Menu

Kepanjangan CSR Adalah, Fungsi & Tujuan CSR

Kepanjangan CSR Adalah, Fungsi & Tujuan CSR – Di dunia usaha ataupun organisasi bisnis pastinya kita tidak asing lagi mendengar istilah CSR, selain diatur dalam aturan atau UU sebagai dasar hukum CSR, 

Juga CSR sangat penting kaitannya dengan perusahaan atau organisasi bisnis karena memang setiap perusahaan harus mempunyai tanggung jawab terhadap lingkungan,

Ataupun masyarakat melalui berbagai kegiatan yang tujuannya untuk mengembangkan lingkungan serta memperbaiki kehidupan masyarakat hingga pada proses pembangunan ekonomi.

Bisnis yang terlibat dalam upaya CSR aktif memperhatikan cara mereka beroperasi di dunia untuk menggabungkan menangani masalah budaya dan sosial, dengan tujuan menguntungkan kedua-duanya dalam proses tersebut.

Model CSR tidak hanya dapat meningkatkan bisnis dan pendapatan, tetapi juga mempromosikan perubahan dan kemajuan di seluruh dunia, yang seringkali melibatkan membantu orang dengan sedikit atau tanpa sumber daya.

CSR dipandang berbeda dengan filantropi. Saat diterapkan dengan benar, maka akan tertanam dalam nilai-nilai dan budaya perusahaan yang bermanfaat bagi cara perusahaan melakukan bisnis.

Selain itu, upaya ini perlu dilekatkan pada misi dan pesan organisasi, disamping juga memegang peran penting dalam pemasaran dan periklanan.

Perusahaan harus menyadari bahwa mempromosikan model CSR mereka hanya menguntungkan perusahaan jika mereka sudah bertindak sesuai rencana mereka.

Kalau tidak, secara keliru mengklaim membawa perubahan sosial kepada mereka yang membutuhkan dapat menyebabkan publikasi yang buruk.

Bisnis yang mengabaikan tanggung jawab sosial perusahaan berisiko terhadap laba dan merek mereka.

Mempunyai reputasi buruk secara sosial dan lingkungan dapat menciptakan efek negatif serius pada keseluruhan profitabilitas dan kesuksesan perusahaan,

Baca Juga  Letak Astronomis Singapura & Letak Geografis Singapura (Gambar Peta)

Sebab saat ini konsumen ingin menghabiskan uang mereka untuk produk dan layanan yang mereka yakini,

Dan terlibat dengan perusahaan yang mengikuti praktik etis yang memenuhi kebutuhan mereka. keyakinan sendiri.

Kepanjangan CSR

Kepanjangan CSR Adalah, Fungsi & Tujuan CSR (Foto: Artikelsiana.com)
Kepanjangan CSR Adalah, Fungsi & Tujuan CSR (Foto: Artikelsiana.com)

Sebelum membahas terlalu jauh mengenai CSR tahukah anda apasih kepanjangan CSR itu?. Kepanjangan CSR adalah Corporate Social Responsibility

Diatas tersebut, merupakan arti CSR dalam bahasa Inggrisnya. Sedangkan untuk arti Indonesia, CSR adalah Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.

Hadirnya CSR merupakan tujuan bagi perusahaan untuk peduli kepada masyarakat. Sehingga jalinan perusahaan kepada masyarakat tidak hanya menawarkan keuntungan bagi perusahaan secara ekonomi,

Melainkan juga memberikan tanggung jawab bersama untuk menyisihkan sebagian keuntungan (profit) bagi kepentingan pembangunan manusia dan lingkungan secara berkelanjutan melaluii prosedur yang tepat dan profesional.

Pengertian CSR

Secara umum, CSR bisa didefinisikan sebagai komitmen perusahaan untuk berperan dalam peningkatan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi perusahaan, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya.

Selain itu, apabila menurut pengertian dari pendapat organisasi dan para ahli seperti The World Business Council for Sustainable Development (WBCSD) dan World Bank.

Menurut kedua lembaga internasional ini menyampaikan bahwa yang dimaksud dengan CSR adalah komitmen bisnis untuk berkontribusi dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan, bekerjasama dengan karyawan, keluarga karyawan dan masyarakat setempat (lokal) dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan.

Tujuan CSR

Melihat peran penting dari CSR diatas yang digunakan untuk masyarakat, dll. Maka menurut Satyo (2001) yang memparkan mengenai apa yang memotivasi perusahaan sehingga mengeluarkan CSR,

Baca Juga  Dasar Pembentukan Badan Sistem Jaminan Sosial Nasional

Selain dari adanya aturan atau undang-undang mengenai CSR yang ditetapkan pemerintah Indonesia, selain itu terdapat tiga hal yang menjadi tujuan perusahaan. Adapun tujuan CSR itu adalah:

  1. Corporate Charity adalah dorongan amal dari adanya motivasi keagamaan.
  2. Corporate Philanthrophy adalah adanya dorongan kemanusia yang sumbernya berasal dari normba dan etika umum seperti menolong sesama dan memperjuangkan pemerataan sosial.
  3. Corporate Citizensip adalah motivasi kewargaan yang dilakukan semata-mata dalam mewujudkan keadilan sosial menurut prinsip keterlibatan sosial.

Alasan itu semakin diperkuat oleh Keraf (1998) bahwa memang perusahaan perlu terlibat dalam kondisi sosial yang terjadi.

Sebab terdapat 5 hal pertimbangan yang disebutkan keraf sehingga perusahaan harus mengeluarkan CSRnya seperti

  1. Perusahaan tidak hanya berpusat pada keuntungan saja, melainkan juga memperhatikan kebutuhan dan harapan masyarakat semakin berubah, masyarakat semakin kritis dan peka terhadap produk yang akan dibelinya.
  2. Dengan sumber daya alam yang terbatas, maka diharapkan perusahaan harus memelihara dan berpihak.
  3. Lingkungan sosial yang lebih baik, lingkungan sosial akan mendukung keberhasilan bisnis untuk waktu yang panjang, semakin baik lingkungan sosial dengan sendirinya akan memperbaiki iklim bisnis yang ada.
  4. Perimbangan tanggung jawab dan kekuasaan, kekuasaan yang terlalu besar apabila tidak diimbangi dan dikontrol dengan tanggung jawab sosial akan menyebabkan bisnis menjadi kekuatan yang merusak masyarakat.
  5. Keuntungan jangka panjang, dengan tanggung jawab dan keterlibatan sosial tercipta suatu citra positif di masyarakat, sebab terciptanya iklim sosial politik yang kondusif bagi kelapangan bisnis perusahaan tersebut.

Fungsi dan Manfaat CSR

Era dunia yang terus merambah kepada konsumen milenial, yang terus tumbuh, maka sangat penting bagi perusahaan dalam meningkatkan citra yang baik di masyarakat.

Baca Juga  Pengertian Bitmap & Vektor Serta Perbedaannya

Salah satunya adalah dengan mengeluarkan CSRnya, dengan model tanggung jawab sosial sebagai satu segmen pasar terbesar.

Sebab di era ini, generasi Milenial adalah generasi yang tahu betul tentang teknologi. Para generasi milenial paham akan catatan etik serta pratik untuk memilih dimana dia akan bekerja nantinya.

Sebab menurut Survei Deliotte bahwa terdapat 70% dimana CSR mempengaruhi pilihan bagi generasi milenial untuk bekerja di suatu perusahaan.

Olehnya itu, dengan memanfaatkan CSR maka, dapat menarik para generasi milenial yang merupakan tenaga-tenaga kreatif dengan bakat yang luar biasa,

Yang mampu meningkatkan perusahaan dalam hal varian produksi dan tenaga yang segar. Selain sebagai pekerja, juga diketahui Milenial lebih memilih membeli produk dan layanan yang memiliki keberadaan CSR yang baik.

Melihat fungsi dan manfaat CSR diatas, bisa dikatakan bahwa ketika perusahaan mengeluarkan CSR sebenarnya sangat menguntungkan bagi perusahaan, karena mampu meningkatkan popularitas dan pembelian secara berkelanjutan.

Selain dari fungsi dan manfaat diatas, terdapat pula fungsi dan manfaat CSR yang menguntungkan bagi perusahaan antara lain:

  1. Meningkatkan citra perusahaan
  2. Memperkuat brand merk perusahaan dimata masyarakat
  3. Membedakan perusahaan tersebut dengan para pesaingnya
  4. Memberikan inovasi bagi perusahaan.
  5. Mengembangkan kerja sama dengan perusahaan lain

Demikianlah informasi mengenai Kepanjangan CSR Adalah: Fungsi dan Tujuan CSR. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *