Menu

6 Macam Contoh Sumber Bunyi Dalam Kehidupan Sehari-Hari Adalah

Sumber Bunyi Dalam Kehidupan Sehari-Hari  – Bunyi sangat dekat dengan kita. Ada banyak contoh sumber bunyi yang berada di kehidupan kita sehari-hari. Sumber-sumber bunyi itu, tidak dapat dipisahkan dengan gerak dan aktivitas setiap manusia.

Apalagi bagi kamu yang normal, bunyi membuat kita tahu akan sesuatu dan dengan sumber bunyi itulah maka terdapat keindahan tersendiri yang bisa kamu rasakan setiap harinya.

Seperti contohnya pada pagi hari, manfaat bunyi yang kamu rasakan adalah suara ayam, desahan angin, dan burung yang berkicau sambil menikmati teh atau kopi hangat.

Ataukah pada malam hari di area pegunungan, bunyi-bunyi jangkrik dan sejenisnya bisa kamu rasakan yang menambah keheningan malammu untuk sendiri membawa kamu untuk meresapi kehidupan masa lalu dan yang akan kamu lakukan di masa depan.

Sumber bunyi yang lain yang membuat kamu bisa enjoy, dan happy selalu untuk beraktivitas dan membawa semangat yang menggebu-gebu ketika mendengarkan musik. Seperti suara gitar, dan drum yang semakin membuat dadamu berguncang-guncang.

Diantara sumber-sumber bunyi diatas, adalah memang bunyi yang dapat dipahami secara sederhana dan memang bermanfaat dan berperan penting bagi manusia.

Namun tidak hanya itu saja sumber bunyi yang ada disekitar kita. Sebab terdapat sumber-sumber bunyi lainnya yang sangat melekat namun jarang diketahui dan disebutkan.

Pengertian Bunyi dan Sumber Bunyi Adalah? 

Sebelum itu, apasih yang dimaksud dengan bunyi dan sumber bunyi?  Secara umum, arti Bunyi adalah gelombang mekanik yang merambat dalam medium.

Bunyi timbul karena getaran partikel-partikel penyusun medium. Sedangkan untuk pengertian Sumber Bunyi adalah benda yang menghasilkan bunyi.

Ada bunyi yang melintas di sekitar kita, namun sulit untuk didengar oleh manusia. Sumber bunyi ini biasanya hanya mampu ditangkap baik oleh hewan. Sebab indra pendengaran hewan lebih tajam dibandingkan manusia.

Walaupun tidak dipungkiri ada juga manusia yang memiliki kelebihan yang mampu memiliki indra pendengaran yang tajam namun kemampuan ini hanya beberapa saja orang yang memiliki dan terkadang disebut sebagai manusia yang tidak normal dan dapat mengganggu aktivitas sebab bisa memusingkan kepala.

Baca Juga  Pengertian Penginderaan Jauh, Komponen, Jenis, Fungsi & Manfaatnya

Tentunya bagi kita semua tidak ingin merasakan itu. Sebab dengan bunyi mobil saat terjebak macet dijalan ataukah bisingnya cafe dengan permainan musik yang berisik saja,

Sudah membuat kepala ingin pusing apalagi ingin mendengar suara-suara atau bunyi-bunyi yang asalnya entah dari mana.

Dan apakah sumber bunyi itu memang berasal dari hewan atau manusia ataukah makhluk lainnya. Penulis disini bukan maksud untuk menjelaskan atau menceritakan mengenai bunyi-bunyi yang horor yah. 

Melainkan, hanya ingin mendeskripsikan bahwa ada banyak contoh sumber bunyi yang berlalu lalang disekitar kita. Misalnya saja pada malam hari, mengenai adanya bunyi-bunyi tidak jelas, apalagi ditengah keheningan malam yang menyengat. 

Dengan bunyi ini, kamu bisa mengetahui asal dari bunyi itu dimana, dengan bunyi kamu bisa mengetahui posisi dari orang atau hewan atau suatu benda tersebut, dan dengan bunyi kamu bisa mengetahui benda apa yang berbunyi itu. 

Contohnya saja bunyi besi dengan bunyi kayu pada umumnya pastilah berbeda, apalagi dengan bunyi itu kamu dapat dengan mudah membedakan, mana yang besi dan mana yang alumunium. 

Manfaat bunyi sangatlah besar, apalagi bagi orang yang biasa bekerja dalam membuat rumah atau bangunan, hanya dengan mengetuk-ngetuk lantai atau tegel yang akan dikerjakannya, mereka dengan mudah mengetahui bahwa lantai ini kekurangan semen atau campuran. 

Hanya dengan mengetuk-ngetuk isi sesuatu objek tersebut atau permukaannya, dapat dengan mudah mengetahui bahwa masih dan tidak ada lagi ruang yang ada di dalam objek tersebut. 

Melalui manfaat bunyi ini yang begitu besar, dan memang terkesan sederhana, namun memberikan kontribusi besar bagi seluruh makhluk yang ada di bumi ini dan juga di alam semesta. 

Mengapa di alam semesta, sebab tidak sedikit informasi-informasi yang apalagi untuk jaman sekarang mengenai getaran atau gelombang yang diterima oleh pemancar dunia tersebut menerima gelombang dari luar planet bumi.

Baca Juga  Pengertian HAKI adalah, Tujuan & Macam-Macam Haki

Pertanyaan kemudian, darimanakah sumber bunyi ini berasal?… tentunya bunyi ini memiliki sumber sehingga mampu ditangkap oleh pemancar dan juga manusia. Logika demikian sangatlah sederhana, 

Cara Menangkap Bunyi

Sebab apabila ada bunyi, maka terdapat sumber bunyi. Namun pertanyaan kemudian lagi, bagaimanakah kita bisa menerima atau menangkap bunyi itu, sedangkan bunyi itu tidak terlihat, lebih tidak terlihat dari pada angin dan wifi. 

Tentunya, secara sederhana dengan pola pikir yang sangat sederhana pula, dimana setiap apa yang didengar apalagi bunyi tentu memiliki sumber bunyi.

Sedangkan untuk menyederhanakan mengenai bagaimana proses kita dapat mendengar bunyi, apakah dengan telinga?. 

Jawaban ini tidaklah salah, namun tidak sepenuhnya benar. Dalam memahami ini, analogi sederhananya adalah seperti sebuah mengendarai mobil yang memiliki jalan dan tujuan. 

Disini, mobil adalah sebagai bunyi itu sendiri, sedangkan tujuan adalah telinga itu sendiri yang berfungsi sebagai penangkap bunyi,

Sedangkan yang menjadi pembahasan pada point kali ini adalah soal jalan yang menghantarkan mobil sampai ke tujuan yang menghantarkan bunyi sampai ke telinga itu apa?.. 

Tentunya bukan jalan seperti mobil yang berasapal, sebab bunyi memiliki jalan tersendiri untuk bisa sampai didengar oleh manusia, hewan dll. Dalam fisika atau pelajaran IPA atau ilmu pengetahuan alam disebut dengan Medium.

Medium inilah yang menjadi jawaban dalam analogi aspal itu. Melalui medium sumber bunyi itu, dapat menghantarkan gelombang bunyi sampai pada telinga anda.

Terdapat jenis-jenis Medium. Medium terbagi-bagi lagi, zat cair, padat, gas. Jadi, gelombang bunyi dapat merambat misalnya di dalam air, batu bara, atau udara. 

Bunyi merambat di udara dengan kecepatan 1.224 km/jam. Bunyi merambat lebih lambat apabila suhu dan tekanan udara lebih rendah.

Untuk di udara tipis dan dingin pada ketinggian lebih dari 11 km, kecepatan bunyi 1.000 km/jam. Di air, kecepatannya 5.400 km/jam, jauh lebih cepat daripada di udara.

Baca Juga  Pengertian Bunyi Audiosonik, Infrasonik & Ultrasonik Adalah

6 Contoh Sumber Bunyi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

6 Macam Contoh Sumber Bunyi Dalam Kehidupan Sehari-Hari Adalah (Foto: Artikelsiana.com)
6 Macam Contoh Sumber Bunyi Dalam Kehidupan Sehari-Hari Adalah (Foto: Artikelsiana.com)

Telah disebutkan dengan banyaknya penjelasan tentang bunyi dan sumber-sumber bunyi. Beberapa diantara penjelasan diatas juga telah menyebutkan mengenai contoh-contoh sumber bunyi, apabila penjelasan diatas dibaca oleh kita semua. 

Untuk lebih jelasnya mengenai contoh sumber bunyi dapat dilihat dibawah ini: 

1. Biola

Sumber bunyi dari dawai yang digesek. Gesekan pada dawai menyebabkan getaran pada partikel udara dan merambat lewat medium udara berupa gelombang mekanik.

2. Gitar

Sumber bunyi dari dawai yang dipetik dan menggetarkan partikel udara sebagai medium perambatan gelombangnya.

3. Harmonika

Sebagai alat musik, harmonika adalah salah satu sumber bunyi yang mengeluarkan bunyi dengan cara di tiup. 

4. Pipa Organa Seruling

Sumber bunyi dari tiupan udara ke dalam pipa dan menyebabkan partikel udara dalam pipa organa seruling juga ikut bergetar dan merambat melewati medium udara menjadi gelombang mekanik bunyi.

5. Seruling

Alat musik Seruling adalah salah satu sumber bunyi yang bisa mengeluarkan bunyi dengan cara ditiup. 

6. Gendang

Sebagai alat musik, genda adalah salah satu sumber bunyi yang bisa mengeluarkan sumber bunyi dengan cara dipukul.

Sebenarnya ada banyak sumber bunyi yang ada di kehidupan kita sehari-hari, baik itu lima sumber bunyi, sepuluh (10) sumber bunyi atau bahkan 100 contoh sumber bunyi.

Sebab benda-benda yang bisa menghasilkan bunyi maka pasti benda itu adalah sumber sumber bunyi itu sendiri. 

Demikianlah informasi mengenai 6 Macam Sumber Bunyi Dalam Kehidupan Sehari-Hari Adalah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *