Menu

4+ Rumus Luas Segitiga Berdasarkan Bentuk Bangunan Segitiga

Rumus Luas Segitiga – Inilah cara mencari rumus luas segitiga yang benar dan sering dijadikan referensi dalam menghitung luas segitiga. Jika kita ingin mencari luas segitiga maka tentu saja anda mesti mengetahui berapakah nilai panjang alas dan tinggi pada segitiga tersebut. Yang dimaksud dengan alas yaitu panjang bagian bawah pada segitiga dimana kalau segitiga tersebut ditegakkan akan membentuk sudut siku sebesar 90 derajat. Kemudian, tinggi segitiga adalah panjang pada bagian sisi tegak lurus dengan memiliki sudut 90 derajat terhadap alas.

Tentu saja diantara kita sudah ada yang mengetahui bagaimana rumus luas segitiga. Dan yang paling umum diketahui oleh orang-orang yakni 1/2 x alas x tinggi. Hanya saja, rumus umum luas segitiga tersebut tidak semuanya berlaku dalam mencari luas segitiga. Oleh karena itu, disini kita akan membahas berbagai macam jenis bangunan segitiga dan rumus luas segitiganya. Karena ternyata jenis segitiga itu ada banyak yah.. Mari kita simak bersama-sama penjelasannya di bawah ini:

Cara Mencari Rumus Luas Segitiga

rumus luas segitiga

Sebelum kita memulai materi mengenai cara mencari rumus luas segitiga maka bagi anda yang malas membaca, silahkan anda menonton video saya terkait tentang luas segitiga yang ada di bawah ini:

 

Rumus Luas Segitiga Siku-Siku

Pada segitiga siku-siku merupakan bentuk yang paling umum digunakan oleh para siswa dan guru untuk menggambarkan segitiga. Baca juga: 1 kaki berapa meter

Mengapa segitiga siku-siku dikatakan segitiga siku-siku? Jawabannya karena pada segitiga ini memiliki sudut siku-siku sebesar 90 derajat guys. Tidak perlu berlama-lama lagi, yuk kita bahas rumus luas segitiga siku-siku.

Baca Juga  Pengertian Relasi, Contoh Soal, Perbedaan dengan Fungsi & Jenisnya

segitiga siku siku

Dari bentuk bangunan segitiga siku-siku yang ada di atas maka kita bisa melakukan pemilahan bahwa sisi alas itu disimbolkan sebagai b, tinggi adalah a dan sisi miringnya yaitu c. Maka untuk persamaan rumus segitiga siku-siku yang ada di atas adalah:

Diketahui:
a = sisi tinggi
b = sisi alas
c = sisi miringnya
Ditanyakan: L (Luas Segitiga)?

maka jawabannya yaitu:
L = 1/2 x a x b

Ingat guys, rumus luas segitiga siku-siku yang ada di atas hanya berlaku pada segitiga yang memiliki sudut siku-siku sebesar 90 derajat. Perhatikanlah bentuk segitiga yagn ada di atas dan cobalah mengamati persamaan rumusnya. Jika anda bisa teliti dan jeli melihatnya maka anda bisa menarik suatu kesimpulan bahwa untuk dapat mencari luas segitiga siku-siku seperti yang ada di atas itu sama halnya mencari setengah luas dari empat persegi panjang. Anggap saja untuk panjang dari empat persegi panjang itu adalah b dan lebarnya yaitu a, luas persegi panjangnya yakni a x b. Karena pada segitiga tersebut itu memiliki luas sebesar setengah kali dari luas pada persegi panjang maka diperolehlah persamaan L = 1/2 x alas x tinggi.

Tapi anda mesti ingat, jika salah satu dari nilai panjang alas dan panjang tinggi itu tidak ada maka anda bisa menggunakan rumus phytagoras

Rumus Luas Segitiga Sama Kaki

segitiga sama kaki

Untuk dapat mencari rumus luas segitiga sama kaki itu sebenarnya kita bisa memakai rumus yang sama dengan rumus luas yang ada segitiga siku-siku. Hanya saja pada segitiga sama kaki, untuk nilai tingginya bukanlah dari salah satu sisi segitiga, akan tetapi yaitu garis tengah yang membelah pada kedua kaki segitiga dan tegak lurus terhadap bagian alas. Sehingga pada segitiga tersebut seperti terbelah dan memperoleh dua buah segitiga siku. jadi bisa kita simpulkan bahwa rumus luas segitiga sama kaki yaitu alas x tinggi. Adapun yang dimaksud dengan alas bisa anda lihat pada gambar yang ada di atas yaitu panjang AB. Maka untuk persamaan rumus luas segitiga sama kaki bisa kita lihat di bawah ini:

Baca Juga  [ Jawaban ] 1 Kaki Berapa Meter? Rumus dan Penjelasan Contoh Soal

Diketahui: Segitiga sama kaki ABC

alas = panjang AB = a

tinggi = panjang garis tegak = tegak
Ditanyakan: Luas segitiga atau L?

Jawaban:

L = a x tegak
atau
L = 2 x (1/2 a x t), pada rumus ini diperoleh kalau anda sedang mencari luas dari salah satu segitiga sama kaki yang sudah terbelah. Setelah luas dari salah satu segitiga itu diperoleh maka ada dua segitiga yang sama maka tinggal anda mengalikannya dengan 2.

Untuk dapat mencari tinggi segitiga sama kaki maka kita bisa memakai rumus phytagoras.

Panjang b adalah c kuadrat dikurangkan dengan a kuadrat. Dimana untuk a = alas, b = tinggi dan c = sisi miring. Rumus phytagoras ini bisa berlaku jika segitiga tersebut memiliki sudut siku-siku.

Rumus Luas Segitiga Sama Sisi

Pada bangunan segitiga sama sisi itu sebenarnya rumus yang dipakai sama saja dengan rumus pada luas segitiga sama kaki. Yakni kita secara terlebih dahulu mencari tingginya, lalu kita cari luasnya. Namun, sekarang sudah terdapat beberapa cara cepat yang ditemukan supaya tak menghabiskan waktu dalam mencari tinggi terlebih dahulu. Nah, pada kesempatan ini kita tidak akan membahas tentang cara cepat mencari luas segitiga sama sisi, kalian bisa mempelajari cara cepat mencari luas segitiga pada lembaga bimbingan belajar yang sekarang sudah tersedia di kota kota besar.

Baca Juga  5+ Contoh Soal Cara Menghitung Persentase yang Sering Muncul

segitiga sama sisi

Berdasarkan gambar segitiga yang ada di atas maka kita bisa menentukan rumus luasnya yaitu:

Diketahui:

s = sisi ketiga sisi segitiga
t = tinggi
Ditanyakan: Luas Segitiga atau L?

L = s x tinggi
atau

rumus cepat segitiga sama sisi

Rumus Luas Segitiga Sembarang

segitiga sembarang

Untuk dapat mencari luas segitiga sembarang maka kita tidak bisa menggunakan rumus luas segitiga siku-siku, sama kaki dan sama sisi karena pada segitiga sembarang tidak memiliki sudut siku pada ketiga sudutnya. Sehingga kita tidak bisa menentukan tingginya. Akan tetapi rumus umum tersebut bisa saja kita terapkan pada kondisi tertentu. Semisal, terdapat beberapa sisi dan sudut yang besarnya sudah diketahui dan ditetapkan garis tingginya yang sudah tegak lurus membentuk sudut siku.

Supaya kita tidak menghabiskan waktu dalam mencari luas segitiga sembarang maka anda bisa memakai rumus yang sudah ditemukan dan dibakukan oleh para ahli matematika dan rumus segitiga sembarang ini sering disebut sebagai teorema heron. Nah, berikut persamaan dari teorema heron:

Diketahui:

a, b, c = ketiga sisi segitiga
ditanyakan: Luas segitiga atau L?

maka
s = 1/2 (keliling) = (a + b + c)/2

luas segitiga sembarang

Demikianlah informasi tentang cara mencari rumus luas segitiga siku-siku, sama kaki, sama sisi dan sembarang. Semoga saja informasi ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan informasi terkait rumus luas segitiga. Kemudian jangan lupa untuk like, share dan berkomentar pada kolom komentar yang ada di bawah ini guys.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *