Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Pengertian Xilem Adalah: Ciri, Fungsi Xilem & Strukturnya

Pengertian Xilem Adalah: Ciri, Fungsi Xilem & Strukturnya – Apasih itu Xilem? pada dasarnya, pengertian Xilem (pembuluh kayu) adalah jaringan pengangkut makanan dari akar ke batang dan daun pada tumbuhan dan terdiri dari berbagai macam bentuk sel.

Ciri khas dari penyusun sel-sel xilem adalah sel yang telah mati. Selain itu, ciri lainnya yang utama dari xilem adalah berdinding tebal dari adanya zat berupa zat lignin.

Zat lignin inilah yang kemudian sebagai salah satu penentu dari fungsi xilem lainnya sebagai jaringan penguat.

Sehingga ketika terdapat pertanyaan seputar untuk menjelaskan mengapa xilem berfungsi untuk jaringan penguat disebabkan dari adanya zat lignin.

Tidak hanya itu penyusun dari Xilem, sebab jaringan pengangkut ini juga memiliki struktur yang memberikan perbedaan dengan floem yang juga merupakan jaringan pengangkut.

Struktur penyusun xilem itu adalah adanya trakeid dan unsur pembuluh. Diketahui bahwa struktur penyusun xilem ini biasanya terdapat pada seluruh tumbuhan vaskuler terdapat trakeid.

Selain itu, untuk unsur-unsur pembuluh terdapat pada angiosperma, serta segelintir gimnosperma dan tumbuhan vaskuler tidak berbiji.

Untuk ciri-ciri dari trakeid, apabila ditinjau dari segi bentuknya, dimana trakeid berbentuk sel yang panjang, tipis dengan ujungnya yang runcing.

Sehingga dalam proses dan cara kerjanya dapat berperan penting dalam membantu air bergerak.

Dengan demikian, dengan adanya proses ini maka air tidak perlu lagi menyeberangi dinding sekunder yang tebal. Melainkan, air dapat bergerak dari sel ke sel terutama melalui ceruk.

Dinding sekunder trakeid diperkeras oleh lignin, fungsinya untuk mencegah sel-sel runtuh dari adanya tegangan transport air dan juga berfungsi untuk memberi dukungan.

Untuk unsur-unsur pembuluh mempunyai bentuk yang lebih pendek, lebih lebar dan memiliki dinding yang tipis.

Perbedaan trakeid dan unsur pembuluh ini dari segi bentuk dimana unsur pembuluh kurang meruncing dibandingkan trakeid.

Unsur-unsur pembuluh tersusun dengan ujung-ujung yang bersentuhan, membentuk pipa mikro panjang yang disebut pembuluh.

Dinding ujung dari unsur pembuluh mempunyai lempeng berlubang-lubang yang mengalirkan air secara bebas melalui pembuluh.

Pengertian Xilem: Apa itu?

Pengertian Xilem Adalah: Ciri, Fungsi Xilem & Strukturnya (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Xilem Adalah: Ciri, Fungsi Xilem & Strukturnya (Foto: Artikelsiana.com)

Secara sederhana yang dimaksud dengan Xilem adalah jaringan pengangkut. Secara etimologi, istilah Xilem sebenarnya berasal dari bahasa Yunani yaitu “Xylos”.

Arti kata dari Xylos adalah kayu, sehingga yang dimaksud dengan Xilem disebut juga dengan pembuluh kayu. Xilem susunan jaringannya kompleks yang terdiri dari beberapa tipe sel.

Baca Juga  Dasar Pembentukan Badan Sistem Jaminan Sosial Nasional

Selain itu, arti dari Xilem secara umum adalah jaringan pengangkut makanan dari akar ke batang dan daun pada tumbuhan dan terdiri dari berbagai macam bentuk sel.

Fungsi Xilem Pada Tumbuhan 

Berdasarkan dari penjelasan diatas, apabila dipisah-pisahkan untuk meninjau mengenai fungsi xilem, pada dasarnya xilem memiliki fungsi untuk mengangkut air, mineral, dan makanan dari akar ke batang dan daun.

Selain itu Xilem juga berperan sebagai transportasi nutrisi organik dan gula yang dihasilkan daun melalui fotosintesis ke seluruh bagian tumbuhan.

Jaringan pengangkut pada tumbuhan tidak hanya jaringan xilem saja melainkan ada juga jaringan yang bekerja sama dengan Xilem yaitu jaringan floem.

Pengertian jaringan xilem dan floem ini tidaklah jauh berbeda, yaitu sebagai jaringan pengangkut dalam tubuh tumbuhan, namun untuk xilem dan floem memiliki fungsi yang berbeda.

Pengertian Xilem Adalah: Ciri, Fungsi Xilem & Strukturnya (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Xilem Adalah: Ciri, Fungsi Xilem & Strukturnya (Foto: Artikelsiana.com)

Ciri-Ciri Xilem

Menurut penjelasan diatas, maka dapat rangkum mengenai ciri atau karakteristik xilem pada tumbuhan adalah:

  1. Tipe selnya trankeid.
  2. Dinding sel tebal.
  3. Mengandung lignin.
  4. Tersusun dari berbagai macam sel.
  5. Sel-sel penyusun telah mati.
  6. Terdiri atas trakea, trakeid serabut xilem, parenkim kayu.
Pengertian Xilem Adalah: Ciri, Fungsi Xilem & Strukturnya (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Xilem Adalah: Ciri, Fungsi Xilem & Strukturnya (Foto: Artikelsiana.com)

Struktur Xilem

Adapun unsur-unsur xilem terdiri dari unsur trakeal, serat xilem, dan parenkim xilem.

1. Unsur Trakeal

Sebagai bagian dari struktur penyusun xilem, Unsur trakeal adalah unsur yang berfungsi dalam pengangkutan air beserta zat terlarut di dalamnya.

Karakteristik unsur trakeal apabila ditinjau dari segi bentuknya memiliki sel-sel yang memanjang,

Tidak hanya itu, unsur trakeal juga tidak memiliki kandungan protoplas (bersifat mati), dan trakeal mempunyai dinding sel berlignin, serta beragam jenis-jenis noktah. Unsur trakeal terdiri dari 2 jenis sel seperti trakea dan trakeida.

2. Serat xilem

Arti dari struktur penyusun xilem ini adalah unsur xilem yang memiliki bentuk sel yang panjang dengan dinding sekunder yang berlignin.

Terdapat 2 jenis serat pada tumbuhan yaitu serat trakeid dan serat libriform. Berbicara mengenai bentuknya, serat libriform lebih panjang dibandingkan dengan serat trakeid.

Selain perbedaan itu, serat libriform juga memiliki dinding selnya lebih tebal dibanding serat trakeid. Ditemukan adanya noktah sederhana pada serat libroform, sedangkan serat trakeid memiliki noktah terlindung.

3. Parenkim Xilem

Parenkim xilem tersusun dari sel-sel yang masih hidup. Dalam parenkim xilem, terdapat xilem primer dan juga xilem sekunder.

Pada xilem sekunder ditemukan 2 macam parenkim, ada yang disebut dengan parenkim katu dan ada juga parenkim jari-jari empulur.

Baca Juga  Pengertian Ekosistem dan Komponen-Komponenya
Pengertian Xilem Adalah: Ciri, Fungsi Xilem & Strukturnya (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Xilem Adalah: Ciri, Fungsi Xilem & Strukturnya (Foto: Artikelsiana.com)

Peran Xilem Dalam Mekanisme Transportasi Pada Tumbuhan

Diketahui bahwa dalam proses mekanisme transportasi tumbuhan terbagi atas 2 macam yaitu transportasi air dan transportasi nutrisi atau hasil fotosintesis. Adapun penjelasan dari kedua proses ini adalah:

Transportasi Air

Sebenarnya, air masuk dan keluar dari tumbuhan terjadi karena faktor lingkungan sekitar. Sebab saat lingkungan lebab maka jumlah uap airnya tinggi, yang terjadi adalah air akan masuk kedalam tumbuhan.

Akan tetapi, saat kondisi lingkungan kering maka jumlah uap air dilingkungan tersebut akan rendah. Dari kondisi ini sehingga uap air akan keluar dari tumbuhan melaui Stomata yang berada di daun. Proses ini yang dinamakan dengan transpirasi.

Sedangkan penyebab air masuk dalam tumbuhan melalui tanah dari adanya perbedaan konsentrasi. Apasih itu Konsentrasi? Arti Konsentrasi adalah ukuran yang memperlihatkan jumlah suatu zat dalam volume tertentu.

Ketika terjadi perpindahan molekul zat terlarut dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah, maka proses perpindahan ini dinamakan dengan Difusi.

Ketika terjadi perpindahan molekul zat pelarut dari konsentrasi rendah ke konsentrasi tinggi melalui membran semipermeabel, maka proses perpindahan ini dinamakan dengan Osmosis.

Membran Semipermeabel adalah membran yang hanya dapat dilalui oleh zat tertentu saja, contohnya adalah air. Membran ini berfungsi sebagai pengatur lalu lintas (keluar dan masuknya) zat-zat dari dalam dan luar sel.

Zat Pelarut adalah zat yang melarutkan zat lain. Pada materi kali ini, zat yang berperan sebagai zat pelarut adalah air dan zat yang berperan sebagai zat terlarut adalah mineral tanah dan zat gula hasil fotosintesis.

Awalnya Air di serap oleh bulu akar dan masuk ke sel Epidermis melalui proses osmosis. Kemudian, air akan melaui Kortesk. Lalu menuju ke Endodermis dan Perisikel.

Selanjutnya air masuk ke jaringan xilem yang berada di akar. Setelah tiba di xilem akar, air akan bergerak menuju ke xilem batang dan ke xilem daun.

Penyebab Air Dapat Diedarkan

Pada gambar diatas, dapat dijelaskan bahwa tumbuhan tidak memiliki mekanisme untuk pemompaan cairan ke akar tumbuhan yang lebih tinggi. Sehingga, sebenarnya untuk pemompaan cairan, air diangkut naik dari akar ke bagian tumbuhan dan diedarkan ke seluruh bagian tumbuhan dari adanya daya kapilaritas batang.

1. Daya Kapilaritas

Untuk mengetahui Kapiralitas batang, serupa dengan pipa kapiler. Diketahui pipa kapiler mempunyai bentuk seperti sedotan namun diameternya kecil.

Baca Juga  Jelaskan 6 Karakteristik Administrasi & Fungsi Administrasi

Ketika terdapat salah satu ujung pipa kapiler itu kemudian di masukkan ke dalam air, maka air yang berada pada pipa tersebut akan lebih tinggi daripada air yang berada di sekitar pipa kapiler.

Hal ini sama dengan batang tanaman, sebab air yang terdapat pada batang tumbuhan dapat lebih tinggi jika dibandingkan dengan air yang berada pada tanah. Daya kapilaritas batang dipengaruhi oleh adanya gaya kohesi dan adhesi. Apasih itu gaya kohesi dan gaya adhesi?

  • Arti dari gaya kohesi adalah kecenderungan suatu molekul untuk dapat berikatan dengan molekul lain yang sejenis.
  • Adhesi adalah kecenderungan suatu molekul untuk dapat berikatan dengan molekul lain yang tidak sejenis.

Dengan adanya gaya ini, maka molekul air dapat membentuk ikan yang lemah dengan dinding pembuluh. Selain itu, dengan adanya gaya kohesi maka yang terjadi adalah ikatan antara satu molekul air dengan molekul air lainnya. Sehingga terjadi tarik menarik antara setiap molekul air pada pembuluh xilem.

2. Daya Hisap Daun

Tidak hanya bantuan dari gaya kohesi dan adhesi sebagai transportasi naiknya air ke daun. Namun, proses ini juga dibantu oleh daya isap daun. Apasih itu daya Isap Daun? proses ini adalah penggunaan air dibagian daun sehingga air dimanfaatkan oleh tumbuhan dalam proses fotosintesis.

Selain itu pada daun juga terjadi proses penguapan yang disebut dengan transpirasi, sehingga dalam proses ini maka terjadi tarikan air pada bagian xilem untuk digunakan pada daun dalam proses fotosintesis yang menyebabkan mau tidak mau air yang terdapat pada akar dapat naik ke daun.

Transportasi Nutrisi

Semua bagian tumbuhan yaitu, akar, batang, daun serta bagian lainnya memerlukan nutrisi. Agar kebutuhan nutrisi di setiap bagian tumbuhan terpenuhi, maka dibutuhkan suatu proses pengangkutan nutrisi yang merupakan hasil fotosintesis, berupa gula dan asam amino ke seluruh tubuh tumbuhan.

Pengangkutan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan terjadi melalui pembuluh floem. Perjalanan zat-zat hasil fotosintesis dimulai dari sumbernya yaitu daun (daerah yang memiliki, konsentrasi gula tinggi) ke bagian tanaman lain yang dituju (daerah yang memiliki konsentrasi gula rendah). 

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Xilem Adalah: Ciri, Fungsi Xilem & Strukturnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *