi, mereka disebut redaktur desk (Desk Editor), Redaktur Bidang atau redaktur Halaman karena memiliki tanggungjawab penuh terhadap isi rubrik tertentu dan editingnya. Seorang redaktur biasanya menangani satu rubrik semisal rubrk ekonomi, olahraga, luar negeri, dsb. Oleh karena itu, dia dikenal juga dengan sebutan “Jabrik” atau penanggung jawab rubrik.

Contoh Redaksi Majalah

NAh, berikut ini terdapat contoh kata pengantar redaksi yang biasanya ada di majalah.

Baca Juga  Pengertian Media, Fungsi, Jenis-Jenis & Media Menurut Para Ahli

Salam redaksi
Selamat pagi

Berkat rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa, yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada makhluknya.

Akhirnya majalah X edisi pertama terbit juga. Pada edisi ini kkita bakalan ngasih info-info dan resep-resep menarik dan terbaru buat kamu para pecinta kuliner.

Dijamin kamu bakal betah deh memandang dan cari tau hal-hal baru seputar kuliner Nusantara dan Mancanegara di majalah ini.

Seperti yang kita ketahui bersama, makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari hari banyak mengandung nutrisi dan zat-zat penting yang berguna untuk tubuh kita.

Tapi sebelum mengonsumsinya,alangkah baknya bila kita bisa memilih dan memilah makanan dan minuman apa saja yang baik untuk tubuh kita saat ini.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan/minuman yang kurang sehat dapat menimbulkan berbagai macam penyakit serta gangguan kesehatan.

Oleh karena itu ayo,kita cari tau makanan dan minumanan apakah yang baik dan yang tidak?

Tunggu apalagi, majalah X telah menyediakan semuanya untuk pembaca setia.

Selamat Membaca

Jawaban Badan Yang Menyusun Tulisan dalam Surat Kabar

Setelah membaca beberapa uraian di atas maka kita bisa mendapatkan jawaban bahwa badan yang menyusun tulisan dalam surat kabar disebut REDAKSI.

Demikianlah informasi mengenai badan yang menyusun tulisan dalam surat kabar. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang memerlukan informasi.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *