Menu

Ciri-Ciri Kelenjar Getah Bening & Letak Kelenjar Getah Bening

Kelenjar Getah Bening – Apasih itu Kelenjar Getah Bening?, yang dimaksud dengan pengertian Kelenjar Getah Bening adalah massa berbentuk bulat yang didalamnya terdapat kapsul jaringan ikat.

Tugas dari kelenjar getah bening ini untuk menyaring adanya cairan limfa (getah bening) yang terdapat di seluruh tubuh melalui pembuluh limfa. Hal ini sama dengan darah yang bersirkulasi dalam tubuh lewat pembuluh darah.

Kelenjar getah bening adalah sebagai sistem kekebalan tubuh manusia untuk melawan infeksi, seperti bakteri, virus, atau lainnya.

Apabila terjadi infeksi, kelenjar getah bening akan membengkak untuk memberikan tanda. Setelah infeksi mereda, kelenjar getah bening akan mengempis dengan sendirinya.

Letak Kelenjar Getah Bening

Diketahui terdapat sekitar 600 kelenjar getah bening yang ada dalam tubuh. Akan tetapi jumlah dari kelenjar getah bening dapat dirasakan atau diraba dengan tangan hanya beberapa saja.

Selain dari pada itu letak atau posisi yang ada kelenjar getah bening umumnya terletak di pangkal paha, bagian bawah rahang, ketiak dan leher. Pada bagian-bagian itu, kelenjar getah bening mempunyai ukuran yang berbeda-beda.

Baca Juga  Perkembangbiakan Hewan Vertebrata

Maksud dari ukuran kelenjar getah bening ini, ada yang sekecil ujung jarum hingga sebesar satu butir kacang merah yang sudah matang. Adapun fungsi dari kelenjar getah bening adalah:

Fungsi Kelenjar Getah Bening

KGB sangat penting untuk melawan penyakit dan menjaga daya tahan tubuh. Lebih jelasnya, simak tiga fungsi utama KGB bagi kesehatan Anda berikut ini.

1. Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh

Cairan limfa didapatkan pada macam-macam cairan dalam tubuh. Tidak hanya itu, cairan itu disaring oleh Kelenjar Getah Bening. Yang membuat Kelenjar Getah Bening bisa membuat keseimbangan cairan dalam tubuh,

Karena saat terdapat cairan yang berlebih, atau cairan mengandung organisme yang berbahaya, membuat Kelenjar Getah Bening ini akan mengembalikkan ke aliran darah.

Sehingga hal itu, dibuang oleh tubuh melalui sistem ekskresi. Maka dari itu, kadar cairan dalam tubuh Anda akan selalu seimbang.

2. Menjaga Daya Tahan Tubuh dan Melawan Infeksi

Di dalam KGB, terdapat salah satu jenis sel darah putih, yaitu limfosit. Limfosit berguna untuk mendeteksi dan menyerang organisme berbahaya penyebab infeksi dalam tubuh. Misalnya virus, bakteri, kuman, sel yang rusak, hingga sel kanker.

Baca Juga  Pengertian Simbiosis Komensalisme & Contoh Simbiosis Komensalisme

KGB memiliki sistem khusus untuk “mengingat” dan membedakan organisme-organisme mana saja yang bahaya buat tubuh dan mana yang aman. Karena itulah KGB sangat penting untuk mencegah Anda diserang penyakit.

3. Menyerap Lemak dan Zat Gizi Larut Dalam Lemak

KGB yang ada di usus mampu membantu sistem pencernaan Anda untuk menyerap lemak dan zat gizi lainnya yang larut dalam lemak.

Hal ini terjadi dikarekan lemak dan zat gizi yang larut dalam lemak tidak bisa langsung diserap oleh pembuluh darah kapiler contohnya saja zat gizi lainnya seperti gula dan protein.

Ciri-Ciri Kelenjar Getah Bening

Setelah sebelumnya diketahui letak atau posisi kelenjar getah bening dalam tubuh, maka sesuai pembahasan kali ini selanjutnya adalah ciri-ciri kelenjar getah bening. Adapun ciri atau karakteristik kelenjar getah bening adalah:

  1. Sebagai sistem pertahanan tubuh
  2. Kelenjar Getah Bening terbungkus kapsul fibrosa dengan sekumpulan sel pembentuk pertahanan tubuh.
  3. Tempat menyaring antigen (protein asing) dari pembuluh-pembuluh getah bening yang melewatinya.
  4. Pembuluh limfe mengalir dari lokasi KGB akan diketahui aliran pembuluh limfa.
  5. Kelenjar getah bening bisa membesar sebagai bentuk pertahanan yang berasal dari kelenjar getah bening seperti limfosit, sel plasma, monosit dan histiosit, dll.
  6. Massa berbentuk bulat yang didalamnya terdapat kapsul berupa jaringan ikat.
Baca Juga  [Jawaban] Tari Piring Berasal Dari Daerah? Ini Sejarah Singkatnya

Demikianlah informasi mengenai Ciri-Ciri Kelenjar Getah Bening & Letak Kelenjar Getah Bening. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *