Menu

6 Manfaat Hewan Bagi Lingkungan Sekitar Kita Adalah?

Manfaat Hewan Bagi Lingkungan – Membahas mengenai hewan, terdapat cabang ilmu khusus untuk pembahasan ini yakni Ekologi Hewan atau biasa disebut dengan Ethologi. Pada Ethologi membahas mengenai perilaku hewan. Hadirnya ekologi hewan menjadikan ilmu pengetahuan ini semakin mendalam.

Pasalnya, dengan kehadiran cabang ilmu ini, maka untuk mengetahui dan memahami interaksi antara dan lingkungan dapat dengan mudah dan bahkan pembahasan pada cabang ilmu ini menyangkut pada fisiologi, genetika, evolusi dll.

Sebagai makhluk hidup, hewan tidak lepas dengan kajian dari komponen abiotik dan komponen biotik. Sedangkan hewan adalah komponen biotik itu sendiri lalu untuk komponen abiotik adalah sistem biologi yang mengatur dan memenuhi kebutuhan sendiri yang dikenal dengan lapisan biosfer dan ekosfer.

Apabila ditinjau dari konsep rantai makanan, maka hewan ditempatkan sebagai konsumen sedangkan tumbuhan sebagai produsen. Maka dari itulah, disini hewan disebut sebagai makhluk hidup heterotrof.

Baca Juga  Bagaimana Peraturan Negara Dibuat & Cara Menyebarluaskan Pada Masyarakat

Dalam ekosistem, hewan berinteraksi dengan lingkungan biotik yaitu hewan yang lainnya, tumbuhan serta mikroorganisme lainnya. Interaksi ini bisa terjadi baik itu dari segi individu, populasi dan antar komunitas.

Melalui interaksi ini, maka setiap organisme dapat mampu melakukan adaptasi ketika menghadapi kondisi lingkungan abiotik dan yang perlu diketahui posisi hewan pada kondisi demikian bahwa hewan mempunyai kisaran toleransi tertentu terhadap seluruh faktor lingkungan.

Maka dari itu, hewan bisa lulus hidup, tumbuh dan berkembang biak dalam lingkungan ketika terdapat kondisi yang sesuai baginya dan sumber daya yang dibutuhkan selama hidup.

Agar hewan dapat lulus, terdapat faktor-faktor medium lingkungan abiotik seperti tanah, perairan, tempat hidup, cuaca dan iklim. Akan tetapi, tetap saja terdapat hubungan antara hewan dan lingkungan yang sifatnya adalah timbal balik.

Baca Juga  Apa Saja Yang Menyebabkan Rendahnya Kesadaran Membayar Pajak? Ini Alasannya

Sebab keberhasilan hidup hewan ditentukan oleh kondisi dan sumber daya yang ada di lingkungan itu. Begitupun demikian, lingkungan bisa berubah dari perilaku aktivitas hidup hewan.

Sebagai contohnya dalam menjelaskan manfaat hewan bagi lingkungan sekitar adalah rusa yang dipadang rumput, yang bermanfaat dalam melakukan perumputan, membuat kotoran organik yang digunakan sebagai pupuk.

Manfaat Hewan Bagi Lingkungan Sekitar Kita Adalah?

Berdasarkan kondisi demikian, maka keseimbangan antara komponen abiotik dan biotik pada dasarnya saling membutuhkan dan keduanya saling mempengaruhi, dimana biotik adalah hewan dengan makhluk hidup lainnya dan juga abiotik adalah alam.

Melalui hal itu, pada kali ini penulis akan menjelaskan mengenai apa saja manfaat hewan bagi lingkungan sekitar. Adapun manfaatnya dapat dilihat dibawah ini:

  1. Penghasil pupuk organik sehingga tanah dan lingkungan mengandung gizi untuk dapat tumbuh subur
  2. Berfungsi dalam membantu penyerbukan bunga sebagaimana hasil dari kepakan sayap lebah saat mengambil serbuk sari.
  3. Sebagai konsumen dalam rantai makanan.
  4. Menjaga hutan sehingga oksigen akan cukup memenuhi bumi dan tidak menjadikan perubahan cuaca secara signifikan.
  5. Menjaga agar hutan tidak gundul, seperti gajah dan harimau serta babi hutan yang akan marah apabila wilayahnya digangu. Sehingga hutan tidak sembarang dirusak oleh manusia.
  6. Menjaga agar tidak yang bisa mendominasi hutan dan mengkeksploitasi secara berlebihan sebab dalam suatu lingkungan terdapat berbagai jenis hewan yang saling membutuhkan dan memiliki kemampuan tersendiri.
Baca Juga  Macam-Macam Tipe Interaksi Antarspesies dan Contohnya

Demikianlah informasi mengenai Manfaat Hewan Bagi Lingkungan Sekitar Kita Adalah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *