Menu

Mengapa Manusia Wajib Menuntut Ilmu? Ini 12 Alasannya

Manusia Wajib Menuntut Ilmu – Pada dasarnya, manusia wajib menuntut ilmu dan menuntut ilmu adalah hal yang penting. Sebab menuntut ilmu adalah kehidupan.

Selain itu dengan manusia menuntut ilmu juga tidak hanya sebagai kehidupan namun sekaligus sebagai cahaya.

Bahkan pentingnya manusia menuntut ilmu hingga dikatakan bahwa ilmu adalah kebutuhan primer melebihi dari badan kepada makanan, dalam sehari hanya dua kali.

Manfaat manusia menuntut ilmu sangatlah bermacam-macam, sebanyak jumlah nafas, sebanyak laut bumi, dan sebanyak pasir yang ada timur tengah.

Metaforis ini digunakan sebagai gambaran bahwa pentingnya manusia menuntut ilmu boleh dikatakan sebagai nafas karena terdapat iman atau hikmah.

Maksud dari hal ini adalah dimana nafasnya nihil dari iman atau hikmah, makah manusia akan celaka, sebab membuat manusia semakin dekat kematiannya dan tidak mendapatkan jalan untuk membebaskan diri kecuali dengan ilmu.

Baca Juga  Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Macam-Macam Konstitusi

Melalui pengandaian diatas, maka tentunya keutamaan adalah hal yang wajib manusia tuntut. Sebab pada inti dari segala inti dari kehidupan ini, mengapa manusia wajib menuntut ilmu adalah sebagai sarana untuk bertakwa kepada allah.

Hal itulah mengapa ilmu pengetahuan menjadi sesuatu yang disukai, dicari karena bermanfaat bagi kehidupan manusia. Karena dengan melalui ilmulah manusia dapat mempengaruhi perjalanan di dunia ini.

Dengan keinginan manusia yang terus menuntut ilmu, membuat itu juga seiring dengan hadirnya perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan membuat kehidupan individu dan masyarakat semakin berkembang dan maju.

Melalui pengantar diatas mengapa manusia wajib menuntut ilmu inilah dapat disimpulkan bahwa kemajuan peradaban sebuah bangsa tergantung kemajuan ilmu pengetahuan yang melingkupi.

Baca Juga  11+ Pengertian Istiqomah, Manfaat dan Contohnya Menurut Al-Quran, Hadits dan Ulama

Ilmu adalah di hasilkannya gambaran atau bentuk sesuatu dalam akal. Karena pentingnya ilmu dan banyaknya faidah yang terkandung di dalamnya.

Sebagai sesuatu yang utama, mulia, maka sudah sepantasnya dan sewajibnya bahwa manusia menuntut ilmu.

Sehingga persoalan berupa pertanyaan jelaskan alasan manusia menuntut ilmu, atau pada pembahasan kali ini mengapa manusia wajib menuntut ilmu adalah sudah terjawabkan.

Menjawab apa yang diciptakan atau peranan apa yang dilakukan dengan ilmu, adalah lihatlah sekitar anda, sejumlah objek yang anda lihat pada dasarnya berasal dari ilmu pengetahuan.

Apalagi kewajiban bagi manusia menuntut ilmu juga dijelaskan diseluruh agama apalagi dalam agama Islam seperti dalam banyak ayat di Alquran dan di hadits sahabat Rasulullah SAW.

Mengapa Manusia Wajib Menuntut Ilmu? Ini 12 Alasannya (Foto: Artikelsiana.com)
Mengapa Manusia Wajib Menuntut Ilmu? Ini 12 Alasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Mengapa Manusia Wajib Menuntut Ilmu?

Untuk memudahkan bagi kita semua dalam mengetahui mengapa manusia wajib menuntut ilmu secara ringkas atau dalam bentuk point perpoint dapat dibawah ini akan dituliskan alasan mengapa manusia wajib menuntut ilmu.

  1. Allah SWT memerintahkan manusia untuk Ilmu.
  2. Mempertinggi derajat seseorang karena dibutuhkan oleh lapisan masyarakat.
  3. Menghilangkan kesombongan diri karena mengetahui pengetahuan sesuatu yang tak terbatas.
  4. Dapat membantu seseorang
  5. Menjadi bagian penentu arah perkembangan dunia
  6. Disukai banyak orang
  7. Tidak akan pernah memiliki musuh
  8. Membantu dalam meraih kesuksesan
  9. Memudahkan seseorang dalam mencari pekerjaan
  10. Membuat seseorang selalu berpikir positif
  11. Sebagai pertahanan diri melawan isu Hoax
  12. Menginvestasikan ilmu maka membuat dirimu terkenang sepanjang masa.
Baca Juga  Kenapa Nabi & Rasul dari Manusia, Kok Bukan Malaikat? Ini Hikmahnya

Demikianlah informasi mengenai Mengapa Manusia Wajib Menuntut Ilmu? Ini Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *