Menu

Sebutkan Batas Wilayah ASEAN Berdasarkan Letak Geografisnya

Secara etimologi, ASEAN berasal dari kata Association of Southeast Asian Nations atau secara bahasa Indonesia ASEAN adalah Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara.

Dengan kata lain yang dimaksud dengan ASEAN adalah organisasi kawasan yang mewadahi kerja sama antarnegara di Asia Tenggara yang terbentuk pada tahun 1967. 

Atau tepatnya berdiri pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, ibu kota Thailand yang dibentuk dari 4 negara yaitu: Indonesia, malaysia, Thailand, dan Singapura. 

Berdirinya ASEAN dibuktikan dari Deklarasi Bangkok oleh Adam Malik (Menteri Luar Negeri Indonesia), Thanat Khoman (Menteri Luar Negeri Thailand), Tun Abdul Razak (Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Luar Negeri Malaysia), Narciso Ramos (Menteri Luar Negeri Filipina, dan S. Rajatratnam (Menteri Luar Negeri Singapura) yang diperingati setiap tahun sebagai hari ASEAN. 

Tujuan dibentuknya ASEAN untuk menciptakan kawasan yang damai dan kerja sama untuk mencapai antara lain, dalam hal pertumbuhan ekonomi, perkembangan sosial-budaya.

Hal itu sehingga ASEAN mengusung semboyan yang berbunyi “Satu Visi, Satu Identitas, Satu Komunitas”. Sampai saat ini ASEAN masih tetap eksis dan anggota dari ASEAN terus bertambah. Adapun letak dan posisi geografis dari ASEAN.

Baca Juga  Pengertian Revolusi Bumi: Apa itu Revolusi Bumi ?..

Sebutkan Batas Wilayah ASEAN Berdasarkan Letak Geografisnya?

Sebutkan Batas Wilayah ASEAN Berdasarkan Letak Geografisnya
Batas Wilayah ASEAN Berdasarkan Letak Geografisnya (Foto: Artikelsiana.com)

Posisi dan letak geografis kawasan ASEAN dapat dipakai untuk meninjau letak Asia Tenggara. Asia Tenggara adalah suatu kawasan yang terletak di sebelah tenggara Benua Asia dengan luas daratan sekitar 4.817.000 km2, sedangkan untuk wilayah laut sekitar 5.060.100 km2.

Kawasan Asia Tenggara terdiri atas beberapa negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Brunei Darussalam, Myanmar, Laos, Kampuchea, dan Vietnam.

Negara terbesar di kawasan Asia Tenggara adalah Indonesia (luas daratan > 1,8 juta km2), sedangkan negara terkecil adalah Singapura (luas wilayah < 700 km2).

Negara yang berada di daratan Asia, yaitu Myanmar, Laos, Kampuchea, Thailand, dan Vietnam. Negara yang berada di kepulauan atau pulau, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Brunei Darussalam. Kawasan Asia Tenggara terbentuk oleh dataran tinggi dan dataran rendah.

Kawasan ASEAN merupakan bagian dari Benua Asia di bagian sebelah tenggara. Letak Asia Tenggara dapat diketahui berdasarkan dari posisi geografis dan letak geografis.

Baca Juga  Negara Maju & Negara Berkembang: Pengertian, Ciri-Ciri & Contoh

Posisi Geografis Kawasan Asia Tenggara

Posisi geografis ialah letak kawasan menurut garis lintang dan garis bujur. Untuk garis lintang ASEAN yaitu garis khayal yang sejajar dengan ekuator, yang melingkari permukaan bumi secara mendatar.

Sedangkan untuk garis bujur kawan ASEAN adalah garis khayal yang menghubungkan antara Kutub Utara dan Kutub Selatan, serta membentuk setengah lingkaran bumi.

Menurut garis lintang dan bujur, ASEAN atau Asia Tenggara untuk posisi geografisnya berada pada posisi 28°LU–11°LS dan 93°BT–141°BT.

Kawasan ASEAN dilewati oleh garis khatulistiwa (ekuator) dan garis balik utara. Posisi geografis Asia Tenggara itu memengaruhi iklim dan kegiatan ekonomi penduduk.

Untuk posisi dan letak negara yang berada paling utara di kawasan ASEAN adalah Myanmar, sedangkan negara ASEAN yang berada pada paling selatan adalah Indonesia. Negara paling barat di Asia Tenggara adalah Myanmar dan paling timur adalah Indonesia.

Batas Wilayah ASEAN Berdasarkan Letak Geografisnya

Letak geografis adalah letak suatu kawasan apabila terlihat di permukaan bumi. Menurut letak geografis, ASEAN terletak di antara Benua Australia dan daratan utama Benua Asia serta terletak diantara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Adapun batas-batas kawasan ASEAN ialah:

  1. Batas Wilayah ASEAN berdasarkan letak Geografis pada bagian Utara terdapat Laut China Timur dan Negara Cina.
  2. Batas Wilayah ASEAN berdasarkan letak Geografis pada bagian Selatan terdapat Negara Timor Leste, Benua Australia, dan Samudra Hindia.
  3. Batas Wilayah ASEAN berdasarkan letak Geografis pada bagian Barat terdapat Negara India, Bangladesh, dan Samudra Hindia.
  4. Batas Wilayah ASEAN berdasarkan letak Geografis pada bagian Timur terdapat Negara Papua Nugini dan Samudra Pasifik.
Baca Juga  Upaya Menanggulangi Pemanasan Global (Global Warming)

Kawasan Asia Tenggara sangat strategis karena letaknya berada di antara dua samudra. Kawasan ini menghubungkan negara-negara barat dan timur sehingga kawasan ini sangat menguntungkan bagi peningkatan kegiatan perdagangan dan pariwisata di kawasan Asia Tenggara.

Demikianlah informasi mengenai Batas Wilayah ASEAN Berdasarkan Letak Geografisnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *