Menu

Pengertian Toolbar, Fungsi, Jenis & Contoh Toolbar

Pengertian Toolbar, Fungsi, & Contoh Toolbar –  Bagi sebagian orang, berbicara soal Toolbar adalah hal yang lucu, apalgi menyangkut akan pengertian dan fungsi toolbar.

Sebab di jaman sekarang, membahas Toolbar sudah ketinggalan jaman. Pasalnya, Toolbar biasa ditemukan dalam berbagai aplikasi atau sofware.

Seperti Microsoft Office, Microsoft Excel, Power Point atau Toolbar biasa didapatkan di pengolah angka atau kata. Dan mengapa penulis mengatakan sudah sangat jadul membahas Toolbar apalagi pengertian atau arti dan fungsi Toolbar itu, sebab sipasih diantara kita semua yang tidak pernah memegang atau memfungsikan Microsoft Word.

Dari penggunaan Microsoft Word sendiri, sudah mendapatkan Toolbar secara langsung pada saat membukanya. Ada beberapa pilihan yang terdapat didalamnya dan itu adalah bagian dari seluruh toolbar yang ada.

Tidak hanya di aplikasi atau sofware pengolah angka dan pengolah kata, Toolbar juga bisa ditemui di Chrome dan Mozilla Firefox. Sehingga kembali lagi bahwa apakah diantara kalian tidak ada yang memakai Chrome dan Mozilla dalam berselancar didunia maya.

Tentunya di era 4.0 ini yang serba digital dan bahkan anak SD atau paling umum yang menggunakan Android sudah sering bermain di Internet melalui Chrome.

Memang kalau untuk, Toolbar yang ada di aplikasi atau sofware yang difungsikan untuk mendesign atau mengedit gambar masih jarang atau sedikit yang menggunakannya seperti Toolbar Coreldraw dan Toolbar Adobe Photoshop.

Sebab pada Toolbar Coreldraw dan Adobe Photoshop sangatlah luas, penulis sendiri sampai sekarang masih mempelajari fungsi dan kegunaan sejumlah icon dan bagian-bagian yang ada dalam Toolbar.

Tapi sebelum memaka adobe photoshop atau Coreldraw tentunya, kita semua telah menggunakan MS Word, yang sebagaimana diketahui terdapat Toolbar dengan beragam icon dengan fungsi-fungsi dan contoh gambar yang disajikan dalam Toolbar itu.

Baca Juga  Pengertian Komputer: Apa itu Komputer?

Dari hal ini, kita sebenarnya dapat mempelajari bahwa seperti apakah definisi atau pengertian Toolbar sebenarnya. Begitupula dengan fungsi, kegunaan dan tugas Toolbar yang terdapat di Toolbar Microsoft Word, Toolbar Microsoft Power Point dan Toolbar Microsoft Excel.

Hal ini adalah disisi lainnya, memang terkadang terdapat orang yang memakai sesuatu baik itu Ms Word, Excel, dan Power Point yang asal pakai dahulu seperti juga yang pernah dilalui oleh penulis sendiri.

Bayangkan saja, penulis sudah menggunakan Laptob dan Komputer sejak TK atau di Taman Kanak-Kanak. Saat itu, penulis sudah gemar menulis atau mengetik di Ms Word, dan bermain di Powert Point.

Saat itu, penulis belumlah mengetahui apasih pengertian atau definisi dari Toolbar atau sebelum itu, yang manakah disebut dengan Toolbar pada bagian MS Word, Excel, dan Power Point.

Pikiran penulis saat itu memang tidak tertuju pada definisi dan contoh-contoh bagian dari aplikasi pengolah kata dan pengolah angka itu.

Pikiran penulis hanya langsung pada praktiknya tanpa mengetahui fungsi dan kegunaan spesifik dari sejumlah icon yang terdapat dalam Toolbar.

Berkaca dari pengalaman penulis, tentunya terdapat diantara kita semua yang pernah mengalami hal ini dan sedang mengalaminya.

Sehingga tidak mengherankan mengapa pencaharian dan pertanyaan seputar Toolbar masih ada di google, yahoo dan bing atau macam-macam browser lainnya.

Adapun pertanyaan yang biasa muncul dalam setiap browser yang paling banyak adalah mengenai pengertian Toolbar atau definisi Toolbar, fungsi Toolbar, tugas Toolbar, kegunaan icon Toolbar.

Baca Juga  Pengertian Flashdisk, Fungsi, Jenis, Cara Kerja Flashdisk & Sejarahnya

Apalagi pertanyaan seputar contoh gambar menu Toolbar beserta fungsi-fungsinya. Pertanyaan ini sudah biasa muncul dibranda penulis sendiri.

Olehnya itu, ada baiknya dimana setiap segala sesuatu yang dilakukan tidak asal digunakan saja, melainkan mencari tahu terlebih dahulu mengenai seluk beluk dari sofware dan aplikasi yang sedang difungsikan.

Hal ini memang bisa dipahami sebab sistem pendidikan kita di Indonesia kurang update, sebab semakin berkembangnya zaman,

Semakin cepat pula seseorang menggunakan hal-hal yang baru diusia menengah keatas digunakan, namun bagi generasi saat ini yang berumur anak-anak saja sudah memakainya.

Namun, konsep dasar akan sofware atau aplikasi sendiri belum mereka dapatkan. Sehingga pada saat mereka mendapatkan informasi itu, untuk merangkum mengenai konsep dasarnya kewalahan,

Namun apabila diberikan ilustrasi berupa apa yang sering digunakan, tentunya anak didik ini akan lebih mampu menangkap informasi itu.

Pengertian Toolbar, Fungsi, Jenis & Contoh Toolbar (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Toolbar, Fungsi, Jenis & Contoh Toolbar (Foto: Artikelsiana.com)

Olehnya itu, maka penulis akan memberikan konsep dasar mengenai Pengertian Toolbar dan Fungsi Toolbar untuk menyusun pemahaman kita akan sejumlah aplikasi atau sofware yang kita pakai saat ini. Adapun pembahasan demikian dapat dilihat dibawah ini:

Pengertian Toolbar 

Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian Toolbar adalah seperangkat icon atau tombol yang merupakan bagian dari antar muka aplikasi atau sistem operasi, biasanya terletak dibagian bawah menu bar.

Dari definisi diatas, telah disebutkan bahwa Toolbar terdapat banyak icon-incon pada bagian atas dan samping dari tampilan sofware.

Posisi Toolbar itu diambil sebab, memudahkan pengguna kompoter saat memakai sofware atau aplikasi tersebut.

Fungsi Toolbar 

Dari setiap icon yang terdapat dalam Toolbar terdapat fungsi-fungsi yang berbeda-beda untuk memerikan kemudahan sehingga dapat memaksimalkan kreativitas anda.

Baca Juga  Wireless: Pengertian, Kelebihan Wireless & Kekurangan Wireless

Fungsi Toolbar Secara Umum adalah untuk mempermudah pengguna dalam menjalankan fitur-fitur software. Hal itulah mengapa setiap icon memiliki gambar-gambar yang melambangkan fungsi dari icon itu.

Jenis & Contoh Toolbar

Diketahui bahwa terdapat jenis-jenis Toolbar yang biasa ditemukan, seperti ada yang disebut dengan Toolbar Standart, Toolbar Formatting dan Toolbar Drawing. Apasih penjelasan dari setiap Toolbar itu?

  1. Toolbar Standart adalah toolbar yang berisi tombol navigasi untuk membuka fitur-fitur utama pada sofware atau aplikasi contohnya file baru, membuka file, mengirim file dan menyimpan file dll.
  2. Toolbar Formating. Yang dimaksud dengan Toolbar Formatting adalah toolbar yang terdapat tombol-tombol format atau mengatur, contoh saja pengaturan border, pengaturan text, font, dll.
  3. Toolbar Drawing. Sedangkan yang ketiga adalah Toolbar Drawing, yang diketahui adalah toolbar yang berisikan tombol-tombol navigasi untuk memasukan, membuat dan mengedit objek gambar dan garis.

Terdapat hal yang perlu menjadi catatan kita semua bahwa setiap aplikasi atua sofware, sudah barang tentu dilengkapi dengan apa yang dinamakan dengan Toolbar.

Sebab, kembali ke fungsi Toolbar untuk digunakan secara maksimal dan pengguna sendiri tidak mengalami kesulitan dalam menjalankan software itu.

Namun, tidak dipungkiri pula bahwa setiap sofware atau aplikasi memiliki posisi dan desain icon tersendiri atau berbeda,

Selain itu memberikan keunikan atau perbedaan dengan sofware lainnya sebagai strategi marketing, juga karena fungsinya yang unik.

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Toolbar, Fungsi, Jenis & Contoh ToolbarSemogai informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *