Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Tuliskan Ciri-Ciri Hewan Tipe Australia? Begini Penjelasan & Ciri-Cirinya

Indonesia adalah negara yang kaya dengan sumber daya alam baik flora dan fauna. Sebagai negara kepulauan terbesar yang terdapat di dunia, Indonesia memiliki jumlah pulau sekitar 17.508 pulau.

Banyak pulau yang terdapat di Indonesia yang tersebar dari sabang sampai merauke, membuat Indonesia mempunya keanekaragaman flora dan fauna yang tinggi.

Berbicara fauna atau hewan di Indonesia, menurut pendapat para ahli Zoolagi, bahwa Indonesia berada pada posisi 2.827 jenis fauna vertebrata non ikan, dan 848 diantaranya merupakan fauna endemik atau fauna yang asli dari Indonesia.

Banyaknya jenis-jenis fauna yang terdapat di Indonesia, tidak mengherankan bilaman para ahli Zoologi membagi fauna Indonesia dalam 3 kelompok melalui pengelompokan oleh Alfred Russel Wallcae dan Max Wilhel Carl Weber.

Menurutnya, ada 3 jenis-jenis fauna diantaranya fauna tipe Asiatis, Fauna Tipe Peralihan dan Fauna Tipe Australis. Sejalan dengan pembahasan saat ini yang akan membahas mengenai Jenis Fauna Tipe Australis.

Diketahui Tipe Australis untuk fauna Indonesia terletak di Garis Weber. Kesimpulan ini diambil dari berbagai macam penelitian yang dilakukan di lapangan salah satu contohnya pada tahun 1856 yang seorang ahli Zoologi dari Inggris mengunjungi Bali dan Lombok.

Baca Juga  Pembelahan Sel Mitosis dan Meiosis, Ciri-ciri dan Fase Pembelahannya
Tuliskan Ciri-Ciri Hewan Tipe Australia? Begini Penjelasan & Ciri-Cirinya
Tuliskan Ciri-Ciri Hewan Tipe Australia? Begini Penjelasan & Ciri-Cirinya

Ia menarik kesimpulan bahwa hewan di Asia mirip dengan bali sedangkan untuk hewan-hewan yang ada di Lombok mirip dengan hewan-hewan yang terdapat di Australia.

Atas dasar itulah, Wallace membuat garis khayal dari selat lombok ke selat Makassar dan Filipina Selatan merupakan hewan bertipe Australia.

Pengertian Tipe Hewan Australia

Tuliskan Ciri-Ciri Hewan Tipe Australia? Begini Penjelasan & Ciri-Cirinya
Pengertian Hewan Tipe Australia – Australis (Foto: Artikelsiana.com)

Yang dimaksud dengan tipe Hewan Australia adalah hewan yang dibatasi oleh garis weber yang memanjang melalui laut timor, laut seram dan laut halmahera.

Maka dari itu, adanya hewan australia terdapat di pulau papua, dan pulau-pulau yang ada di Dangkalan Sahul atau paparan sahul. Perlu diketahui bahwa Paparan sahul ini tidak hanya berada di Indonesia melainkan juga benua Australia.

Ada banyak sumber yang mengemukakan bahwa tipe hewan australia adalah hewan purba Australia. Kesimpulan itu diambil, sebab terdapat kesamaan hewan dan juga pada saat zaman es mencair, ternyata daratan Indonesia menyatu dengan daratan Australia.

Untuk mengetahui tipe-tipe Hewan Australia sangatlah mudah, sebab tipe-tipe fauna Australia memiliki ciri atau karakteristik berupa binatang yang menyusui berukuran keci-kecil.

Baca Juga  Fungsi Tulang Betis & Ciri Tulang Betis Manusia Serta Strukturnya

Hewan menyusui memungkin untuk menghasilkan susu melalui kelenjar mamae. Adapun contoh hewan australia yang memiliki ukuran kecil adalah tarsius atau tarsiidae, kukus (Ailuropis) dan landak papua (Rodentia).

Selain itu, karakteristik lain dari Tipe Hewan Australia adalah memiliki jenis kera dan kucing yang sedikit. Tipe kera untuk hewan australia memiliki ekor panjang (Macaca Fasicularis). Sedangkan untuk jenis kucing termasuk untuk hewan australia masih jarang untuk ditemukan sumber referensinya.

Sedangkan untuk tipe warna bulu burung untuk tipe hewan australia memiliki ciri atau karakteristik yang berwarna warni.

Hal itu terjadi lantaran tipe fauna australia memiliki struktur 2 dimensi dengan ukuran kecil yang mirip dengan kristal.

Sehingga apabila terkena pantulan cahaya dengan sudut tertentu, maka akan menampilkan warna yang beragam ketika terkena pada bagian kristal bulu burung untuk hewan tipe australia.

Berbicara mengenai Ikan Air Tawar untuk tipe hewan australia tidaklah banyak. Walaupun demikian, ternyata terdapat hewan Australia yang ditemukan di Papua yang disebut dengan Ikan Rainbow dan Ikan Arwana Jardini.

Diketahui bahwa 2 jenis ikan ini adalah ikan hias asli dari Papua. Sebab telah dikenal tingkat Nasional dan Internasional dari segi pemasarannya.

Ikan Rainbow mempunyai 102 spesies yang endemik sekitar danau kurumoi dan danau sentani.

Baca Juga  Sejarah : Proses Terbentuknya Bumi

Sedangkan untuk yang paling terkenal ada dua yaitu rainbow kurumoi atau Melanotaenia parva dan Rainbow Boesemani atau Melanotaenia boesemani.

Untuk ciri atau karakteristik selanjutnya dari tipe hewan australia adalah pada hewan berkantung dimana hewan australia jenis ini disebut dengan marsupialia. Hewan yang diklasifikasikan sebagai hewan mamalia.

Untuk jenis tipe hewan ini terdapat 3 ordo kelas mamalia yaitu Eutheria atau mamalia berplasenta, Monotremata atau mamalia bertelur dan Marsupialia adalah mamalia berkantung. Adapun contoh-contoh hewan berkantung adalah koala, oppossum, dan kanguru.

Tuliskan Ciri-Ciri Tipe Hewan Australis

Tuliskan Ciri-Ciri Hewan Tipe Australia? Begini Penjelasan & Ciri-Cirinya
Ciri atau Karakteristik Hewan Tipe Australia (Foto: Artikelsiana.com)

Berdasarkan dari hasil pembahasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa ciri atau karakteristik dari hewan tipe australis adalah:

  • Terdapat sedikit jenis ikan air tawar.
  • Ciri tipe hewan australis mempunyai banyak mamalia yang punya ukuran kecil.
  • Jenis burung mempunya bulu yang berwarna warni.
  • Ikan laut mempunya bentuk yang bulat memanjang.
  • Karakteristik tipe hewan australis banyak ditemui mamalia berkantung.
  • Selain itu ciri tipe hewan australis tidak terdapat spesies kera.

Demikianlah jawaban tentang pertanyaan Tuliskan Ciri-Ciri Tipe Hewan Australis. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terimakasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *