Menu

Kepanjangan ASEAN, Arti, Tujuan & Anggota ASEAN

Kepanjangan ASEAN, Arti, Tujuan & Anggota ASEAN – Dunia internasional tengah mengalami persaingan pada tahun 1945 hingga 1965.

Saat itu, terdapat dua kekuatan besar yang saling bersaing diantaranya Blok Barat yang dipimpin Amerika Serikat dan Blok Timur yang dipimpin Uni Soviet.

Persaingan yang berlangsung lama memuncak hingga ditandainya pembentukan pakta pertahanan. Macam-macam pakta tersebut adalah Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) oleh Amerika Serikat dan sekutunya, dan Pakta Warsawa oleh Uni Soviet dan satelit-satelitnya.

Persaingan kedua negara adikuasa ini bukan main-main sebab seluruh aspek persaingan baik itu ideologi, politik dan ekonomi, serta sosial budaya.

Begitu pula persaingan dalam pembesaran wilayah yang terus meluas hingga ke kawasan-kawasan lain baik itu dari asia hingga di Pasifik. 

Tidak hanya sekedar meluaskan wilayahnya, negara adikuasa itu juga memunculkan organisasi-organisasi yang berpihak untuk salah satu dari dua kekuatan dunia itu. 

Begitu juga terjadi di Asia Tenggara. Ada yang mengatakan bahwa Asia tengara juga turut andil dalam membuat berdirinya organisasi untuk memilih dua diantara negara adidaya itu,

Seperti, ASA, SEATO dan ASEAN yang disebut-sebut sebagai pro Amerika Serikat dan Persekutuan Indocina yang pro Uni Soviet. 

Baca Juga  Manfaat CSR Bagi Masyarakat, Pemerintah & Perusahaan

Sejak awal, kerja sama regional yang terjadi di Asia Tenggara di latar belakangi dari adanya dorongan oleh negara-negara barat untuk persaingan Timur-Barat.

Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya perang, sebab tidak ada satu kawasan pun di dunia yang tidak terpengaruh oleh bentuk-bentuk persaingan antara kedua negara adikuasa itu.

Untuk wilayah Asia-Pasifik diawali dari adanya hegemoni Amerika Serikat yang sejak berakhirnya Perang Dunia II belum berubah; dan setelah perang besar itu selesai ia didukung oleh Jepang yang paling dapat diandalkan di kawasan itu.

Asia Tenggara bukanlah suatu kawasan yang amat penting bagi Amerika Serikat dan juga dari Uni Soviet.

Walaupun cukup berarti sebagai jalur lalu-lintas laut untuk perpindahan armada perang kedua adikuasa dari Samudera Hindia ke Samudera Pasifik dan sebaliknya, dan bagi jalur suplai energi dan perdagangan Jepang.

Melalui pandangan demikian, dalam pembentukan ASEAN dapat berlangsung sebab dilatar belakangi dari kekuatan antara Amerika Serikat, Uni Soviet dan China bergeser dari wilayah ASEAN ke Indo China,

Sedangkan dukungan Amerika Serikat dan Jepang terhadap ASEAN tidak dilihat sebagai ancaman langsung oleh lawannya sehingga kedua raksasa komunis itu tidak berusaha menggagalkannya.

Kepanjangan ASEAN?

Kepanjangan ASEAN, Arti, Tujuan & Anggota ASEAN (Foto: Artikelsiana.com)
Kepanjangan ASEAN, Arti, Tujuan & Anggota ASEAN (Foto: Artikelsiana.com)

ASEAN merupakan kepanjangan dari Association of South East Asian Nations. ASEAN untuk arti kepanjangannya dalam bahasa Indonesia diartikan Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara.

Baca Juga  Pengertian Stomata Adalah: Ciri, Fungsi Stomata, Tipe & Letaknya

Arti ASEAN: Apa itu?

Yang dimaksud dengan Arti ASEAN adalah organisasi regional yang dibentuk oleh 5 negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Muangthai yang dilakukan melalui Deklarasi ASEAN atau Deklarasi Bangkok. 

Dalam deklarasi ini ditandatangi oleh kelima Menteri Luar Negeri negara tersebut pada 8 Agustus 1967 di Bangkok. Saat itu juga, dinyatakan mengenai tujuan didirikannya ASEAN. 

Saat itu, tujuan didirikannya ASEAN adalah untuk meletakkan dasar-dasar yang kokoh bagi usaha kerjasama regional dalam usaha mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan pengembangan kebudayaan.

Tujuan Dibentuknya ASEAN

Umumnya, terdapat tujuh point dibentuknya ASEAN. Dari ketujuh point ini terdapat jalinan kerja sama dalam berbagai bidang seperti bidang ekonomi, pertahanan, politik, sosial dan budaya. Adapun tujuan ASEAN adalah: 

  1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan budaya di kawasan melalui upaya bersama dalam semangat kesetaraan dan kemitraan dalam rangka memperkuat landasan bagi komunitas Asia Tenggara yang sejahtera dan damai;
  2. Untuk mempromosikan kolaborasi aktif dan bantuan timbal balik dalam hal-hal yang menjadi kepentingan bersama di bidang ekonomi, sosial, budaya, teknis, ilmiah, dan administratif;
  3. Memberikan bantuan satu sama lain dalam bentuk pelatihan dan fasilitas penelitian di bidang pendidikan, profesional, teknis dan administratif;
  4. Berkolaborasi dengan lebih efektif untuk pemanfaatan pertanian dan industri yang lebih besar, perluasan perdagangan, termasuk studi tentang masalah perdagangan komoditas internasional, peningkatan fasilitas transportasi dan komunikasi dan peningkatan standar hidup masyarakat;
  5. Mempromosikan studi Asia Tenggara; dan
  6. Memelihara kerjasama yang erat dan menguntungkan dengan organisasi internasional dan regional yang ada dengan target dan tujuan yang sama, dan menjelajahi semua jalan untuk kerjasama yang lebih erat di antara mereka sendiri.
  7. Mempromosikan perdamaian dan stabilitas regional melalui kewajiban menghormati keadilan dan supremasi hukum dalam hubungan di antara negara-negara di kawasan dan kepatuhan pada prinsip-prinsip Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa;
Baca Juga  Kepanjangan SKCK Adalah, Arti & Fungsi SKCK

10 Anggota ASEAN

Adapun macam-macam negara anggota ASEAN adalah:

  1. Indonesia
  2. Malaysia
  3. Thailand
  4. Singapura
  5. Filipina
  6. Brunei Darussalam
  7. Vietnam
  8. Laos
  9. Myanmar
  10. Kamboja

Demikianlah informasi mengenai Kepanjangan ASEAN, Arti, Tujuan & Anggota ASEAN. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *