Menu

8 Sifat Produk dari Produksi Massal Adalah?

Sifat Produk dari Produksi Massal – Tahukah anda apa yang dimaksud pengertian Produksi Massal itu? Secara umum, Produksi Massal adalah proses produksi yang memiliki pola urutan yang pasti dan tidak berubah-ubah dalam pelaksanaan produksi yang dilakukan dari perusahaan yang bersangkutan sejak dari bahan baku hingga menjadi bahan jadi.

Perlu diketahui bersama bahwa produksi massal juga biasa disebut dengan Produksi Terus Menerus. Sehingga bagi anda yang ingin mencari informasi lengkap mengenai Produksi Massal, baik itu dari definisi,

Bahkan lebih dari itu seperti jenis-jenis produksi massal atau keuntungan atau ciri-ciri dari produksi massal, alangkah lebih baiknya menggunakan keyword Produksi Terus Menerus.

Sebab penulis sendiri dalam mencari informasi persoalan produksi massal juga kewalahan, baik itu dari jurnal, artikel, makalah, buku, dan berbagai pdf dan dock.

Dari penggunaan mengenai produksi terus menerus, penulis akhirnya mendapatkan informasi lengkap mengenai Produksi Massal seperti halnya pembahasan kali ini yaitu Sifat Produk dari Produksi Massal.

Baca Juga  Pengertian Teks Editorial Menurut Para Ahli & Tujuan Teks Editorial

Diketahui juga bahwa produksi massal adalah tiga dari jenis metode produksi yang dipakai saat ini. Dalam sejarahnya tentang produksi massal pertama kali di populerkan di Encylopedia Britannica pada tahun 1926 berdasarkan dari korespondensi Ford Motor Company.

Pembahasan kali adalah mencakup pada bidang ekonomi, sebab dalam konsep produksi massal bisa dipakai untuk jenis produk, dari cairan dan partikel yang diketahui berjumlah besar misalnya saja bahan kimia, makanan, bahan bakar, dan tambang mineral.

Namun dalam perkembangannya, produksi massal ternyata bisa digunakan dalam banyak bidang, apalagi pada bidang kerajinan dan distribusi manufaktur. Namun sebelum mengupas mengenai sifat produk dari produksi massal,

Kita ketahui bahwa istilah ini berasal dari Ford Motor Company. Pertanyaan kemudian, ada apa dengan Ford Motor Company yang kemudian memunculkan istilah Produksi Massal itu?

Dalam sejarahnya, konsep yang dipakai Ford Motor Company dari Henry Ford melalui produksi mobil tersebut dengan penerapan produksi massal ini membuat keunggulan tersendiri sebab dari skala ekonomis menghasilkan biaya produksi per unit murah dan harga jualnya juga murah.

Baca Juga  Perbedaan Perdagangan Dalam Negeri dan Internasional

Hingga perusahaan ini menjadi sukses dan menikmati keuntungan yang besar. Ternyata dengan model atau jenis produksi massal ini diikuti oleh banyak perusahaan otomotif lainnya.

Walaupun dalam perkembangannya kemudian, Ford akhirnya jatuh sebab konsumen disuguhi dengan beragam mobil dan memiliki beragam warna yang membuat konsumen memilih mobil lainnya.

Dari sini terlihat bahwa inovasi dari Ford Motor Company kurang dan hal itu juga yang menjadi salah satu kendala dari penggunaan Produksi Massal ini sekaligus sebagai ciri atau sifat produk dari produksi massal.

8 Sifat Produk dari Produksi Massal Adalah? (Foto: Artikelsiana.com)
8 Sifat Produk dari Produksi Massal Adalah? (Foto: Artikelsiana.com)

Sifat Produk Dari Produksi Massal

Olehnya itu, diperlukan untuk mengetahui sifat produk dari produksi massal agar dalam memakai konsep produksi ini tidak kelabakan dan akhirnya tumbang seperti Ford Motor Company,

Baca Juga  Pengertian Toolbar, Fungsi, Jenis & Contoh Toolbar

Sebab kurang mengerti mengenai ciri atau sifat produk dari produksi massal itu sendiri. Adapun sifat produk dari produksi massal adalah:

  1. Produksi yang dihasilkan dalam jumlah yang besar(produktivitas massa).
  2. Biasanya menggunakan sistem atau cara penyusunan peralatan berdasarkan urutan pengerjaan dari produk yang dihasilkan.
  3. Jumlah tenaga kerja tidak perlu banyak karena mesin-mesinnya bersifat khusus.
  4. Persediaan bahan mentah dan bahan dalam proses lebih sedikit dari proses produksi terputus-putus.
  5. Biasanya bahan-bahan dipindahkan dengan menggunakan tenaga mesin.
  6. Mesin-mesin yang dipakai dalam proses produksi adalah mesin-mesin yang bersifat khusus (special purpose machines).
  7. Karyawan tidak perlu mempunyai keahlian atau skill yang tinggi karena mesin-mesinnya bersifat khusus dan otomatis.
  8. Apabila terjadi salah satu mesin rusak atau berhenti maka seluruh proses produksi terhenti.

Demikianlah informasi mengenai Sifat Produk dari Produksi Massal Adalah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *