Menu

6 Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kebugaran Jasmani

Faktor Yang Mempengaruhi Kebugaran Jasmani – Apasih itu Kebugaran jasmani? Kebugaran Jasmani adalah kemampuan untuk melakukan kegiatan atau pekerjaan sehari-hari,

Selain itu, kebugaran Jasmani membuat orang dapat beradaptasi terhadap pembebanan fisik. Walaupun ada pembebanan fisik akan tetapi tidak membuat dirinya kelelahan yang berlebih,

Sampai-sampai membuat dirinya masih memiliki cadangan untuk menikmati waktu senggang atau pekerjaan yang mendadak serta dapat bebas dari penyakit.

Tidak jarangkan orang yang bisa seperti itu, menurut kita semua apakah masih bisa melakukan hal yang lainnya ketiga telah mengangkat sesuatu yang berat.

Apabila bisa, berarti anda termasuk dalam orang yang mempunyai kebugaran jasmani yang baik. Sedangkan apabila sebaliknya,

Maka lebih baik anda untuk mengetahui dan membaca informasi yaitu tentang faktor yang mempengaruhi kebugaran Jasmani.

Sebab tidak hanya dengan mengetahui komponen kebugaran jasmani saja, walaupun terlihat kekar di luar ternyata rapuh, dan mudah lelah sama saja, bisa dikategorikan sebagai orang yang tidak mempunyai kebugaran jasmani yang baik.

Maka dari itu dengan mengetahui faktor yang dapat mendukung tingkat kebugaran jasmani anda inilah yang mampu untuk membuat tubuh anda kuat walaupun memiliki banyak pekerjaan.

Sedikit mengutip dari pendapat para ahli seperti Djoko Pekik Irianto (2004:6) yang memaparkan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kebugaran Jasmani.

Menurutnya bahwa terdapat faktor yang dapat mempengaruhi kebugaran jasmani seseorang diantaranya makan, istirahat, olahraga. Faktor inilah yang penting dan bisa meningkatkan kebugaran jasmani seseorang.

Baca Juga  13 Pengertian Kelincahan, Ciri, Jenis, Faktor & Bentuk Latihan Kelincahan (Agility)

Sedikit menjelaskan mengenai pendapat diatas, mengapa point diatas dikategorikan sebagai faktor penting yang dapat mempengaruhi kebugaran jasmani?

Alasannya untuk makan karena sebagai pemasok utama untuk tenaga yang terdapat dalam tubuh. Selain itu yang kedua adalah tentang istirahat,

Hal ini adalah faktor yang yang bisa mempengaruhi pasalnya, setelah kita melakukan kegiatan yang melelahkan sangat perlu untuk istirahat.

Sehingga maksud istirahat disini adalah tujuannya untuk mengembalikan tubuh keposisi yang bugar. Sehingga dapat melakukan aktifitas sehari-hari dengan baik.

Selain dari faktor yang kedua ini seperti makan dan istirahat, ada lagi faktor penting yaitu olahraga. Mau sebaik apapun cara mengatur pola makan dan istirahat kita, namun tidak berolahraga akan tetap sama saja hasilnya.

Olehnya itu, olahraga merupakan faktor penting yang mempengaruhi kebugaran jasmani, namun dengan catatan perlu dilaksanakan secara berkala untuk merangsang gerak untuk meningkatkan atau mempertahankan kualitas fungsi tubuh.

Badan yang sehat merupakan hasil interaksi berbagai faktor yang mempengaruhi kondisi tubuh yang bersangkutan baik secara langsung atau tidak langsung.

Kesehatan badan merupakan hal yang terpenting bagi manusia tetapi hal yang tidak kalah pentingnya adalah dimilikinya kesegaran jasmani yang baik.

Faktor yang Mempengaruhi Kebugaran Jasmani

6 Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kebugaran Jasmani (Foto: Artikelsiana.com)
6 Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kebugaran Jasmani (Foto: Artikelsiana.com)

Telah dijelaskan mengenai komponen kebugaran jasmani pada informasi sebelumnya, pada kali ini penulis memang sengaja menyempatkan untuk memasukkannya dalam satu judul utama yaitu faktor yang mempengaruhi kebugaran jasmani.

Baca Juga  10 Sumber Keuangan Negara dan Contoh Sumbernya

Alasannya karena informasi faktor yang mempengaruhi kebugaran jasmani untuk melengkapi informasi sebelumnya yang menurut penulis telah banyak membahas mengenai kebugaran jasmani.

Olehnya itu, pada kali ini pembahasan faktor yang mempengaruhi kebugaran jasmani yang dirangkum dari berbagai jurnal, makalah, buku, dan artikel ilmiah lainnya.

Penulis mendapatkan bahwa pada umumnya terdapat 6 faktor yang mempengaruhi kebugaran jasmani secara umum. Adapun 6 faktor yang mempengaruhi kebugaran jasmani itu adalah:

1. Umur

Penurunan dan kenaikan tingkat kebugaran jasmani seseorang dapat dipertahankan apabila rajin melakukan olahraga. Tingkat kebugaran jasmani akan mencapai maksimal pada usia 30 tahun.

2. Jenis Kelamin

Laki-laki setelah mengalami pubertas tingkat kebugaran jasmani akan jauh lebih baik dibandingkan dengan perempuan karena disebabkan adanya perbedaan dengan perkembangan otot dan kekuatan otot.

3. Merokok

Adanya nikotin dalam rokok akan memperbesar pengeluaran energi dalam tubuh dan kadar karbondioksida yang terhisap juga dapat mempengaruhi daya tahan tubuh seseorang.

4. Status Kesehatan

Adanya gangguan fungsi pada tubuh seseorang akan mempengaruhi kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas. Oleh sebab itu kesehatan seseorang juga akan mempengaruhi tingkat kebugaran jasmani.

Baca Juga  Sebutkan Komponen-Komponen Kebugaran Jasmani? Berikut Penjelasannya

5. Aktivitas Fisik

Olahraga adalah salah satu aktivitas fisik yang dapat mempengaruhi tingkat kebugaran jasmani karena energi yang digunakan selama melakukan kegiatan sangat bermanfaat untuk tubuh.

Intensitas, durasi dan frekuensi yang baik akan mempengaruhi perkembangan kebugaran jasmani.

6. Obesitas

Penggunaan tenaga yang lebih banyak akan membuat kebutuhan oksigen jauh lebih besar yang akan memacu jantung untuk bekerja lebih keras.

Hal tersebut dapat dialami pada seseorang yang mempunyai berat badan berlebih atau disebut juga dengan obesitas yang cenderung mempunyai tingkat kebugaran jasmani lebih rendah.

Sedangkan menurut pendapat dari Joko Pekik Irianto (2004: 7) bahwa agar bisa mempunyai kebugaran jasmani yang baik maka butuh pemahaman pola hidup yang sehat bagi setiap lapisan masyarakat yang terdiri dari makan, istirahat, olahraga (intensitas latihan, lama latihan, frekuensi latihan.

Tidak hanya itu, juga memperhatikan makan sehat berimbang seiring dengan meninggalkan kebiasaan yang tidak menyehatkan yang dapat mempengaruhi kebugaran jasmani seperti merokok, minum beralkhohol dan makan berlebihan dan tidak teratur.

Demikianlah informasi mengenai Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebugaran Jasmani. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *