Menu

14 Macam Manfaat Apabila Selalu Bersifat Jujur

Manfaat Bersikap Jujur – Agar bangsa ini besar, sangatlah sederhana dengan dimulai dengan orang bersikap jujur. Karena terdapat manfaat besar bagi orang bersifat jujur.

Sebab dengan kejujuran yang dimiliki seseorang, maka di dalam pembentukan komunitas atau kelompok, budaya kejujuran itu akan tertularkan dengan sendirinya.

Alhasil dari seseorang ke seseorang yang menampilkan dan berusaha bersikap jujur pada nantinya akan masuk dalam komunitas masyarakat dengan membawa sikap dan sifat jujur.

Melalui bergabungnya orang-orang jujur itu dalam masyarakat, maka akan membentuk suatu wilayah atau daerah yang jujur pula. Tentunya manfaat yang hadir dalam masyarakat dan suatu wilayah itu akan sangat besar.

Tidak berhenti disitu saja, dengan sifat dan sikap yang jujur yang terdapat dalam satu wilayah akan menular ke wilayah-wilayah lainnya hingga menyentuh sebuah atau suatu negara.

Dampak atau manfaatnya penularan sikap dan sifat jujur itu dalam suatu negara akan membuat negara itu semakin disiplin, semakin tahu diri dan semakin transparan dalam pengelolaan apapun itu.

Apa lagi dalam pengelolaan anggaran dan kebijakan negara. Kejujuran dalam pemerintahan suatu negara sangatlah penting terkhusus di Indonesia, yang diketahui terbagi atas eksekutif, legislatif dan yudikatif.

Dalam skala negara di Indonesia, kejujuran sangatlah susah didapatkan oleh para aparat dan pemerintah. Sebab ada banyak isu dan bahkan fakta, bahwa kejujuran dari kalangan pejabat sangat kecil.

Baca Juga  Kedahsyatan Bacaan Istighfar dan Doa Sayyidul Istighfar

Lihat saja dampak buruk atau hal-hal yang merugikan terjadi apabila aparat pemerintah tidak jujur, dimana ada banyak kasus yang menjerat para pejabat terlebih lagi kasus korupsi.

Hal ini terjadi karena kurangnya sikap jujur yang dimiliki setiap pejabat yang ada di Indonesia. Bahkan yang disebut sebagai lembaga penegak hukum yang mengadili para orang-orang yang tidak bersikap jujur itu,

Ternyata ada juga penegak hukum atau pengadil yang justru ikut terjerat dalam hawa nafsunya akibat kurangnya sikap jujur dalam dirinya.

Melihat dari peran dan manfaat dari sikap jujur ini yang hanya atau terkadang disebut hal-hal yang mendasar, justru hal yang mendasar inilah yang membuat diri setiap orang dalam menjalani aktivitasnya sangatlah bermanfaat dan dibukakan setiap pintu rahmat oleh Allah SWT.

Pentingnya kejujuran bagi setiap aparat dalam menjalankan tugas dan kewenangannya tentunya akan membuat distribusi atau penyaluran kekuasaan dan kebijakan itu semakin efektif dan efisien,

Namun justru kebalikannya, apabila aparat pemerintah malah tidak bersikap dan bersifat jujur maka akan membuat dirinya celaka dan kerugian besar yang akan diterimanya.

14 Macam Manfaat Apabila Selalu Bersifat Jujur (Foto: Artikelsiana.com)
14 Macam Manfaat Apabila Selalu Bersifat Jujur (Foto: Artikelsiana.com)

Pengertian Jujur Adalah?

Sebab secara sederhana pengertian Jujur adalah berani mengatakan apa adanya, bukan ada apanya.

Menurut sumber seperti Wikipedia mengatakan bahwa sikap dan sifat jujur itu terdapat pada aspek karakter, moral, dan berkonotas atribut positif dan berbudi luhur misalnya saja integritas, kejujuran, dan keterusterangan.

Baca Juga  Pengertian Toolbar, Fungsi, Jenis & Contoh Toolbar

Diera saat ini yang serba modern dan digital, menemukan orang yang jujur sangatlah susah. Bahkan ada yang menyebut bahwa orang yang jujur saat ini sudah seperti barang antik atau langka.

Padahal, keuntungan bagi orang-orang yang jujur sangatlah berpengaruh bagi kehidupan sehari-harinya. Bahkan disetiap agamapun juga dalam tuntutannya, agar setiap orang selalu bersikap dan berbuat jujur.

Misalnya saja agama Islam. Dalam Kitabnya yakni Al-Qur’an terdapat banyak ayat yang menjelaskan tentang pentingnya dan manfaat dari kejujuran itu salah satunya dijelaskan dalam Q.S Al-Ahzab ayat 23-24 yang artinya:

“Di antara orang-orang mukmin itu ada orang-orang yang menepati apa yang telah mereka janjikan kepada Allah. Dan di antara mereka ada yang gugur, dan di antara mereka pula ada yang menunggu-nunggu dan mereka sedikit pun tidak mengubah (janjinya), (23) agar Allah memberikan balasan kepada orang-orang yang jujur itu karena kejujurannya, dan mengazab orang munafik jika Dia kehendaki, atau menerima taubat mereka. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Walaupun tidak dipungkiri bahwa terdapat kalangan “orang Islam” yang justru lalai dalam menjalankan perintah Allah SWT dan kelalaian itu justru akan berakibat sendiri bagi dirinya.

Manfaat Selalu Bersifat jujur

Sedangkan bagi kalangan Muslim yang melakukan tuntunan dan ajarannya akan dilimpahkan balasan oleh Allah SWT yang sesuai dengan sikap yang terpujinya. Olehnya itu hendaklah bagi kita semua untuk berperilaku jujur,

Baca Juga  Pengertian Floem Adalah: Ciri-Ciri, Fungsi & Struktur Floem

Karena manfaatnya bagi kehidupan kita sehari-hari apabila berbuat jujur justru sangatlah besar. Contohnya dapat dilihat dibawah ini:

  1. Orang jujur akan mendatangkan kebahagiaan
  2. Orang yang jujur akan selalu dibantu oleh orang-orang sekitar
  3. Orang jujur akan memiliki banyak teman dan sahabat
  4. Orang jujur mempunyai pergaulan yang baik dan sehat
  5. Kejujuran akan mendatangkan rejeki karena punya orang baik disekitarnya
  6. Orang jujur akan mendatangkan ketenangan karena kurangnya masalah yang akan didapatinya
  7. Kejujuran akan mendatangkan percaya diri yang tinggi dan kuat
  8. Orang yang bersikap jujur akan mendatangkan pahala
  9. Orang yang jujur akan diberikan tempat yang Mulia yaitu Surga
  10. Orang yang jujur akan menciptakan keluarga yang harmonis
  11. Pengaruh dari sikap jujur akan membawa manfaat bagi setiap orang
  12. Orang yang jujur akan dicari oleh banyak pekerjaan
  13. Kejujuran akan membawa dirinya menuju kesuksesan dunia seperti jabatan yang tinggi
  14. Dengan bersikap jujur maka dirinya akan menemukan istri yang baik dan sholeha pula karena banyak perempuan yang menginginkan orang jujur

Demikianlah informasi mengenai 14 Macam Manfaat Apabila Selalu Bersifat Jujur. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *