Menu

Pengertian Emosi & Macam-Macam Emosi Dalam Psikologi

Pengertian Emosi & Macam-Macam Emosi – Ada banyak orang yang menyesal setelah melakukan tindakan yang fatal atau berlebihan.

Tindakan itu tentunya tidak asing bagi kita semua, seperti tindakan mengamuk atau merusak, yang dipicu karena adanya kemarahan tak terbendung.

Ada beberapa orang yang mengetahui dirinya sedang marah atau sedih. Namun ada juga yang tidak mengetahui mengapa sampai-sampai melakukan hal yang tidak pantas.

Biasanya tindakan yang dilakukan dan sering terjadi pada seseorang adalah marah.

Marah dan sedih merupakan bentuk-bentuk dari emosi yang perlu di waspadai bagi seluruh manusia.

Bagi anda yang pernah emosi, atau melihat dan merasakan seseoran emosi di sekitar kamu,

Tentunya kata yang akan kalian keluarkan dan atau kata yang akan kalian dengar adalah “Sabar mas”, “sudah-sudah, maafkan saja”, “Tidak usah nyolot”, “Biasa aja mba”.

Ada banyak kata atau kalimat yang terlontar ketika terdapat orang yang sedang emosi yang tujuan dan fungsinya untuk menenangkan.

Untuk emosi sendiri yang biasa disebut-sebut di masyarakat, biasa diartikan dengan konotasi negatif, apalagi kalau bukan marah.

Namun perlu diketahui bersama bahwa, terdapat jenis atau macam-macam emosi, ada yang sifatnya negatif dan ada juga yang sifatnya positif.

Marah hanyalah salah satu jenis dari emosi negatif seperti halnya benci, ngeri, waspada, jijik dll.

Baca Juga  Fungsi Teks Editorial & Jenis-Jenis Teks Editorial

Sedangkan untuk emosi yang sifatnya negatif seperti takjub, gembira, heran, menerima dan senang.

Dengan melihat banyaknya contoh-contoh emosi yang biasa anda rasakan atau anda lihat,

Bisa dikatakan bahwa emosi memegang perang penting dalam interaksi sosial yang terjadi di lingkungan kita.

Mengapa demikian. Sebab coba kita bayangkan bagaimana hubungan antar sesama antar orang terkasih tanpa disertai dengan emosi.

Betapa bosannya komunikasi tersebut, karena hanya mengeluarkan ekspresi datar tanpa adanya gelombang perasaan yang terjadi hingga diekspresikan.

Walaupun demikian, ekspresi emosi meledak-ledak tak dapat diterima oleh masyarakat.

Itulah sebabnya mengapa diperlukan pengendalian emosi. Manfaatnya bukan cuma untuk mengurangi ekspresi emosi yang tidak diharapkan,

Akan tetapi juga digunakan untuk mengendalikan beberapa bentuk emosi yang sering kali menyulitkan kita sendiri, seperti kemarahan, kecemasan, rasa bersalah, dan juga cinta romantis.

Olehnya itu, dalam meluruskan beberapa konotasi tentang emosi dan macam-macam emosi yang hanya diartikan marah saja atau sedih saja, dibawah ini banyak tidaknya akan mengupas masalah tersebut:

Pengertian Emosi: Apa itu?

Pengertian Emosi & Macam-Macam Emosi Dalam Psikologi (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Emosi & Macam-Macam Emosi Dalam Psikologi (Foto: Artikelsiana.com)

Secara etimologi, yang dimaksud dengan istilah emosi pada dasarnya berasal dari kata emotus atau emovere atau mencerca (to stir up).

Arti dari kata ini adalah sesuatu yang mendorong terhadap sesuatu,

Contohnya adalah emosi gembira mendorong untuk tertawa, atau dengan perkataan lain emosi dapat diartikan suatu keadaan gejolak penyesuaian diri yang berasal dari dalam dan melibatkan hamper keseluruhan diri individu.

Baca Juga  Pengertian Norma Menurut Para Ahli

Menurut pendapat dari Sarlito Wirawan Sartono bahwa emosi adalah setiap keadaan pada diri seseorang yang disertai warna afekti.

Yang dimaksud warna efektif ini adalah perasaan-perasaan tertentu yang dialami pada saat menghadapi (menghayati) suatu situasi tertentu contohnya: gembira, bahagia, takut dan lain-lain.

Apabila merujuk pada definisi dari Goleman, bahwa bahasa bahasa emosi merujuk pada suatu perasaan atau pikiran.

Pikiran khasnya, suatu keadaan biologis dan psikologis serta rangkaian kecenderungan untuk bertindak.

Berdasarkan pendapat dari para ahli di atas maka dapat disimpulkan, bahwa pengertian emosi secara umum adalah keadaan yang kompleksi berupa perasaan atau pikiran yang di tandai oleh perubahan biologis yang muncul dari perilaku seseorang.

Macam-Macam Emosi

Emosi dapat dikelompokkan ke dalam dua bagian, yaitu emosi sensoris dan emosi kejiwaan (psikis).

1. Emosi Sensoris

Yang dimaksud dengan Pengertian Emosi Sensoris adalah emosi yang terjadi dari adanya rangsangan dari luar terhadap tubuh, contohnya adalah rasa akan kenyang, manis, sakit, dingin dan lapar.

2. Emosi Psikis

Sedangkan untuk arti dari Emosi Psikis adalah emosi yang mempunyai alasan–alasan kejiwaan. Dalam Emosi psikis terbagi atas beberapa macam yaitu:

  • Perasaan Intelektual, yaitu yang mempunyai sangkut paut dengan ruang lingkup kebenaran. Perasaan ini diwujudkan dalam bentuk seperti Rasa gembira karena mendapat suatu kebenaran, Rasa yakin dan tidak yakin terhadap suatu hasil karya ilmiah, Rasa puas karena dapat menyelesaikan persoalan – persoalan ilmiah yang harus dipecahkan.
  • Perasaan Sosial adalah perasaan tentang hubungan dengan orang lain, baik bersifat perorangan dan kelompok. Wujud perasaan ini seperti Simpati, Rasa solidaritas, Persaudaraan (ukhuwah), Kasih sayang, dan sebagainya.
  • Perasaan Susila, yaitu perasaan yang berhubungan dengan nilai-nilai baik dan buruk atau etika (moral). Contohnya adalah Rasa tentram dalam mentaati norma, Rasa tanggung jawab (responsibility), Rasa bersalah apabila melanggar norma.
  • Perasaan Keindahan (estetis), yaitu perasaan yang berkaitan erat dengan keindahan dari sesuatu, baik bersifat kebendaan ataupun kerohanian
  • Perasaan Ketuhanan, yaitu merupakan kelebihan manusia sebagai makluk Tuhan, dianugrahi fitrah (kemampuan atau perasaan) untuk mengenal Tuhannya. Dengan kata lain, manusia dianugerahi insting religius (naluri beragama). Karena memiliki fitrah ini, maka manusia di juluki sebagai “Homo Divinans” dan “Homo Religius” atau makluk yang berke-Tuhan-an atau makhluk beragama.
Baca Juga  Dampak Akibat Konflik Sosial Positif & Negatif

Demikianla informasi mengenai Pengertian Emosi dan Macam-Macam Emosi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *