Menu

Cara Melakukan Gerakan Lay Up Shoot Permainan Bola Basket

Cara Melakukan Gerakan Lay Up Shoot Permainan Bola Basket – Pada Desember 1981, permainan bola basket ditemukan oleh Dr. A. James Naismith yang merupakan anggota sekolah pelatihan Young Men’s Christian Association (YMCA) di Spring field Massachusetts.

Diketahui melalui permainan bola basket yang dimainkan dengan 2 regu ini yang terdiri dengan 5 jumlah orang pemain. Mekanisme dalam bermain bola basket sangat simpel,

Dimana setiap regu atau tim tujuannya adalah dengan memasukkan bola ke ring lawan secara sah dan berusaha mencegah regu lawan memasukkan bola atau membuat skor ke dalam ring basket timnya.

Bahkan tak jarang ada yang berkata karena dapat dimainkan dengan 1 tangan atau 2 tangan dengan cara bola dioper atau dilempar, mengatakan kalau permainan bola basket itu mudah.

Namun, apabila sudah masuk ke dalam dan bermain bola basket ternyata tidak semudah berbicara dan melihatnya saja. Sebab terdapat aturan dan ketentuan yang harus diketahui dan dipatuhi.

Selain itu, dalam permainan bola basket terdapat beberapa keterampilan dan latihan yang keras dilakukan oleh pemainan. Sebab ring untuk mencetak gol tidaklah mudah karena tinggi tiangnya dan jangkauan yang luas.

Untuk mencapai hal itu, terciptalah berbagai macam-macam teknis dasar bola basket dalam mempermudah bermain basket. Ini juga yang membuat permainan bola basket,

Mempunyai gerakan yang kompleks dan menuntut setiap pemainan agar mempunyai skill yang tinggi. Sebab teknis dasarnya pun tidak mudah dan apalagi kombinasi diantara setiap skill dasar bola basket.

Kemampuan atau penampilan seorang pemain bola basket sangat dipengaruhi oleh tingkat penguasaan teknik dasar.

Baca Juga  Pengertian Sepak Bola, Teknik, Tujuan, Sejarah & Aturan Permainan Sepak Bola

Adapun macam-macam teknik dasar dalam permainan bola basket diantaranya operan, menangkap, menembak, menggiring, olah kaki, gerakan berporos, melompat/meloncat, gerak tipu.

Melalui teknik dasar ini dalam permainan bola basket dilakukan macam-macam kombinasi yang tujuannya adalah menembak. Melalui kombinasi ini menghasilkan teknik yang beragam seperti Teknik Lay Up Shoot.

Teknik Lay Up Shoot tidak jauh dari teknik dasar seperti menangkap, olah kaki, menggiring, meloncat dan menembak. Gerakan Lay Up Shoot sangatlah terkenal dalam permainan Bola Basket,

Sebab sering digunakan. Olehnya itu, pada kali ini, penulis akan menjelaskan cara melakukan teknik lay up dalam permainan bolah basket sebagaiman dibawah ini:

Langkah Teknik Lay Up Shoot Dalam Permainan Bola Basket

Cara Melakukan Gerakan Lay Up Shoot Permainan Bola Basket (Foto: Artikelsiana.com)
Cara Melakukan Gerakan Lay Up Shoot Permainan Bola Basket (Foto: Artikelsiana.com)

Dalam melakukan lay up shoot, terdapat teknik-teknik dasar yang pertama kali untuk diketahui dan dikuasai dalam memahami cara melakukan teknik lay up shoot dalam bermain basket.

Teknik dasar itu adaah cara mendrible bola atau menggiring bola basket. Alasannya, dengan mengetahui cara mendrible bola basket, maka kunci keberhasilan untuk mengetahui cara lay up semakin mudah.

Sebab langkah atau cara dari gerakan-gerakan Lay Up Shoot tidak lepas dari menggiring bola basket. Membuktikan itu, bisa dengan melihat tata cara dalam melakukan Lay Up Shoot dalam Permainan Bola Basket yang ada dibawah ini:

Cara melakukan Teknik Lay Up Dengan Tangan Kiri/Kanan

  1. Pertama-tama dalam melakukan teknik lay up shoot adalah dengan drible bola yang dimulai dari Garis Tembakan bebas.
  2. Saat mendekati ring, usahakan untuk meningkatkan kecepatan berlari mendekati ring.
  3. Saat berlari, dikombinasikan dengan tolakan kaki dan melompat dengan tumpuan kaki kiri (untuk tangan kanan) atau kaki kanan (untuk tangan kiri).
  4. Saat melayang untuk melakukan lay up shoot, angkat lutut sebelah kiri (untuk tangan kiri) atau lutut sebelah kanan (untuk tangan kanan).
  5. Setelah itu, tembakanlah bola dengan memakai tangan kiri apabila lutut yang diangkat lutut kiri.
  6. Namun, apabila mengangkat lutut kanan, maka menembak bola juga dengan tangan kanan.
  7. Saat melakukan tembakan untuk fokus dengan mengarahkan tembakan ke titik strategis. Titik ini terdapat pada sebelah kiri persegi atau kanan pada papan pantul, karena titik ini akan meredam pantulan bola dan akan menjatuhkan bola ke dalam ring.
Baca Juga  Pengertian Kebugaran Jasmani, Unsur, Komponen, Faktor & Manfaatnya
Langkah Melakukan Gerakan Lay Up Shoot Permainan Bola Basket (Foto: Artikelsiana.com)
Langkah Melakukan Gerakan Lay Up Shoot Permainan Bola Basket (Foto: Artikelsiana.com)

Cara Meningkatkan Kemampuan Teknik Lay Up Shoot

Apabila anda kewalahan dalam melakukan gerakan-gerakan teknik lay up shoot berdasarka tahap atau langkah-langkah yang dipaparkan diatas, terdapat tutorial yang bisa menjadi tip dan trik dalam meningkatkan teknik basket lay up shoot.

Sebab berdasarkan kita ketahui bahwa teknik lay up shoot ini merupakan kombinasi dari teknik dasar permainan bola basket.

Selain itu, dalam teknik dasar itu membutuhkan latihan yang tinggi untuk mempermudah dalam memainkan setiap kombinasi teknik dalam permainan bola basket.

Namun, secara spesifik terdapat teknik dasar yang bisa anda fokus untuk tingkatkan dalam mempelajari teknik lay up shoot dalam permainan bola basket seperti yang ada dibawah ini:

1. Jumping

Diketahui bahwa teknik lay up shoot perlu lompatan yang tinggi. Sehingga untuk memenuhi hal itu, maka perlu latihan dalam meningkatkan jumping, agar dapat mengarahkan bola ke papan dan masuk ke keranjang atau ring.

Baca Juga  10 Contoh CSR Perusahaan Kecil dan Internasional

2. Sentuh Papan Bagian Belakang

Selain itu, saat melakukan latihan jumping sebagai penguasaan teknik lay up shoot, usahakan untuk terus mengasah skill dalam menyentuh papan bagian belakang, agar tidak kesusahan berapapun tinggi badan anda.

3. Lari dan Sentuh Papan serta Pelajari Langkahnya

Lakukanlah 2 hal diatas ini secara berulang-ulang agar menjadi lebih sempurna dan terbiasa, dan membuat semacam langkah-langkah tersendiri agar pada saat bertanding sudah menguasai posisi ketika melakukan Lay Up Shoot.

4. Tambahkan Bola

Setelah mampu menyentuh tempat yang sama dengan mulai berjalan, Anda harus mulai mencoba gerakannya dengan bola.

Jika Anda telah mencobanya berulang kali, pastikan bahwa bola adalah memantul ditempat yang sama setiap kali.

5. Penempatan Bola

Bola harus memantul tepat pada tengah tengah kotak di papan tersebut. Ketika bola digulirkan dari ujung jari, itu harus menghantam tempat yang sama dan itu akan tidak masuk setiap waktu anda memantulkan bola meleset dari tengah tengah papan.

Demikianlah informasi mengenai Cara Melakukan Teknik Lay Up Shoot Dalam Permainan Bola Basket. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *