Menu

Pengertian Fardhu Ain & Pengertian Fardhu Kifayah Serta Contohnya

Pengertian Fardhu Ain & Pengertian Fardhu Kifayah-Islam sebagai agama yang sempurna menjadi tuntunan bagi seluruh aspek dari kehidupan manusia.

Tuntutan itu tidak hanya sifatnya yang besar saja, melainkan merambah kepada hal-hal dasar bagi setiap manusia seperti pakian boleh dikenakan, cara berkenalan dan menyangkut mengenai persoalan harta warisan.

Dari sini, tuntunan yang terdapat dalam agama Islam menjadi kewajiban untuk dijalankan setiap umat Islam. Walaupun, tidak dipungkiri bahwa banyaknya aturan yang terdapat dalam Agama Islam yang tertuang dalam kitabnya yaitu Al-Qur’an,

Membuat terdapat sebagian orang yang beranggapan bahwa agama Islam justru membuat kebebasan manusia terkekang atau terbatas, karena tidak lain dan tidak bukan banyaknya aturan didalamnya.

Padahal tidak dipungkiri dan tidak disadari, aturan ini sangat membantu bagi umat Islam dan seluruh aktivitas manusia untuk menjalani kehidupan sehari-hari yang baik dan teratur menurut aturan pencipta.

Baca Juga  Pengertian Wilayah Formal & Pengertian Wilayah Fungsional

Berbagai aturan yang terdapat dalam agama Islam, membuat beberapa kalangan para ahli untuk menelitinya, dan lalu apa yang terjadi?

Para peneliti itu ternyata melakukan eksperimen untuk mengetahui aturan-aturan Islam apakah berguna bagi manusia atau justru malah merugikan.

Ternyata pikiran terkekang atau mengurangi kebebasan manusia justru salah besar. Sebab para peneliti membuktikan bahwa agama Islam adalah agama yang menuntun manusia kejalan yang benar.

Dalam aturan terdapat hukum-hukum dalam Islam. Diketahui yang bisa dihimpun oleh penulis terdapat 5 hukum dasar perbuatan dalam agama Islam yang dikenal dengan Fardhu atau wajib, haram, sunat, makruf, dan mubah.

Baca Juga  Doa Memakai Pakaian & Doa Melepas Pakaian/Baju Serta Latin dan Artinya

Pada kali ini, penulis akan membahas mengenai fardhu terkhusus kepada pengertian fardhu ain dan fardhu kifayah. Apasih itu Fardhu?

Pengertian Fardhu Adalah?

Pengertian Fardhu Ain & Pengertian Fardhu Kifayah Serta Contohnya (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Fardhu Ain & Pengertian Fardhu Kifayah Serta Contohnya (Foto: Artikelsiana.com)

Secara umum, kata Fardhu adalah kata yang berasal dari bahasa arab. Pengertian Fardhu adalah apa yang pembuat hukum haruskan untuk dikerjakan dan yang sifat wajibnya dibuktikan dengan bukti yang jelas atau definitif.

Hal itu juga, apabila terdapat orang-orang yang melanggar, maka hukumnya akan dianggap sebagai kafir. Ini karena sudah terang-terangan melanggar dari apa yang tertulis jelas.

Dalam fardhu atau secara sederhana diartikan wajib, terbagi atas 2 macam yaitu fardhu ain dan fardu kifayah. Apasih pengertian fardhu ain dan pengertian fardhu kifayah?

Baca Juga  Pengertian Bitmap & Vektor Serta Perbedaannya

Pengertian Fardhu Ain

Secara sederhana, arti Fardhu Ain adalah kewajiban perorangan. Sedangkan untuk pengertian Fardhu Ain secara umum adalah kelompok kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap individu Muslim contohnya adalah sholat lima waktu, pergi haji, dan hijab.

Pengertian Fardhu Kifayah

Sedangkan yang dimaksud dengan Fardhu Kifayah adalah kewajiban yang dibebankan pada seluruh ummat.

Untuk fardhu kifayah, seseorang tidak diwajibkan untuk melaksanakan suatu tugas apabila sudah terdapat orang dalam kelompok masyarakat yang telah memenuhi dan menjalankannya.

Contohnya untuk fardhu kifayah adalah adzan, pengurusan jenazah dll.

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Fardhu Ain & Pengertian Fardhu Kifayah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *