Menu

8 Tugas-Tugas Perkembangan Remaja, Ini Penjelasannya

Tugas Perkembangan Remaja – Seluruh tujuan dan tugas-tugas perkembangan masa remaja adalah sebenarnya dipusatkan pada penanggulan sikap dan perilaku yang kekanak-kanakan. Selain itu, tugas pada masa remaja juga, mempersiapkan menghadapi masa dewasa.

Pada masa ini, setiap orang akan melaksanakan tugas-tugas berikutnya. Walau demikian, terdapat beberapa remaja, yang sulit dan bahkan gagal dalam menjalankan tugas-tugasnya saat masa remaja itu.

Sebab pada masa remaja inilah, adalah masa peralihan, dimana penemuan jati diri untuk menjawab siapa dirinya adalah tugas remaja.

Selain itu, tugas masa remaja juga adalah bagaimana orang lain menilai dirinya dan juga bisa berarti bahwa tugas remaja adalah bagaimana hubungannya dengan orang sekitarnya. Pertanyaan-pertanyaan tentang tugas-tugas remaja ini memang terkesan sederhana. Walaupun demikian, tidak sedikit dimasa ini banyak remaja yang terombang-ambing bahkan yang sudah merasa dewasa sekalipun.

Jangan heran apabila banyak remaja-remaja yang yang mencari-cari keseimbangan dengan memainkan banyak peran yang menurutnya dianggap baik.

Hal ini karena menurut Erickson adalah terdapat kesadaran kesadaran identitas anak akan berkembang dari penilaian oleh kelompoknya, orang tuanya, dan oleh dirinya sendiri.

Apabila merujuk dari pengertian remaja, dimana istilah remaja berasal dari kata latin adolescere (kata bendanya, adolescentia yang berarti remaja).

Sedangkan apabila merujuk dari kata Islam, remaja diartikan dengan murahaqoh yang berarti dekat. Selain itu juga biasa diartikan mendekati kamatangan secara fisik, akal dan jiwa serta sosial.

Dalam hal pembahasan Psikologis, masa remaja adalah usia dimana individu berintegrasi dengan masyarakat dewasa. Tidak hanya itu, menurut cabang ilmu ini, bahwa pada saat ini juga saat anak tidak lagi merasa di bawah tingkat orang-orang yang lebih tua.

Baca Juga  Pengertian Teori, Fungsi, Tujuan, Unsur Teori & Menurut Para Ahli

Akan tetapi, telah berada pada tingkatan yang sama, atau apabila dikaji sekurang-kurangnya punya masalah hak. Hal itulah mengapa pada masa ini dimana suatu masa transisi antara masa anak-anak menuju masa dewasa dengan rentang umur antara 12–22 tahun.

Pada masa perkembangan remaja ini, terdapat perkembangam moral. Maksud dari perkembangan ini adalah remaja sudah mengenal tentang apa yang disebut dengan nilai rohani.

Contohnya adalah nilai kebaikan, kebenaran, ketuhanan, keadilan dan keindahan. Merujuk dari pendapat ahli yang juga turut serta menyampaikan gagasannya terkait tugas perkembangan remaja yakni Kimmel (1995:15).

Menurut Kimmel bahwa masa ini menawarkan suatu konsep tugas perkembangan yang terdiri dari pengetahuan, keterampilan, sikap atau fungsi. Tujuan dari hal ini menurut Kimmel merupakan yang menjadi harapan untuk dicapai oleh individu pada setiap tahap perkembangannya.

Melalui dari tugas-tugas perkembangan ini menurut Kimmel yang menjadi capaian bagi remaja sebelum seorang individu melangkah ke tahapan perkembangan selanjutnya.

Ketika terdapat individu yang gagal dalam memenuhi tugas perkembangannya, membuatnya sulit untuk memahami tugas perkembangan selanjutnya. Sehingga apabila ia gagal dalam pelaksanaan tugas itu, membuat remaja tersebut akan kesulitan dalam melaksanakan tugas dan perkembangan tahapan selanjutnya.

8 Tugas-Tugas Perkembangan Remaja Adalah?

8 Tugas-Tugas Perkembangan Remaja, Ini Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
8 Tugas-Tugas Perkembangan Remaja, Ini Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Berdasarkan dari pembahasan diatas, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa tugas-tugas perkembangan remaja secara singkat berdasarkan dari pendapat Havighurst adalah:

  1. Mengharapakan dan mencapai perilaku sosial yang bertanggung jawab.
  2. Mencapai suatu hubungan yang baru dan lebih matang antara lawan jenis yan seusia.
  3. Dapat menjalankan peran sosial maskulin dan feminin.
  4. Mencapai kemandirian emosional dari orang tua dan orang-orang dewasa lainnya.
  5. Mempersiapkan karir ekonomi.
  6. Menerima keadaan fisik dirinya sendiri dan menggunakan tubuhnya secara lebih efektif.
  7. Mempersiapkan perkawinan dan keluarga.
  8. Memperoleh perangkat nilai dan sistem etis sebagai pegangan utnuk berperilkau dan mengembangkan ideologi.
Baca Juga  [Jawaban] Mengapa Kita Harus Mengamalkan Pancasila? Ini Penjelasannya

Apabila merujuk dari pendapat Kimmel yang juga mengatakan tugas-tugas perkembangan remaja. Ia menyampaikan terdapat tiga tahap berurutan yang tidak boleh dilompati dan perlu dilalui oleh remaja.

Untuk tahap yang pertama menurut Kimmel adalah remaja awal, tahap yang menjadi tugas dalam penerimaan terhadap keadaan fisik dirinya dan menggunakan tubuhnya secara lebih efektif.

Sebab tahap ini terjadi perubahan fisik secara drastis, contohnya tinggi badan, berat badan, panjang organ-organ tubuh, dan perubahan bentuk fisik seperti tumbuhnya rambut, payudara, panggul, dan sebagainya.

Untuk tahapan yang kedua yang menjadi tugas remaja adalah disebut dengan tahapan remaja madya. Tahapan yang menjadi tugas perkembangan remaja ini adalah punya kemandirian dan otonomi dari orang tua.

Pada tahap inilah, remaja berperan dalam hubungan kelompok baya dan punya keintingan pertemanan. Contohnya adalah belajar menangani hubungan heteroseksual, pacaran dan masalah seksualitas.

Baca Juga  6 Manfaat Hewan Bagi Lingkungan Sekitar Kita Adalah?

Sedangkan untuk tahapan yang ketiga yang menjadi tugas perkembangan remaja adalah mencapai kemandirian. Pada tahap ini, kemandirian yang dimaksud adalah fokus pada persiapan diri untuk lepas dari orang tua, dan punya tanggung jawab.

Selain itu, pada tahap ini juga tugas perkembangan remaja dalam mempersiapkan karir ekonomi, dan membentuk ideologi pribadi yang di dalamnya juga seperti penerimaan terhadap nilai dan sistem etik.

Kondisi Remaja Dalam Menjalankan Tugas-Tugasnya

Berdasarkan dari tugas-tugas perkembangan remaja diatas, itulah mengapa tidak sedikit remaja yang sering mengalami hal-hal yang menurutnya sulit dan bahkan fase dimana orang-orang melihatnya tidak karuan atau perilakunya yang berubah-ubah. Kesimpulannya hal-hal yang biasa terjadi pada remaja dalam menjalankan tugas-tugas perkembangan remaja adalah:

  1. Kegelisahan: keadaan yang tidak tenang menguasai diri sendiri. Mereka punya banyak keinginan yang tidak selalu dapat dipenuhi. Di satu pihak ingin mencari pengalaman, namun merasa dirinya belum mampu melakukan berbagai hal.
  2. Keinginan menjelajah ke alam sekitar yang lebih luas.
  3. Menghayal dan berfantasi dan aktivitas berkelompok.
  4. Pertentangan: pertentangan-pertentangan yang terjadi menimbulkan kebingungan bagi dirinya maupun orang lain.
  5. Berkeinginan besar untuk mencoba segala hal yang belum diketahuinya. Seperti merokok, bersolek, dsb.

Demikianlah informasi mengenai 8 Tugas-Tugas Perkembangan Remaja, Ini PenjelasannyaSemoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *