Menu

[Jawaban] Arti Yaumul Milad Adalah: Makna dan Tulisan Arab

Inilah jawaban arti yaumul milad yang sering kita dengarkan pada keseharian di sekitar kita. Tentu saja diantara kita masih banyak yang belum mengetahui seperti apa artinya yaumul milad. Namun, kita bisa dengan mudah menebak sebenarnya apa maksud dari kata tersebut dengan melihat kata “milad”. Kata tersebut sudah memberikan gambaran bahwa istilah tersebut pasti berhubungan dengan ulang tahun yang dimana kata milad itu sendiri sudah populer dipakai di Indonesia untuk dapat menyatakan perayaan atas momen hari kelahiran.

Lantas, seperti apakah arti kata “milad” jika digabungkan dengan kata “yaumul”, kira-kira apa artinya? Yah, tentu saja untuk dapat mengetahui artinya pada kedua kata tersebut, maka kita bisa membuka kamus bahasa Arab. Karena pada keduanya merupakan kata atau istilah yang asalnya dari Bahasa Arab. Yaumul Milad telah menjadi salah satu dari sekian banyaknya istilah berbahasa Arab yang tengah populer di masyarakat Indonesia.

Akan tetapi kenyataannya, masih belum semua masyarakat kita mengetahui seperti apa arti yaumul milad. Kita bisa lihat buktinya, berdasarkan data kata kunci google, ternyata banyak orang Indonesia yang menanyakan apa arti dari Yaumul Milad. Hal ini menunjukkan bahwa informasi mengenai arti istilah arab Yaumul Milad sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia.

Oleh karena itulah, pada kesempatan yang sempit ini, kami artikelsiana.com akan menyajikan sebuah penjelasan mengenai arti yaumul milad. Selain daripada itu, kami juga akan memaparkan penjelasan tentang hal hal yang berhubungan dengan kata yaumul milad. Semoga saja setelah membaca artikel ini, maka pengetahuan para pembaca mengenai istilah arab bisa semakin bertambah.

Baca juga:

fii amanillah
tabarakallah
subhanallah
alhamdulillah ‘ala kulli haal
barakallah fii umrik

Arti Yaumul Milad

arti yaumul milad

Kata Yaumul milad (يَوْمُ الْميلاد) adalah suatu kata berbahasa Arab yang memiliki kandungan arti yaitu “Selamat Hari Kelahiran” atau “Selama Ulang Tahun”. Istilah kata Yaumul milad (يَوْمُ الْميلاد) ini dipakai saat momen hari ulang tahun datang. Hari dimana seseorang telah dilahirkan ke dunia. Walaupun istilahnya berasal dari Arab, tapi istilah Yaumul Milad juga sangat populer dipakai di Indonesia.

Baca Juga  5 Contoh Lembaga Agama: Pengertian, Tujuan, Fungsi Lembaga Agama & Unsurnya

Jadi, saat kalian mendengarkan atau membaca tulisan Yaumul milad (يَوْمُ الْميلاد) maka itu berarti kata tersebut adalah ucapan “Selamat Ulang Tahun”. Kalian mungkin seringkali mendengarkan pada percakapan sehari-hari atau banyak menemukan kata tersebut di media sosial. Nah, setelah membaca uraian berikut ini, kalian pasti sudah tidak merasa kebingungan lagi dengan kata yaumul milad artinya apa.

Pengertian Kata Yaumul Milad

Yaumul milad (يَوْمُ الْميلاد) adalah bahasa Arab yang dibentuk dari dua kata yakni Yaum (يوم) dan Milad (ملاد). Kalau kita terjemahkan dalam bahasa Indonesia, maka kata Yaum (يوم) berarti “hari”, sedangkan untuk Milad (ملاد) memiliki arti “kelahiran”. Saat kedua kata tersebut digabungkan maka artinya dapat menjadi “hari kelahiran”. Jadi, Yaumul Milad itu sebenarnya merupakan ungkapan atau ucapan selamat hari ulang tahun yang berbahasa arab.

Penjelasan Yaumul Milad

Jika ditinjau dari segi tata bahasa Arab maka kata “Yaum” berarti hari, yakni kadar waktu yang sudah ditentukan dari terbitnya matahari sampai terbenamnya matahari. Jamak dari kata “Yaum” itu sendiri yaitu “Ayyam” yang mempunyai arti “hari-hari”. Kata Yaum juga termasuk isim atau kata benda dimana mengikut pola kata (wazan) a’lun (فعل).

Di dalam ilmu shafy, kata “Yaum” termasuk pada kategori “Ajwal” yakni semua kata yang terdiri atas tiga huruf dan pada bagian huruf tengahnya yaitu salah satu huruf dari huruf-huruf mad thabi’i. Sedangkan kata Milad (ملاد) dalam bahasa Indonesia memiliki arti kelahiran. Kata Milad dalam bahasa arab yaitu Isim masdar atau kata dasar yang berada dalam kategori mistal.

Pada Ilmu Nawhu, Yaumul Milad adalah suatu bentuk idhofah atau penyandaran, atau yang dalam bahasa Inggris (grammar) dikenali dengan nama possesive noun. Milad yang disandarkan di kata “Yaum” yang menjadi kata keterangan dan akan menjelaskan kata yang menjadi sandarannya, kalau hanya kata yaum saja maka tidak akan menjadi hal yang dapat dipahami, akan tetapi dengan penambahan kata Milad maka akan dapat memberikan keterangan bahwa hal itu adalah hari kelahiran.

Baca Juga  Pengertian Agama Islam, Tujuan, Karakteristik Islam, Makna & Menurut Para Ahli

Jadi intinya bahwa kata atau istilah Yaumul milad (يَوْمُ الْميلاد) adalah suatu kata yang diucapkan pada saat momen hari lahir itu tiba. Fungsinya sama dengan kata selama ulang tahun atau happy birthday.

Penggunaan Kata Yaumul Milad

Kata atau istilah Yaumul Milad seringkali digandengkan dengan kata barakallah fii umrik, sehingga akan membentuk ucapan menarik dan bermakna baik yaitu Yaumul Milad Barakallah Fii Umrik yang berarti “Selamat Ulang tahun, semoga Allah memberkati umurmu”.

Tulisan Arab Yaumul Milad

Sebenarya untuk tulisan Arab dari kata Yaumul Milad sudah kami selipkan di sela-sela pembahasan di atas. Hanya saja untuk bentuk dan ukuran fontnya memang terlihat sangat kecil sehingga agak sulit untuk para pembaca untuk membacanya. Hal tersebut disebbakan adanya pengaturan secara default font dari editor websitenya. Oleh karena itu, kami akan memberikan sedikit modifikasi secara manual supaya tulisan arab yaumul milad berukuran sedikit lebih besar sehingga dapat memudahkan pembaca untuk membacanya.

Tulisan Arab Yaumul Milad

يَوْمُ الْميلاد 
 
Latin: Yaumul Milad
Artinya: Selamat Hari Kelahiran 

Nah, berikut ini merupakan tulisan arab, latin dan arti yaumul milad.

Yaumul Milad Barakallah Fii Umrik

yaumul milad barakallah fii umrik

Kata Yaumul milad juga dapat kita rangkaikan dengan kata barakallah fii umrik. Sehingga untuk rangkaian pada ucapan tersebut berubah menjadi “Yaumul Milad Barakallah fii umrik” yang memiliki arti “Selamat hari kelahiran, semoga mendapatkan berkah dari Allah dalam usiamu”. Barakallah fii umrik itu sendiri termasuk bahasa arab yang berarti semoga Allah memberkati umurmu.

Yaumul milad barakallah fii umrik adalah suatu ucapan selamat ulang tahun berbahasa arab. DI Indonesia, ucapan selamat ulang tahun berbahasa arab ini bisa dimodifikasi menjadi happy milad barakallah fii umrik yang berarti selamat hari lahir, semoga Allah memberkahi umurmu.

Baca Juga  Hibah: Pengertian, Syarat Hibah, Rukun, Hukum & Manfaat

Kata Kata Yaumul Milad

Nah, berikut ini terdapat suatu kumpulan kata yaumul milad yang dapat kita jadikan contoh saat ingin memberikan ucapan selamat ulang tahun atau ucapan yaumul milad kepada orang lain.

Yaumul milad putri kecilku, barakallahu fii umrik
Yaumul Milad Mam, Selamat Ulang Tahun Istriku Tercinta
Yaumul milad Mama, semua doa terbaik, Barakallah fii umrik
Yaumul milad tetanggaku sayang, semoga mendapatkan sisa usia yang berkah dan selalu dalam lindunganNYA
Yaumul milad mama sayang Semoga mama selalu di beri kesehatan sama Allah, diberi umur panjang, senantiasa diberkahi Allah
Yaumul Milad Anak ku Barakallohufiiumrik
Yaumul milad sayangku, sudah dewasa yah semoga pajang umur sehat selalu banyak rezeki, semoga cita-citanya tercapai

Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Arab

Ucapan selamat ulang tahun dapat kita ucapkan dalam bentuk berbahasa arab. Tak usah panjang-panjang, singkat singkat saja. Lebih baik lagi, kalau kita memakai kata-kata yang sudah umum dan dimengerti oleh orang orang supaya orang yang mendapatkan ucapan selamat ulang tahun tersebut tidak usah berfikir panjang untuk mencari artinya. Nah, berikut ini merupakan salah satu contoh ucapan selamat ulang tahun bahasa arab.

وْمُ الْميلاد بارك الله في عمرك 

Latin: Yaumul Milad Barakallah Fii Umrik
Artinya: Selamat hari kelahiran, semoga mendapat berkah dari Allah dalam usiamu

Demikianlah informasi tentang arti yaumul milad. Semoga saja informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang mencari info terkait yaumul milad.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *