Menu

10 Komoditas Impor Indonesia Yang Merupakan Bahan Baku Penolong

Komoditas Impor Indonesia – Perdagangan internasional mempengaruhi tumbuhnya ekonomi suatu negara dan juga setiap negara bersaing dalam pasar tersebut. 

Alasannya karena bertemunya subyek-subyek hukum dan terjadinya hubungan perdagangan seperti jual beli. Dalam perdagangan internasional ditemui aktivitas impor dan ekspor.

Pelaku dari impor disebut importer sebagai pembeli, sedangkan pelaku penjual dalam perdagangan internasional disebut eksportir. 

Apabila terjadi kesepakatan antara penjual dan pembeli, maka perdagangan luar negeri itu bisa dilaksanakan.

Perdagangan ekspor dan impor memegang peran penting dalam bisnis sebab apabila ditinjau dari segi lalu lintas devisa bisa menyumbang pendapatan nasional. 

Negara Indonesia adalah kekuatan ekonomi besar di Asia Tenggara karena terdapat peran penting dalam tingkat global.

Walaupun demikian, kondisi bisnis yang terdapat di Indonesia sedang mengalami perpindahan dari bisnis konvensional ke digital.

Baca Juga  Pengertian CSR Adalah: Prinsip & Sejarah CSR

Diketahui bahwa ekspor selama ini dipandang memberikan kemajuan bagi suatu negara dibandingkan dengan impor. Akan tetapi, Kebijakan Impor juga memberi manfaat yang besar bagi perekonomian Indonesia.

Alasannya karena dengan impor sepenuhnya ditujukan untuk mengamankan posisi neraca pembayaran, mendorong kelancaran arus perdagangan luar negeri,

Dan meningkatkan lalu lintas modal luar negeri untuk kepentingan pembangunan dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan laju pertumbuhan di era milenial saat ini.

Selain itu, impor juga bermanfaat dalam menyediakan bahan baku yang ada Indonesia. Sebab terdapat komoditas-komoditas yang memerlukan bantuan Impor. Hal ini sehingga Impor menjadi penolong sebagai bahan baku.

Sebab apabila bahan baku itu tidak diproduksi oleh indonesia, membuat produk yang dihasilkan tidak akan jadi atau sempurna atau tidak berkualitas.

Baca Juga  Pengertian Transportasi, Ciri, Fungsi, Manfaat & Jenis-Jenis Transportasi

Maka dengan adanya bahan baku impor tersebut, maka diharapkan akan mampu menolong komoditas Indonesia yang pada nantinya akan diekspor.

Sebab ada juga beberapa bahan-bahan baku yang tidak ada di Indonesia, hal itu juga mengapa Indonesia masuk dalam perdagangan Internasional. Tidak hanya untuk menjadi “sapi perah”,

Maksud dari ini dimana seluruh barang dagangan negara luar akan dijual ke negara Indonesia, melainkan agar tercukupinya bahan baku yang ada Indonesia secara mudah dan murah.

Sebab dengan melakukan perjanjian perdagangan itu bisa menjadi penolong bagi Indonesia agar tidak terbebani secara harga komoditas impor itu.

Komoditas Impor Indonesia Yang Merupakan Bahan Baku Penolong adalah?

10 Komoditas Impor Indonesia Yang Merupakan Bahan Baku Penolong (Foto: Artikelsiana.com)
10 Komoditas Impor Indonesia Yang Merupakan Bahan Baku Penolong (Foto: Artikelsiana.com)

Berdasarkan dari hal itu, maka penulis akan memaparkan macam-macam contoh “Komoditas Impor Indonesia Yang Merupakan Bahan Baku Penolong” sebagaimana dalam judul artikel pada kali ini.

Baca Juga  Indikator Polusi Lingkungan Tanah, Udara & Indikator Polusi Air

Untuk informasi contoh Komoditas Impor Indonesia Yang Merupakan Bahan Baku Penolong ini melihat dari data BPS pada tahun 2019 yang bisa dilihat di bawah ini:

  1. Bahan kimia organik (3,98 persen)
  2. Benda-benda dari besi dan baja (2,41 persen)
  3. Serealia (2,25 persen)
  4. Perangkat optik (1,88 persen)
  5. Besi dan baja (7,00 persen)
  6. Ampas/sisa industri makanan (1,78 persen)
  7. Mesin/peralatan listrik (13,06 persen)
  8. Plastik dan barang dari plastik (5,96 persen)
  9. Kendaraan dan bagiannya (4,89 persen)
  10. Mesin-mesin/pesawat mekanik (18,02 persen)

Demikianlah informasi mengenai 10 Komoditas Impor Indonesia Yang Merupakan Bahan Baku Penolong. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *