Menu

Manfaat CSR Bagi Masyarakat, Pemerintah & Perusahaan

Manfaat CSR Bagi Masyarakat, Pemerintah & Perusahaan – Perkembangan CSR di Indonesia bisa disaksikan dalam 2 perspektif yang berbeda.

Untuk yang pertama, terdapat pelaksanaan CSR sebagai praktik bisnis yang dilakukan secara sukarela atau disebut dengan discretionary business practices.

Sedangkan yang kedua adalah pelaksanaan CSR yang bukan lagi sebagai discretionary business, namun hal ini bukan lagi karena telah diatur dalam undang-undang yang bersifat mandatory.

Hal ini bisa dilihat dari Badan Usaha Milik Negara atau disingkat BUMN. Diketahui bahwa BUMN mempunyai kewajiban yang berfungsi untuk menyisihkan sebagian laba.

Penyisihan sebagian laba ini diperuntukkan untuk menunjang kegiatan sosial misalnya pemberian modal bergilir untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Selain itu, untuk CSR di Indonesia dapat pula ditinjau dari segi dasar hukum pelaksanaannya.

Dimana secara konseptual, terdapat hal yang perlu dipilah antara pelaksanaan CSR yang dipakai oleh perusahaan besar seperti perusahaan berbentuk korporasi.

Selain itu, pelaksanaan CSR oleh perusahaan kecil dan menengah atau disebut dengan small medium enterprise atau disingkat SME.

Namun pernahkah anda bertanya-tanya tentang alasan perusahaan melaksanakan CSR secara berkelanjutan, apakah terdapat manfaat yang dirasakan oleh perusahaan,

Padahal perusahaan menyisihkan sebagian keuntungannya untuk dibagikan kepada masyarakat ataupun pemerintah. 

Secara sederhana, program CSR yang dilakukan perusahaan kecil maupun besar atau yang multinasional sekalipun ternyata memberi dampak positif.

Baca Juga  Tugas Dan Wewenang MPR (Majelis Permusyawaratan Rakyat)

Dampak positif atau menguntungkan itu dapat dinikmati oleh perusahaan dan seluruh stakeholder.

Dengan CSR, maka kesejahteraan dan kehidupan sosial ekonomi masyarakat lokal maupun masyarakat luas akan lebih terjamin.

Dampak dari hasil ini ternyata menjamin kelancaran seluruh proses atau aktivitas produksi perusahaan serta pemasaran hasil-hasil produksi perusahaan.

Diketahui pula bahwa dengan CSR akan memberikan keuntungan bagi kelestarian lingkungan dan alam sekitar,

Apabila demikian, apa yang membuat keuntungan dan manfaat bagi perusahaan apabila terjadi demikian.

Manfaat yang dirasakan perusahaan adalah terjaminnya kelancaran proses produksi dan ketersediaan pasokan bahan baku produksi yang diambil dari alam.

Ketika betul dilaksanakan dengan benar, maka manfaat yang dirasakan adalah memperkuat atau meningkatkan akumulasi modal sosial dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Seperti kepercayaan, kohesifitas, altruisme, gotong royong, jaringan dan kolaborasi sosial yang diketahui mempunyai pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi.

Bagi masyarakat, manfaat itu bisa meningkatkan rasa tanggung jawab terhadap kepentingan publik, meluasnya partisipasi dalam proses demokrasi,

Selain itu dapat menguatkan keserasian masyarakat dan menurunnya tingkat kekerasan dan kejahatan.

Melalui manfaat ini, maka dilakukan pembuatan Perda CSR, pihak DPRD atau pemerintah terkadang tidak memperhatikan pihak yang menjadi objek yang dikenai tanggungjawab Perda, dalam hal ini perusahaan.

Baca Juga  Jelaskan 6 Karakteristik Administrasi & Fungsi Administrasi

Seharusnya pemerintah memahami konstruksi berpikir perusahaan, sebab karena akan menjadi kontradiktif pada satu sisi daerah berupaya menarik investor,

Untuk menanamkan modalnya, sedangkan diberbagai aspek akan akibat terlalu banyaknya aturan, biaya formal atau informal, ternyata dapat membuat investor enggan menanamkan investasinya.

Jikapun Pemda ingin membenahi pola pelaksanaan CSR perusahaan, salah satu langkanya adalah melakukan koordinasi dan sinkroisasi program yang sejalan didasarkan basis data dan kebutuhan yang terukur.

Selain itu pemerintah wajib melakukan evaluasi sejauhmana pelaksanaan CSR yang perusahaan lakukan, sudah memberdayakan masyarakat lokal atau malah membuat dependensi baru,

Lalu Pemda memberikan catatan perbaikannya dalam bentuk rekomendasi yang sifatnya berkelanjutan.

Manfaat CSR Bagi Masyarakat, Pemerintah & Perusahaan (Foto: Artikelsiana.com)
Manfaat CSR Bagi Masyarakat, Pemerintah & Perusahaan (Foto: Artikelsiana.com)

Melalui hal ini, maka ada banyak manfaat CSR bagi masyarakat, pemerintah dan perusahaan. Adapun manfaat itu adalah:

Manfaat CSR Bagi Masyarakat

Menurut Clark (2000) bahwa terdapat hubungan masyarakat (PR) dengan komunikasi yang efektif dan manajemen hubungan dalam penerapan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) akan diperoleh banyak manfaat bagi komunitas, dalam bentuk:

  1. Keahlian komersial.
  2. Representasi bisnis sebagai promosi bagi prakarsa-prakarsa komunitas.
  3. Kompetensi teknis dan personal individual pekerja yang terlibat.
  4. Peluang penciptaan kesempatan kerja, pengalaman kerja, dan pelatihan.
  5. Pendanaan investasi komunitas, pengembangan infrastruktur.
Baca Juga  Dapatkah Kekuasaan Konstitutif Mengadili Pelaku Tindak Kejahatan

Manfaat CSR Bagi Pemerintah

Kehadiran CSR cukup banyak memberikan manfaat yang menguntungkan bagi pemerintah. Adapun macam-macam bentuk manfaat tersebut adalah:

  1. Dukungan keahlian, melalui keterlibatan personil perusahaan utamanya pada kegiatan pengembangan kapasitas masyarakat.
  2. Dukungan pembiayaan, utamanya karena keterbatasan anggaran pemerintah untuk membiayai pembangunan yang berkaitan dengan penanggulangan kemiskinan.
  3. Adanya dukungan sarana dan prasarana (ekonomi, kesehatan, pendidikan/pelatihan, tempat ibadah, sarana olahraga, kesenian, dll.), baik yang (sudah) dimiliki maupun yang dibangun melalui kegiatan CSR.
  4. Keterlibatan pegiat LSM dalam kegiatan CSR, merupakan sumber belajar, utamanya dalam menumbuhkan, menggerakkan, dan memelihara partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

Manfaat CSR Bagi Perusahaan

Menurut Untung (2008), menyatakan bahwa CSR mempunyai manfaat bagi perusahaan adalah:

  1. Meningkatkan Peluang untuk mendapatkan penghargaan.
  2. Memperbaiki hubungan dengan stakeholders.
  3. Memperbaiki hubungan dengan regulator.
  4. Melebarkan akses sumber daya bagi operasi sosial.
  5. Membuka peluang pasar lebih luas.
  6. Mempertahankan dan mendongkrak reputasi serta citra merek perusahaan.
  7. Mendapatkan lisensi untuk beroperasi secara sosial.
  8. Meningkatkan semangat dan produktivitas karyawan.
  9. Mereduksi resiko bisnis perusahaan.
  10. Mengurangi biaya, contohya biaya yang terkait dengan dampak pembuangan limbah.

Demikianlah informasi mengenai Manfaat CSR Bagi Masyarakat, Pemerintah & Perusahaan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *