Menu

Pengertian Anatomi & Pengertian Fisiologi Adalah?

Pengertian Anatomi & Pengertian Fisiologi Adalah? – Anatomi fisiologi adalah dua hal yang berkaitan erat satu sama lain. Biasanya, anatomi dan fisiologi ini,

Membahas mengenai seputar makhluk hidup seperti manusia, tumbuhan dan hewan. Menemui pembahasan anatomi dan fisiologi biasanya terdapat di pelajaran Biologi,

Kimia dan lebih kompleksnya. Sehingga tidak jarang apabila ada yang bertanya mengenai anatomi hewan, anatomi tumbuhan anatomi manusia,

Begitu pula dengan pertanyaan seputar fisiologi manusia, fisiologi tumbuhan dan fisiologi hewan. Setiap pengkajian itu, tidak lepas dari anatom idan fisiologi,

Yang diketahui kedua ini merupakan basis sciense atau ilmu dasar. Dengan kemampuan pemahaman akan anatomi dan fisiologi begitupula dalam mengetahui perbedaan anatomi dan fisiologi ini,

Menjadi pencapaian bagi setiap pembaca apalagi mahasiswa dan siswa yang kebanyakan akan bergelut dengan anatomi dan fisiologi.

Baca Juga  Bagaimana Hubungan Antara DPR, MK, Presiden & MPR? Ini Penjelasannya

Karena tidak jarang ada yang susah dalam membedakan pengertian anatomi dan fisiologi.

 

Olehnya itu, untuk memberikan konsep dasar mengenai Anatomi dan Fisiologi, pada kali ini penulis akan menghinformasikan mengenai pengertian anatomi dan pengertian fisiologi, secara sederhana.

Pengertian Anatomi & Pengertian Fisiologi Adalah? (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Anatomi & Pengertian Fisiologi Adalah? (Foto: Artikelsiana.com)

Pengertian Anatomi Adalah?

Secara etimologi, pengertian anatomi berasal dari bahasa Yunani yang artinya “membuka suatu potongan”. Definisi ini diambil dari istilah anatomi yang terdiri atas 2 kata yaitu, Ana dan Tomi.

Apasih itu? Ana diartikan sebagai “bagian”. Sedangkan yang dimaksud dengan pengertian Tomi adalah “irisan atau potongan”.

Sedangkan apabila dilihat dari pengertian anatomi secara terminologi adalah ilmu yang mempelajari bagian internal dan luar ekternal.

Baca Juga  Bagian-bagian Mata dan Fungsinya

Anatomi dalam pembahasannya bisa berkenaan mengenai struktur tumbuhan, manusia dan hewan.

Selain itu, anatomi juga membahas mengenai hubungan fisiknya dengan bagian tubuh yang lainnya, sebagai contohnya adalah mempelajari organ uterus dan posisinya dalam tubuh.

Selain dari pengertian diatas, anatomi juga dapat dimaknai sebagai ilmu yang mempelajari bentuk dan susunan tubuh baik secara keseluruhan atau bagian-bagin serta hubungan alat tubuh yang satu dengan yang lain.

Pengertian Fisiologi Adalah?

Setelah membahas mengenai Anatomi, biasanya tidak lepas dalam pembahasan Fisiologi. Olehnya itu, apasih yang dimaksud dengan Fisiologi itu?

Secara etimologi, kata fisiologi berasal dari kata Physiology yang diketahui adalah bahasa Yunani. Istilah ini terdiri atas 2 kata yaitu “Physis” dan “Logos”.

Apasih pengertian dari dua kata ini?. Untuk arti Physis adalah alam atau cara kerja. Sedangkan yang dimaksud dengan Logos adalah ilmu pengetahuan.

Jadi secara umum, yang dimaksud dengan pengertian fisologi adalah Ilmu yang mempelajari faal atau pekerjaan atau fungsi dari tiap-tiap jaringan tubuh atau bagian dari alat-alat tubuh dan fungsinya.

Baca Juga  Pengertian Archaebacteria dan Eubacteria (Bakteri)

Sebagai contoh pembahasan mengenai Fisiologi adalah seseorang yang ingin mempelajari fisiologi tentang bagaimana uterus bisa membesar saat kehamilan atau mengapa dinding uterus berkontraksi pada saat persalinan.

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Anatomi & Pengertian Fisiologi Adalah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *