Menu

Jenis-Jenis Magnet & Sifat-Sifat Magnet

Jenis-Jenis Magnet & Sifat-Sifat Magnet – Magnet adalah sejenis batuan yang memiliki kekuatan dalam menarik besi. Beberapa negara menyebut Magnet dengan “Batu Kutub” yang bisa berfungsi mencari arah selatan.

Diketahui bahwa Batu kutub ini bersifat magnetic yang bisa ditemukan di Magnesia di Asia Kecil. Magnet ini adalah besi berani/sembrani dan bisa menarik besi, baja, dan benda-benda yang mengandung besi atau baja.

Tidak semua benda bisa ditarik dengan magnet, benda-benda yang bisa ditarik oleh magnet terkadang dikatakan dengan magnetis. Sebaliknya, yang tidak bisa ditarik disebut benda tidak magnetis.

Hal itu, karena terdapat disekitar daerah magnet disebut “Medan Magnet”, atau besar kecilnya pengaruh magnet bergantung pada jarak magnet terhadap tempat itu.

Apabila terdapat magnet dipotong-potong, membuat setiap potongan magnet bersifat magnet, selain itu terdapat beberapa potong magnet disambungkan sehingga gabungan magnet itu menjadi sebuah magnet yang lebih kuat.

Setiap potong magnet memiliki kutub-kutub magnet, kutub magnet terdiri dari kutub utara yang mengarah ke utara dan kutub selatan. Ketika kutub-kutub yang senama dikaitkan,

Maka untuk kedua kutub magnet itu saling tolak-menolak, dan saat kutub-kutub yang tidak senama didekatkan membuat ke 2 kutub magnet menjadi saling tarik-menarik.

Baca Juga  Ciri Kebahasaan Teks Prosedur Kompleks

Perlu diketahui bahwa pada kutub-kutub magnet tersebut adalah tempat kekuatan magnet yang sangat besar. Dengan kata lain,

Apabila semakin dekat dengan jarak benda ke kutub magnet, maka sudah barang tentu bahwa semakin kuat juga gaya magnet yang bisa terjadi pada benda dan semakin jauh jarak benda ke kutub magnet itu,

Yang terjadi adalah gaya magnet yang dialami benda itu makin lemah. Selain dapat menarik benda yang terbuat dari besi dan baja, gaya magnet juga dapat menembus benda,

Misalnya saja plastic, negative film, kertas, kaca, dan triplek atau kayu, kekuatan gaya magnet dalam menembus benda tergantung pada ketebalan benda dan kekuatan gaya magnet.

Jenis-Jenis Magnet & Sifat-Sifat Magnet (Foto: Artikelsiana.com)
Jenis-Jenis Magnet & Sifat-Sifat Magnet (Foto: Artikelsiana.com)

Sifat-Sifat Magnet

Magnet mempunyai beberapa sifat-sifat tertentu. Adapun sifat sifat magnet beserta penjelasannya adalah:

1. Medan Magnet Membentuk Gaya Magnet

Sifat magnet ini terjadi tidak hanya pada ujung-ujung magnet itu, melainkan juga pada daerah sekitar magnet. Hal inilah sebagaimana penjelasan diatas disebut medan magnet.

2. Bersifat Menarik Benda Magnetik

Sudah barang umum bahwa magnet memiliki sifat dalam menarik benda berbahan logam. Namun, perlu catatan bersama bahwa itupun tidak semua,

Baca Juga  Pengertian Teks Editorial, Ciri, Sifat Teks Editorial & Manfaatnya

Hanya benda berjenis besi, baja, nikel, kobalt, dan sebagainya. Apabila bisa ditarik maka disebut dengan benda magnetik.

3. Memiliki Dua Kutub

Magnet mempunyai 2 kutub, diantaranya kutub utara dan kutub selatan yang posisinya terdapat di kedua ujung-ujung magnet.

Untuk kutub utara disingkat dengan simbol U, atau dalam inggris disingkat N yang kepanjangannya North.

Berbeda dengan kutub selatan yang disingkat dengan S dalam Indonesia, sedangkan untuk inggrisnya sama yang disingkat dengan S yang kepanjanganya adalah South.

4. Saling Tolak Apabila 2 Kutub Sama, Sedangkan 2 Kutub Berbeda Akan Saling Tarik

Sifat magnet ini sudah terdengar biasa disaksikan, apabila 2 kutub magnet yang sama didekatkan, maka saling tolak menolak. Sedangkan 2 kutub magnet yang beda didekatkan, saling tarik menarik.

Sehingga 2 magnet yang didekatkan yang terjadi hanya akan saling menarik apabila ujung kutub utara bertemu ujung kutub selatan.

5. Sifat Magnet Dapat Hilang

Magnet tidak selalu permanen sebab terdapat sifat kemagnetannya itu yang dapat hilang karena terdapat beberapa penyebab.

Apabila sebuah magnet dipukul-pukul, jatuh terus menerus, dibanting-banting, dipanaskan, atau bahkan dibakar, maka lama-lama sifat kemagnetan pada sebuah magnet akan hilang.

Baca Juga  Pengertian Magnet, Sifat, Bentuk & Jenis-Jenis Magnet

Jenis-Jenis Magnet

Pada umumnya, terdapat 2 macam magnet menurut cara pembuatannya, ada yang disebut dengan “Magnet Alami” dan ada juga yang disebut dengan “Magnet Buatan”.

Adapun secara sederhana mengenai penjelasan kedua jenis magnet tersebut adalah:

1. Magnet Alami

Magnet alami adalah jenis magnet yang proses pembuatannya terjadi secara alami. Magnet jenis ini sudah mempunyai sifat kemagnetan secara alami tanpa campur tangan manusia. Umumnya magnet alami dapat berupa batu-batuan atau benda lain.

2. Magnet Buatan

Magnet buatan adalah jenis magnet yang proses pembuatannya dibuat oleh manusia. Magnet ini dibuat dari bahan contohnya besi atau baja.

Magnet buatan mempunyai banyak bentuk, seperti magnet ladam, magnet tabung, magnet U, magnet silinder, magnet lingkaran, dan sebagainya.

Demikianlah informasi mengenai Jenis-Jenis Magnet & Sifat-Sifat Magnet. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *