Menu

Pengertian Kelompok Sekunder Adalah: Ciri, Fungsi & Contohnya

Kelompok Sekunder – Sebelum membahas mengenai Kelompok Sekunder, tahukah anda apasih yang dimaksud dengan Definisi Kelompok sosial?

Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian kelompok sosial adalah kumpulan orang yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi. Kelompok diciptakan oleh anggota masyarakat.

Sehingga saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya. Maka sudah barang tentu dimana dalam kelompok saling hidup bersama dan menjalani saling ketergantungan dengan sadar dan tolong menolong.

Oleh karena saling ketergantungan maka hubungan tersebut memiliki hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi dan juga suatu kesadaran untuk saling menolong.

Adanya suatu kelompok sosial terjadi didasari dari naluri manusia yang ingin bersama. Hal itu sehingga dalam masyarakat ada manusia yang bisa dipersamakan dengan masyarakat binatang.

Selain itu, sejak manusia dilahirkan telah terdapat yang memiliki kecenderungan dorongan naluri secara biologi untuk hidup berkelompok. Sehingga ada yang manusia bersatu karena sekitarnya dan ada yang karena situasi alam sekitarnya.

Maka dari itu sehingga kelompok sosial dibedakan atas beberapa jenis seperti kelompok sosial in group dan out group serta primary group atau kelompok primer dan kelompok sekunder.

Baca Juga  [Jawaban] Pancasila Berasal Dari Bahasa? Begini Penjelasannya

Pada pembahasan sebelumnya, penulis telah membahas mengenai kelompok primer. Pada kali ini, penulis akan membahas mengenai hal-hal mendasar dalam kelompok sekunder seperti pengertian, konsep, ciri, fungsi dan contoh kelompok sekunder itu seperti apa. Penjelasan dari al mendasar dari kelompok sekunder dapat dilihat dibawah ini:

Pengertian Kelompok Sekunder Adalah: Ciri, Fungsi & Contohnya (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Kelompok Sekunder Adalah: Ciri, Fungsi & Contohnya (Foto: Artikelsiana.com)

Pengertian Kelompok Sekunder Adalah?

Secara umum, apa yang dimaksud dengan pengertian kelompok sekunder adalah kelompok yang mempunyai anggota lebih banyak, tidak selalu saling mengenal, tidak langsung, fungsional, rasional dan lebih ditujukan pada tujuan pribadi.

Selain itu ciri khas paling mendasar dalam kelompok sekunder adalah anggota-anggota yang lain dan usaha kelompok tidak dikatakan sebagai alat.

Untuk hubungan anggota dari kelompok sekunder yang lain adalah terdapat hubungan tak langsung. Bahkan tidak seperti kelompok primer, kelompok sekunder berlangsung secara formal sehingga dalam aktivitasnya kadang bersifat kekeluargaan.

Apabila demikian, maka kelompok Sekunder juga berciri dimana anggota kelompok satu dengan yang lain tidak saling mengenal, tidak akrab dan bahkan hubungannya tidak bersifat permanen.

Walaupun demikian, dalam kelompok sekunder terdapat aktivitas yang didasarkan pada kemampuan dan keahlian. Sehingga dalam kelompok sekunder mempunyai anggota yang terampil.

Baca Juga  Pengertian Kelompok Primer Adalah: Ciri, Fungsi & Contohnya

Sebab pembagian kemampuan dari anggota itu dilakukan dalam kelompok sekunder adalah untuk mencapai target dan tujuan yang ditetapkan bersama.

Contoh kelompok sekunder sering terlihat dalam kehidupan sehari-hari atau sekitar seperti dalam sebuah pekerjaan, partai politik, organisasi berprofesi, serta yang memiliki pembagian kerja lainnya.

Ciri-Ciri Kelompok Sekunder

Apabila menyimak dari pengertian dan konsep kelompok sekunder diatas, maka dapat disimpulkan bersama bahwa ciri atau karakteristik dari kelompok sekunder yaitu:

  1. Anggota yang lebih besar atau banyak.
  2. Hubungan bersifat tidak pribadi dan jauh antara sesama anggota.
  3. Komunikasi hanya ada sedikit bahkan bertatap muka pun jarang.
  4. Bersifat temporer atau sementara.
  5. Hubungan antara anggota tidak terlalu akrab, berdasarkan keahlian dan kemampuan dan bersifat formal.
  6. Keputusan yang dilakukan bersifat lebih rasional dan lebih mengedepankan kepada efisiensi.
    Mempunyai peraturan yang ketat seperti kedisiplinan dll.

Fungsi Kelompok Sekunder

Diketahui bersama bahwa kelompok sekuder dalam merekrut anggota tidak asal, sebab menekankan pada pembagian tugas dan kerja berdasarkan kemampuan dan keahlian, maka fungsi dari kelompok sekunder adalah:

  1. Membangun keseragaman antara sikap dan prilaku
  2. Memudahkan suatu pekerjaan
  3. Melembagakan suatu norma atau nilai sosial
  4. Memenuhi kebutuhan individu, baik kebutuhan fisik maupun nonfisik
Baca Juga  Perbedaan Xilem dan Floem: Ciri, Fungsi & Strukturnya

Contoh Kelompok Sekunder

Mencermati dari ciri-ciri kelompok sekunder, terdapat banyak kesamaan contoh-contoh kelompok atau perkumpulan yang terdapat di sekitar kita walau tanpa disadari.

Apalagi diera saat ini, kelompok sekunder menjamur dikehidupan kita, khususnya bagi masyarakat yang tinggal diperkotaan. Seperti apakah contoh-contoh kelompok sekunder? Hal itu dapat dilihat dibawah ini:

  1. Organisasi Politik seperti Partai contohnya PKB, Golkar, Demokrat, PKB, PKS, Gerindra dll.
    Serikat pekerja
  2. Perusahaan yang memiliki struktur, pembagian tugas dan mengedapankan pada kemampuan.
  3. Organisasi pemerintahan juga sama dengan perusahaan yang perekrutan anggota memiliki seleksi dan komunikasinya hanya pada soal pekerjaan.
  4. Organisasi kemahasiswaan yang kadang dikatakan sebagai kelompok primer, namun pada kenyataannya tidak sebab komunikasinya kurang menyentuh kepada hal-hal yang bersifat pribadi dari individu contohnya Himpunan Jurusan, BEM, HMI, KAMMI, IMM, PMII dll.

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Kelompok Sekunder Adalah: Ciri, Fungsi & Contohnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *