Menu

3 Syarat Keberhasilan Integrasi Nasional Bagi Bangsa Indonesia Adalah?

Syarat Keberhasilan Integrasi Nasional- Indonesia dengan bentangan pulau dari Sabang Sampai Merauke, menjadikan negara terluas dengan keberagaman sebagai ciri khasnya. Melalui itu, Indonesia menjadi negara dengan banyaknya adat istiadat, bahasa, kepercayaan dan suku bangsa.

Dengan keberagaman itupula maka dalam NKRI, terdapat norma-norma sosial dan adat istiadat yang mengatur setiap tatanan hidup dan menjadi kekayaan dalam kearifan lokal. Walau demikian memiliki keuntungan dan kelebihan, akan tetapi tidak menutup kemungkinan terdapat kekurangan didalamnya.

Maksud dari hal ini, bisa saja dalam keberagaman itu bisa menjadi faktor penyebab konflik karena perbedaan persepsi dan cara pandang dalam menyelesaikan suatu masalah. Masalah yang bisa terjadi antar individu, kelompok, golongan dan suku bangsa yang berbeda.

Melalui masalah ini, sering kali memicu terjadinya ketidakberhasilan suatu integrasi bangsa Indonesia. Pemicu ketidakberhasilan persatuan ini, karena ikatan primodialisme yang dianut setiap suku dll.

Maka dari itu, dalam memecahkan ketidakberhasilan integrasi bangsa Indonesia diperlukan pemahaman lebih baik untuk mengetahui syarat-syarat terpenuhi atau unsur dalam integrasi nasional. Adapun pembahasannya dapat dilihat dibawah ini:

Baca Juga  Bentuk-Bentuk Persebaran Terumbu Karang di Indonesia.

Pengertian Integrasi Nasional Adalah?

Sebelum membahas mengenai syarat-syarat keberhasilan integrasi nasional, tahukah anda apasih yang dimaksud dengan Integrasi Nasional?

Arti Integrasi Nasional adalah usaha atau sebuah proses untuk menyatukan perbedaan yang tercipta dari masyarakat bangsa Indonesia yang heterogen, sehingga menciptakan rasa selaras, serasi serta seimbang secara nasional.

Melalui definisi integrasi nasional ini, maka dampak yang dirasakan terkhusus bagi bangsa Indonesia adalah terciptanya kerukunan hidup bersama untuk memanfaatkan kekayaan alam demi kemakmuran bersama.

Maka dari itu, dalam integrasi nasional terdapat beberapa jenis yang menjadi ciri sekaligus yang menjadikan integrasi nasional berhasil bagi suatu bangsa terutama bagi Indonesia. Adapun hal itu dapat dilihat dibawah ini:

1. Antropologis

Maksud dari hal ini, bahwa terdapat proses yang bisa menyesuaikan di antara banyaknya unsur kebudayaan yang majemuk sehingga bisa mewujudkan cita-cita bersama disetiap masyarakat.

Baca Juga  Kepanjangan SKCK Adalah, Arti & Fungsi SKCK

2. Politis

Sedangkan yang kedua adalah secara politis. Melalui hal ini, maka integrasi nasional bisa dijelaskan sebagai proses proses yang dapat menyatukan macam-macam kelompok yang berbeda baik itu dari budaya dan bahkan sosial ke dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang dampaknya bisa membentuk suatu identitas nasional. 

3 Syarat Keberhasilan Integrasi Nasional Adalah? 

Dengan keberagaman Indonesia yang menjadi kekayaan hingga menjadi pembeda dengan negara lain di dunia, membuat terdapat peran penting keberhasilan integrasi nasional bagi bangsa Indonesia.

Melalui tercapainya keberhasilan integrasi nasional, maka cita-cita Indonesia dapat tercapai secara efektif dan efisien. Sebab terdapat kesamaan visi misi untuk berkibarnya bendara Indonesia melalui ideologi Pancasila.

Akan tetapi, hal itu tidak terjadi apabila syarat-syarat keberhasilan integrasi nasional tidak terpenuhi. Itulah mengapa Bung Karno mengatakan bahwa untuk menjadi bangsa yang besar “Jangan Sekali-Sekali Melupakan Sejarah”.

Baca Juga  Tarian Kecap Berasal Dari Daerah? Ini Sejarah Tarian Kecap

Sebab landasan Bung Karno menyebutkan hal ini karena setiap orang bisa mengingat latar belakang dan perjuangan para pendahulu untuk menjaga keutuhan bangsa Indonesia. Dengan kecintaan akan sejarah, maka generasi tidak dapat terpecah belah dengan mudah.

Selain dari pada itu, terdapat 3 syarat-syarat utama keberhasilan integrasi nasional bagi bangsa Indonesia. Adapun 3 syarat itu adalah:

  1. Anggota-anggota masyarakat merasa bahwa mereka berhasil saling mengisi kebutuhan-kebutuhan antara satu dan lainnya.
  2. Tercipta kesepakatan (consensus) bersama mengenai norma-norma dan nilai-nilai sosia yang dilestarikandan dijadikan pedoman.
  3. Norma-norma dan nilai-nilai sosial dijadikan aturan baku dalam melangsungkan proses integrasi sosial.

Demikianlah informasi mengenai 3 Syarat Keberhasilan Integrasi Nasional Bagi Bangsa Indonesia Adalah? . Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *