Menu

4 Tahapan dalam Penetapan Proses Produksi Barang & Jasa

Tahapan dalam Penetapan Proses Produksi Barang & Jasa – Saat ini, kerap ditemui terdapat perusahaan yang memproduksi barang dan jasa.

Hal ini dilakukan tujuannya semata-mata untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan masyarakat. Namun yang perlu diketahui bersama bahwa,

dalam memproduksi barang dan jasa tersebut diperlukan adanya proses produksi yang dimana terdiri atas tahapan dalam penetapan produksi barang dan jasa.

Akan tetapi, sebelum membahas mengenai proses produksi terkhusus pada tahapan dalam penetapan proses produksi barang dan jasa,

Tahukah anda apasih yang dimaksud dengan dengan proses dan produksi itu? Secara umum, pengertian proses adalah suatu cara, metode maupun teknik untuk penyelenggaraan atau pelaksanaan dari suatu hal tertentu.

Sedangkan definisi dari produksi adalah kegiatan untuk mengetahui penambahan manfaat atau penciptaan faedah, bentuk, waktu dan tempat atas faktor-faktor produksi yang bermanfaat bagi pemenuhan konsumen.

Baca Juga  Pengertian, Penyebab, Jenis, dan Dampak Inflasi

Pengertian Proses Produksi: Apa itu? 

Berdasarkan dari pengertian dua kata tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa yang dimaksud dengan penjelasan proses produksi adalah suatu cara, metode maupun teknik bagaimana penambahan manfaat atau penciptaan faedah, bentuk, waktu dan tempat atas faktor-faktor produksi sehingga dapat bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan konsumen.

Membahas mengenai produksi mengambil kata dari produk yang secara sederhana dapat berwujud barang ataupun jasa.

Yang dimaksud dengan barang disini adalah memiliki wujud tertentu dan mempunyai sifat-sifat fisik, dan ada tenggang waktu antara saat produksi dan yang dikonsumsi.

Sedangkan jasa adalah kebalikannya, yaitu dimana yang dimaksud dengan jasa hasil dari kegiatan produksi yang tidak memiliki wujud tertentu,

Serta tidak memiliki sifat-sifat fisik dan tidak terdapat tenggang waktu antara saat diproduksi dan saat dikonsumsi.

Tahapan Penetapan Proses Produksi Barang & Jasa

4 Tahapan dalam Penetapan Proses Produksi Barang & Jasa (Foto: Artikelsiana.com)
4 Tahapan dalam Penetapan Proses Produksi Barang & Jasa (Foto: Artikelsiana.com)

Dalam penetapan proses produksi barang dan jasa terdapat tahapan atau langkah-langkah yang harus diketahui sebagai teknik untuk proses perencanaan dan kontrol sebuah produk.

Baca Juga  Pengertian Wilayah Formal & Pengertian Wilayah Fungsional

Diketahui dalam penetapan proses produksi barang dan jasa terdapat 4 tahapan seperti Routing, Scheduling, Dispatchin, dan Follow-up.

Adapun penjelasan dari keempat tahapan atau langkah penetapan proses produksi barang dan jasa ini adalah:

1. Tahap Routing

Dalam tahap atau langkah penetapan proses produksi barang dan jasa yang pertama ini, dimana Routing adalah menetapkan dan menentukan urutan-urutan proses produksi dari bahan mentah sampai menjadi produk akhir.

Dalam penentuan urutan ini, perlu diketahui bersama bahwa hal itu sudah mencakup mengenai penyusunan alat-alat yang akan dipergunakan.

2. Tahap Scheduling

Sedangkan untuk tahapan kedua dalam penetapan proses produksi barang dan jasa adalah menetapkan dan menentukan jadwal kegiatan operasi proses produksi yang disenergikan sebagai suatu kesatuan.

Baca Juga  Fungsi Motor Starter & Komponen Motor Starter

Selain itu dalam langkah scheduling, bertujuan untuk mengetahui dan mengawasi penggunaan waktu pada setiap saat pemrosesan produksi, sesuai dengan urutan-urutannya.

3. Tahap Dispatching

Dispatching adalah menetapkan dan menentukan proses pemberian perintah untuk mulai melaksanakan operasi proses produksi yang sudah direncanakan di dalam routing dan scheduling.

4. Tahap Follow-up

Follow-up adalah menetapkan dan menentukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi penundaan dan mendorong terkoordinasinya seluruh perencanaan operasi proses produksi.

Demikianlah informasi mengenai 4 Tahapan dalam Penetapan Proses Produksi Barang & Jasa. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *