Menu

Fungsi Pengurai Dalam Menyuburkan Tanah

Fungsi Pengurai Dalam Menyuburkan Tanah – Dalam ekosistem yang terdapat makluk hidup dan non hidup pada wilayah tertentu dan saling berinteraksi dalam menciptakan sistem.

Dalam menjalankan hal itu terdapat komponen-komponen ekosistem yang apabila dibedakan terdapat 2 macam yaitu Biotik dan abiotik.

Membahas mengenai biotik yang diketahui bahwa komponen makhluk hidup yang tinggal dalam wilayah ekosistem yang berfungsi dalam menunjang transfer energi dan siklus nutrisi yang ada dalam ekosistem.

Menurut fungsinya, makhluk hidup yang terdapat dalam ekosistem digolongkan melalui tiga jenis yaitu produsen, konsumen, dan pengurai.

Pembahasan mengenai produsen, apalagi konsumen dalam biologi sudah tak terhitung banyaknya, apalagi membahas mengenai peran atau fungsi dari produsen dan konsumen.

Namun berbeda halnya dengan pengurai atau sering disebut dengan “dekomposer”. Setelah penulis menelusuri mengenai informasi pengurai,

Sangatlah sedikit dan bahkan informasi yang teramat sederhana seperti pengertian dan fungsi atau peran serta proses penguraian dalam menyuburkan tnaah juga masih penulis untuk sulit dapatkan.

Baca Juga  [Jawaban] Akibat Tidak Memiliki Dasar Negara dan Pandangan Hidup?

Padahal, apabila melihat dari fungsi dekomposer atau pengurai ini menjadi bagian terakhir dalam ekosistem yang juga memegang peran sentral atau fungsi penting bagi suatu sistem kehidupan.

Olehnya itu, penulis akan membahas mengenai pengurai ini yang dikatakan berfungsi dalam menyuburkan tanah.

Apa itu Dekomposer (Pengurai)?

Fungsi Pengurai Dalam Menyuburkan Tanah (Foto: Artikelsiana.com)
Fungsi Pengurai Dalam Menyuburkan Tanah (Foto: Artikelsiana.com)

Secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian Dekomposer (Pengurai) adalah makhluk hidup yang menguraikan kembali zat-zat yang semula terdapat pada tubuh hewan dan tumbuhan yang telah mati.

Adapun makhluk-makhluk hidup ini yang berfungsi sebagai pengurai dalam menyuburkan tanah adalah bakteri dan jamur.

Fungsi Pengurai Dalam Menyuburkan Tanah

Secara sederhana melihat siklus dari pengurai atau dekomposer sangatlah sederhana yang diketahui berfungsi dalam menyuburkan tanah,

Seperti dalam ekosistem sawah, dimana padi dimakan tikus, tikus dimakan ular, ular dimakan oleh elang.

Sedangkan elang mati, maka akan diuraikan oleh bakteri pengurai. Setelah diuraikan oleh bakteri pengurai,

Maka zat tersebut akan berfungsi dalam menyuburkan tanah sebagai konsumen produsen yang kemudian terus berulang.

Baca Juga  Pengertian, Manfaat dan Cabang-Cabang Biologi

Pada pembahasan diatas, disebutkan mengenai bakteri pengurai. Apasih yang dimaksud dengan pengertian Bakteri Pengurai itu?

Secara umum, definisi mengenai Bakteri Pengurai adalah kelompok bakteri yang bisa mendekomposisi organisme lain yang telah mati menjadi unsur penyusun yang bisa kembali ke lingkungan.

Bakteri pengurai ini diketahui sebagai organisme saprofit yang dengan kemampuannya bisa menguraikan senyawa organik yang ada di alam.

Dengan bakteri saprofit ini, sehingga tumbuhan ataupun hewan yang telah mati dan sisa-sisa atau kotoran organisme itu.

Melalui kelompok mikroorganisme tersebut, sehingga protein, karbohidrat dan senyawa organik lain menjadi karbon dioksida (CO2), gas amoniak, dan senyawa yang lebih sederhana.

Contohnya saja seperti beberapa jenis bakteri pengurai yang bisa membentuk senyawa NH3 dari proses dekomposisi biomolekul protein dengan proses amonifikasi yang bisa masuk ke dalam siklus nitrogen yang dipakai oleh organisme lain.

Maka dari itu, keberadaan bakteri ini memiliki fungsi besar dalam siklus unsur organik dalam suatu biosfer. Proteus dan Clostridium sebagai contoh bakteri pengurai yang biasa didapatkan.

Baca Juga  Perbedaan Wilayah Formal dan Wilayah Fungsional Adalah?

Selain itu, tidak hanya berfungsi sebagai pengurai senyawa organik saja, melainkan beberapa kelompok bakteri saprofit ternyata merupakan patogen opotunis.

Fungsi Pengurai Menyuburkan Tanah Adalah?

Melalui penjelasan diatas, maka penulis dapat menyimbulkan bahwa fungsi pengurai dalam menyuburkan tanah adalah:

  1. Pengurai berfungsi dalam mengubah bangkai hewan atau tumbuhan menjadi produk pupuk alami yang bisa menyuburkan tanah dengan mengandung humus sehingga bermanfaat bagi tumbuhan.
  2. Pengurai bisa berfungsi dalam membantu menyuburkan tanah dengan menguraikan sampah organik.
  3. Selain itu, pengurai bisa berfungsi dalam membusukkan sisa kotoran hewan.

Demikianlah informasi mengenai Fungsi Pengurai dalam Menyuburkan Tanah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *