Menu

[Jawaban] Apa Fungsi Fakta Dalam Teks Eksplanasi Adalah?

Jawaban apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi adalah untuk menjelaskan tentang sebab akibat dari pada sebuah fenomena atau peristiwa baik alam atau sosial yang terjadi. Nah, itulah tadi jawaban singkat mengenai fungsi fakta pada teks eksplanasi. Tentu saja akan diulas secara lebih lengkap materinya di bawah ini.

Pada materi pelajaran bahasa INdonesia, terutama untuk kurikulum 2013 terlihat banyak diajarkan berbagai macam materi pelajaran baru atau materi yang memiliki tingkatan yang lebih baik dibandingkan kurikulum yang sebelumnya. Adapun salah satu materi bahasa INdonesia yang tergolong banyak dibahas terutama pada tingkatan SMA/SMK/MA yaitu teks eksplanasi. Pada teks eksplanasi terdapat pembahasan mengenai apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi. Pembahasan inilah yang banyak mengundang tanya oleh banyak siswa.

Baca Juga  Pengertian Kurikulum Menurut Definisi Para Ahli

Apa Fungsi Fakta dalam Teks Eksplanasi

Pengertian Teks Eksplanasi

apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi

Teks eksplanasi adalah suatu teks yang berisikan mengenai proses “mengapa dan bagaimana” suatu peristiwa atau kejadian alam, sosial, budaya, ilmu pengetahuan dan yang lainnya itu bisa terjadi. Segala peristiwa, baik itu peristiwa alam maupun sosial yang terjadi pada sekitar kita pasti senantiasa memiliki kaitan dengan hubungan sebab akibat yang tentu saja terdapat proses di dalamnya.

Suatu kejadian yang terjadi pada sekitar kita, baik itu kejadian alam maupun kejadian sosial semestinya tak hanya kita amati dan rasakan saja. Akan tetapi juga mesti kita mempelajari dan digunakan menjadi pembelajaran. Kita bisa belajar dari kejadian tersebut, semisal mengapa pada kejadian tersebut dapat terjadi dan bagaimana bisa itu terjadi? Oleh karena itu dibuatlah suatu bahan pelajaran untuk dapat menjelaskan proses dari terciptanya sebuah fenomena atau peristiwa, baik itu tercipta secara alamiah atau melalui campur tangan manusia yaitu pembahasan tentang FAKTA. Nah, pertanyannya? apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi?

Baca Juga  Pengertian, Jenis, Ciri-Ciri, Struktur dan Contoh Teks Eksposisi

Jawaban Apa Fungsi Fakta dalam Teks Eksplanasi adalah?

Adapun fungsi fakta dalam teks eksplanasi adalah untuk dapat menjelaskan tentang sebab dan akibat pada sebuah peristiwa atau fenomena sosial atau alam yang terjadi dan untuk dapat memberikan contoh agar memudahkan pembaca dalam memahami teks eksplanasi.

Jadi, fungsi fakta teks eksplanasi ini menjelaskan tentang bagaimanakah proses sebab dan akibat dapat terjadi pada suatu peristiwa atau fenomena, baik itu secara alami maupun berasal dari campur tangan manusia. Hal tersebut mempunyai tujuan untuk dapat memberikan contoh serta memberikan kemudahan pembaca didalam memahami sebuah teks, sekaligus sebagai alasan otentitas pada sebuah penjelasan.

Baca Juga  Pengertian Slogan, Ciri, Fungsi, Macam-Macam, Contoh, Metode Menulis Slogan & Arti Slogan Menurut Ahli

Selain daripada itu, paparan fakta dalam teks eksplanasi juga dapat menambah kualitas dari tulisan dan bahkan teks yang berkaitan dimana dapat dijadikan sebagai referensi bagi artikel dengan yang masih berkaitan dengan topik yang telah diangkat pada sebuah teks eksplanasi.

Nah, demikianlah informasi tentang apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi. Semoga saja informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan info mengenai pembelajaran fakta teks eksplanasi.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *