Menu

10 Contoh CSR Perusahaan Kecil dan Internasional

10 Contoh CSR Perusahaan Kecil dan Internasional – Sebagai negara di dunia yang mewajibkan dimana setiap korporasi khususnya yang bergerak dalam pengelolaan SDA wajib untuk mengeluarkan dana CSR atau kepanjangannya Corporate Social Responsibility.

Dalam bahasa Indonesia CSR disebut juga sebagai Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Kewajiban perusahaan dalam mengeluarkan CSR memiliki dasar hukum atau aturan dalam UU No. 40/2007 tentang Perseroan Terbatas (UUPT), yang beberapa waktu lalu dikuatkan oleh Mahkamah Konstitusi untuk segera diberlakukan.

Namun berbeda dengan negara maju seperti dari Amerika Serikat dan Eropa Barat, yang ternyata dalam pembagian CSR bersifat sukarela (voluntary).

Jangan salah sangka, walaupun bersifat sukarela ternyata CSR selalu menjadi perhatian bagi perusahaan di negara-negara maju tersebut.

Karena perusahaan yang memberikan dana CSR itu, memang tidak terikat akan tetapi, perusahaan yang menyalurkan CSR nya terikat secara moral dan sosial untuk membagikan sebagian dari keuntungannya untuk kegiatan CSR.

Selain itu, dalam CSR negara maju juga beragam bidang, ada yang bergerak pada isu dunia seperti deforestasi, pencemaran lingkungan, kemiskinan, kesehatan, pendidikan, pemanasan global, dan sebagainya,

Bahkan perusahaan untuk bertanggung jawab pada people, planet, dan profit (3P) itu sendiri melalui CSR.

Permasalahan ini sebenarnya dilakukan melalui perusahaan di negara maju adalah kesulitan dalam menemukan aktivitas CSR yang relevan dengan posisi (visi dan misi) mereka sebagai dunia usaha.

Hal itulah sehingga bagi negara-negara maju ini memiliki tingkat persoalan dan pencemaran lingkungan yang kurang dibandingkan dengan negara berkembang seperti Indonesia yang notabenenya telah mengikat para perusahaan untuk membagikan CSRnya. 

Olehnya itu, menarik dari penjelasan diatas, diantaranya dapat diambil kesimpulan bahwa CSR adalah peluang strategis bagi negara berkembang selain itu, tidak hanya menanamkan kewajiban dengan meningkat secara aturan,

Akan tetapi juga berupaya menanamkan hal itu pada nilai moral dan sosial untuk kepedulian bersama antara masyarakat, pemerintah dan perusahaan. 

Contoh CSR Perusahaan Nasional dan Multinasional

10 Contoh CSR Perusahaan Kecil dan Internasional (Foto: Artikelsiana.com)
10 Contoh CSR Perusahaan Kecil dan Internasional (Foto: Artikelsiana.com)

Bagi yang mempunyai kantor operasi atau kegiatan di negara berkembang, perusahaan ternyata dapat lebih mudah dalam mengeluarkan dana CSR-nya.

Sedangkan untuk di negara kita yakni Indonesia, ada banyak perusahaan multinasional atau perusahaan internasional yang beroperasi dan mengeluarkan CSR-nya. 

Contohnya saja perusahaan Unilever, Newmont, Exxon, Freeport, Philip-Morris International, dan sebagainya. Perusahaan multinasional,

Ada banyak kegiatan-kegiatan CSR yang dilakukan perusahaan seperti pengembangan masyarakat (community development), tanggap darurat/bencana, bantuan kesehatan dan pendidikan, jauh sebelum UUPT diberlakukan.

Baca Juga  Pembagian Kekuasaan Negara Secara Horizontal dan Penjelasannya

Selain perusahaan internasional atau multinasional, juga terdapat perusahaan nasional atau perusahaan yang disebut dengan BUMN,

Diketahui perusahaan BUMN ini memiliki dasar hukum sebagaimana dalam Peraturan Menteri BUMN No. PER-05/MBU/2007, tentang Program Kemitraan Badan Usaha Milik Negara dengan Usaha Kecil dan Bina Lingkungan.

Secara umum, peraturan ini mengatur syarat dan mekanisme alokasi dana kemitraan BUMN dan bina lingkungan yang bersumber dari penyisihan laba perseroan untuk kepentingan masyarakat.

Selain kemitraan BUMN dan bina lingkungan, beberapa BUMN besar secara terpisah juga menyelenggarakan program CSR sebagai bagian dari pengembangan citra perusahaan dan pengamanan rantai psok (supply chain) bisnis mereka.

Pada gilirannya, dapat dipastikan bahwa dana CSR merupakan salah satu alternatif sumber dana yang luar biasa besar ketika UUPT secara efektif diberlakukan.

Contoh CSR Perusahaan Multinasional

Adapun perusahaan atau badan usaha yang bergerak di berbagai negara atau Multinasional terdapat beberapa nama yang mempunyai CSR yang besar dan disalurkan berbagai negara dengan berbagai bidang tertentu. Adapun contoh-contoh CSR perusahaan multinasional adalah:

1. Bloomberg

Contoh perusahaan internasional atau multinasional adalah Bloomberg Philantropies. Perusahaan ini adalah kerajaan media Bloomberg. Perusahaan internasional ini bergerak pada peningkatan taraf hidup dalam berbagai aspek.

Khususnya dalam perubahan lingkungan yang mengeluarkan CSR nya dengan cara pengembangan energi bersih serta membangun kota-kota yang berkelanjutan.

Tidak hanya itu, perusahaan ini juga meningkatkan kesehatan publik dengan pencegahan kegemukan, pengendalian distribusi tembakau serta keselamatan di jalan.

2. Google

Berdasarkan data dari Reputation Institute, bahwa google pernah menduduki puncak terlama yang mendunia dalam melakukan program-program CSR-nya.

Penerapan transparansi dilingkungan kerja dengan menomorsatukan perilaku yang baik menjadi program andalan perusahaan raksasa yang satu ini.

3. Disney

Sebagai perusahaan yang terkenal dengan berbagai komik dan film yang diproduksinya, ternyata perusahaan multinasional atau perusahaan asing ini sering mengeluarkan CSR nya.

Publikasi CSR yang dilakukan Disney ini dilakukan pada peningkatan standar kesejahteraan buruh, hidup sehat, perlakuan adil di lingkup kerja hingga komunitas. Contoh dari program yang diterapkan adalah standarisasi toleransi tingkat emisi pada taman-taman hiburan.

4. Duracell

Selain itu, terdapat posisi keempat yang diisi oleh Duracell. Sebagai perusahaan yang bergerak dalam memproduk baterai yang dikenal ternama.

Diketahui perusahaan ini mempunyai PowerForward program yang dirancang untuk membantu dimana terdapat suatu daerah-daerah yang terkena bencana.

Baca Juga  Macam-Macam Gelombang Bunyi Berdasarkan Frekuensi

Contohnya saja pada tahun 2011 lalu yang diketahui telah membagikan hampir setengah juta baterai yang dilakukan secara cuma-cuma bagi sekitar 34 ribu keluarga yang membutuhkan.

Bantuan diketahui juga memberikan akses internet dan tempat untuk mengisi ulang gadget sehingga dapat berkomunikasi dengan keluarga dan kerabat.

5. Lego

Produsen mainan edukasi ini mempunyai citra yang baik dalam perilaku kerja yang etis, pelaksanaan bisnis yang adil, dan beroperasi setransparan mungkin.

Lego mempunyai 2 program seperti Build the Change da Sustainable Materials Center dan bekerja sama dengan WWF untuk mendorong lebih banyak lingkungan yang berkelanjutan.

Perusahaan ini juga berkomitmen pada tahun 2030 nanti akan memproduksi produknya dengan memakai bahan-bahan yang lebih ramah lingkungan.

Contoh CSR Perusahaan Nasional

Selain contoh perusahaan multinasional, ternyata ada banyak juga perusahaan nasional atau di Indonesia yang melakukan CSR juga dalam bidang tertentu. Adapun contoh perusahaan nasional itu adalah:

1. Danone AQUA

Sebagia perusahaan air minum, Aqua memberikan perhatian besar dalam CSR. Hal itu dapat disaksikan pada tahun 2005 dengan melaksanakan Program Aqua Lestari.

Program Aqua ini diketahui sebagai sustainable initiative. Perspektif pengelolaan dampak pun mulai terlihat. Danone melakukan kajian perhatian pemangku kepentingan serta isu yang harus ditangani perusahaan.

Seperti dari aspek transportasi, pengelolaan limbah, akses air, konservasi, program pengembangan masyarakat dan lainnya.

Di pihak internal sendiri masing-masing Departemen mulai bergerak menggarap dampak eksternalitas maupun peluang untuk memperbesar kontribusi positif yang terkait dengan aktivitasnya.

Selain itu terdapat program yang disebut dengan Aqua 1 untuk 10. Program ini dimulai sejak tahun 2006. 

Dalam program ini, Aqua mengambil peran terhadap tantangan mengambil peran strategis implementasi CSR Danone Aqua.

Pada tahun 2006, Danone Aqua bekerjasama Danone Wetland dan UNESCO membuat program pengenalan pendidikan lingkungan kepada siswa Sekolah Dasar melalui permainan Ramsar.

Permainan berbentuk ular tangga dan monopoli yang isinya mengenai pengetahuan lingkungan. Program ini diketahui melibatkan dinas pendidikan dan sekolah-sekolah di daerah.

2. PT Telkom Indonesia

Sebagai perusahaan telekomunikasi di Indonesia, PT Telkom Indonesia menyalurkan CSR nya dengan menjalankan program Indonesia Digital Learning (IDL).

Diketahui bahwa program ini mendorong terjadinya perubahan paradigma digital untuk guru yang ada diseluruh Indonesia.

Melalui program CSR ini, PT Telkom Indonesia mendapatkan penghargaan sebagai The Best Program oleh The La Tofi School of CSR Program IDL dinilai CSR terbaik sebab memberikan pengaruh positif terhadap perubahan kehidupan komunitas guru di Indonesia.

Baca Juga  Manfaat Perdagangan Internasional

Sebab IDL mampu meningkatkan kompetensi, keterampilan dan kualitas pengajar lewat pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (ICT).

Hal ini jugalah yang para dewan juri yang beranggotakan Chairman The La Tofi School of CSR La Tofi, Direktur Eksekutif Komisi CSR Nasional Wahyu Aris Darmono, dan Guru Besar Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia Ibnu Hamad memberikan PT Telkom sebagai perusahaan nasional yang memiliki program CSR terbaik pada tahun 2016.

3. PT Unilever Indonesia

PT.Unilever Indonesia telah banyak melakukan beberapa program CSR (Corporate Social Responsibility) sebagai bentuk tanggung jawab yang tinggi terhadap masyarakat,

Secara berkelanjutan tidak hanya program korporasi tetapi juga pada brand yang merupakan produk rumah tangga.

Sukses Unilever tidak dapat diraih tanpa kepercayaan masyarakat.Program CSR yang sudah dilakukan PT.Unilever diantaranya adalah Kampanye cuci tangan dengan sabun (Lifeboy),

Program edukasi kesehatan gigi dan mulut (Pepsodent) dan Program pelestarian makanan tradisional (Bango) dan masih banyak lagi.

Sementara dalam bidang korporasi, di bawah payung Yayasan Unilever Indonesia, telah menjalankan tanggung jawab perusahaannya dalam bidang: Program pemberdayaan masyarakat/UKM (Program Pemberdayaan Petani Kedelai Hitam), program edukasi kesehatan masyarakat (Pola Hidup Bersih dan Sehat/PHBS).

4. PT Semen Gresik

PT Semen Gresik, salah satu operating company PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, kembali meluncurkan program tanggung jawab sosial (corporate social responsibility/CSR) unggulan 2017 untuk memberdayakan dan mendorong kemandirian masyarakat di sekitar perusahaan. Lima program CSR terbaik unggulan PT Semen Gresik Tahun 2017.

5. PT PJB (Pembangkitan Jawa Bali)

Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu program yang di buat untuk menjadi jembatan bagi Perusahaan dan masyarakat sekitar untuk berkomunikasi.

Aktivitas CSR perusahaan ini menggelar program bernama Akademi Komunitas. Program ini menyalurkan pendidikan gratis D1 kelistrikan untuk masyarakat yang berada di sekitar Unit Pembangkit.

Tidak hanya itu, perusahaan nasional ini juga membantu mengurangi tingkat kemiskinan dan pengangguran dengan cara memberikan pekerjaan di Unit Pembangkit setelah lulus dari pendidikan D1 kelistrikan.

Demikianlah informasi mengenai 10 Contoh CSR Perusahaan Kecil dan Internasional. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *