Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Wawasan Nusantara Sebagai Geopolitik Indonesia

Wawasan Nusantara – Pada dasarnya, wawasan nusantara merupakan wawasan nasionalnya negara kita sebagai konsep politik ketatanegaraan Indonesia sehingga wawasan nasional berpandangan atas geopolitik bangsa.

Pandangan ini, dibangun mengingat situasi lingkungan. Itulah mengapa sebenarnya wawasan nusantara disebut juga sebagai penerapan dari teori geopolitik bangsa Indonesia.

Apasih itu konsep geopolitik bangsa Indonesia?.  Diketahui bahwa konsep geopolitik Indonesia berdasar pada unsur kewilayahan. Sebab negara Indonesia memiliki wilayah yang luas, dan ada banyak kebudayaan didalamnya.

Selain dari faktor itu atau dari faktor geografis, wawasan nusantara juga melihat dari aspek sosial budaya, politik, pertahanan dan keamanan, dan ekonomi.

Itulah unsur-unsur dari wawasan nusantara yang dalam pelaksanaannya dapat dilakukan lebih baik dalam ranah kehidupan pribadi, masyarakat dan negara.

Dengan mengetahui wawasan nusantara atau geopolitik Indonesia yang terdiri atas berbagai pulau, budaya, bahasa dan masih banyak lainnya yang menjadikan Indonesia strategis dengan kualitas wilayah yang tinggi untuk dimanfaatkan demi kepentingan nasional.

Baca Juga  Pengertian, Fungsi, Tujuan Wawasan Nusantara

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa dibutuhkan kesadaran warga negara dan penyelenggara negara dalam mewujudkan kepentingan atau tujuan nasional itu disertai dengan tanggung jawab bersama sebab tidak dipungkiri terdapat masalah-masalah yang akan menghimpit bangsa baik itu dari luar dan juga dari dalam.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai keterkaitan antara wawasan nusantara dan geopolitik, maka dari itu penulis akan mengupas secara singkat tentang wawasan nusantara sebagia geopolitik Indonesia itu seperti apa.

Pengertian Wawasan Nusantara Sebagai Geopolitik

Wawasan Nusantara Sebagai Geopolitik Indonesia (Foto: Artikelsiana)
Wawasan Nusantara Sebagai Geopolitik Indonesia (Foto: Artikelsiana)

Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian wawasan nusantara sebagai geopolitik Indonesia adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenal diri dan lingkungannya yang seberagam dan bernilai strategis yang tetap menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan wilayah dengan menghargai dan menghormati keberagaman untuk tercapainya tujuan nasional.

Sebab yang dimaksud geopolitik secara etimologi berasal dari 2 kata yaitu “geo” dan “politik”. Arti dari geo adalah bumi. Sedangkan untuk arti dari politik yang berasal dari politea adalah kesatuan masyarakat yang berdiri sendiiri (negara).

Baca Juga  Bentuk-Bentuk Persebaran Terumbu Karang di Indonesia.

Dalam bahasa Indonesia, politik didefinisikan sebagai kepentingan umum warga negara suatu bangsa dengan rangkaian asas, prinsip, keadaan, jalan, cara dan alat yang dipakai untuk mencapai tujuan.

Sedangkan yang dimaksud dengan wawasan nusantara dimana secara etimologis terdiri dari dua kata yaitu Wawasan dan Nusantara. Wawasan dari kata bahasa jawa yaitu wawas artinya pandangan, tinjauan dan penglihatan indrawi. Sedangkan Nusantara berasal dari dua kata yaitu nusa dan antara.

Arti nusa adalah pulau atau kesatuan kepulauan. Sedangkan arti antara adalah menunjukkan letak antara 2 unsur. Jadi yang dimaksud dengan wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungannya yang bertumpu pada persatuan dan kesatuan wilayah untuk kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Wawasan Nusantara Sebagai Geopolitik Indonesia

Wawasan Nusantara adalah pandangan untuk menjadi bangsa yang satu dan utuh dalam satu kesatuan republik Indonesia.

Baca Juga  Chauvinisme: Pengertian Chauvinisme, Contoh Sikap, Dampak & Menurut Para Ahli

Untuk mencapai tujuan nasional maka diperlukan suatu paham geopolitik dan dikembangkan menjadi wawasan nusantara dan diwujudkan sebagai satu kesatuan politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan. Kesatuan wawasan nusantara ini dilakukan dengan cara desentralisasi dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Sebab diketahui bahwa Indonesia terdiri dari daratan, laut dan udara sehingga diperlukan penerapan teori geopolitik bangsa Indonesia yang dipandang sebagai ruang hidup yang satu dan utuh.

Hal ini akan membuat Indonesia menghasilkan sebuah visi yang menjadi tujuan bersama bagi rakyat Indonesia yang utuh dan satu.

Melihat peran strategis dari wawasan nusantara sebagai geopolitik, diketahui bahwa wawasan nusantara sebagai geopolitik itu melihat dari kondisi lingkungan, untuk Indonesia suatu wawasan dapat dibedakan menjadi empat macam, yaitu

  1. Wawasan Benua
  2. Wawasan Bahari
  3. Wawasan Dirgantara
  4. Wawasan kombinasi

Demikianlah informasi mengenai Wawasan Nusantara Sebagai Geopolitik Indonesia. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *