Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Pengertian Penataan Produk, Fungsi, Tujuan & Jenis Display

Bagi anda yang bergelut di pasar atau dagang pernahkah mendengar istilah display. Bagi sebagian orang memang istilah ini terdengar asing.

Diketahui display berhubungan erat dengan produk. Secara sederhana, display merupakan istilah lain dari penataan produk.

Dalam bahasa Indonesia, istilah display diartikan Pertunjukan, Pameran, Memeragakan dan memperlihatkan. Akan tetapi yang dimaksud dengan penjelasan Display berbeda dalam konsep penjualan dan perdagangan.

Sebab definisi atau arti dari display tidak sesempit yang dapat kita bayangkan. Melainkan kata Display memiliki arti yang luas.

Sebab berhubungan dengan produk atau barang. Bagi pelaku usaha dagang menyebut dengan display produk atau penataan produk.

Pengertian Penataan Produk (Display)?

Pengertian Penataan Produk, Fungsi, Tujuan & Jenis Display
Pengertian Penataan Produk (Foto: Artikelsiana.com)

Yang dimaksud dengan penataan produk (display) adalah suatu cara penataan produk, terutama produk barang yang diterapkan oleh perusahaan tertentu dengan tujuan untuk menarik minat konsumen. Tujuan dari penataan produk adalah apalagi kalau bukan untuk menarik minat konsumen, memudahkan konsumen untuk melihat, memilih dan membeli produk atau barang yang ditawarkan.

Pengertian Penataan Produk (Display) Menurut Para Ahli

Pengertian Penataan Produk, Fungsi, Tujuan & Jenis Display
Pengertian Penataan Produk Menurut Para Ahli (Foto: Artikelsiana.com)

Selain mengenai penjelasan diatas, ada juga beberapa gagasan para ahli ekonom dan pebisnis yang mengemukakan gagasannya tentang yang dimaksud dengan penataan produk. Penjelasan mengenai definisi penataan produk ini, membuat peran dan fungsi sekaligus manfaat dari penataan produk memang sangat berguna dan berdampak jelas dalam laju pertumbuhan perusahaan dalam hal pembelian.

  1. Menurut Ngadiman (2008 : 329) mengatakan bahwa yang dimaksud dengan Display adalah tata letak barang dengan memperhatikan unsur pengelompokan jenis dan kegunaan barang, kerapihan dan keindahan agar terkesan menarik dan mengarahkan konsumen untuk melihat, mendorong, dan memutuskan untuk membeli.
  2. Menurut Buchari Alma (2004:189) menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan Display adalah keinginan membeli sesuatu yang tidak didorong oleh seseorang, tapi didorong oleh penglihatan ataupun oleh perasaan lainnya.

Sebagai kegiatan menata produk atau barang dagangan dengan cara dan strategi sesuai dengan kondisi tertentu berdasarkan jenis produk atau barang dagangan dan juga berdasarkan tempat dan situasi.

Baca Juga  Pengertian Manajemen, Fungsi, Unsur, Prinsip & Bidang

Penataan barang (Display) tidak hanya seputar memajang barang, melainkan memberikan keleluasaan bagi konsumen agar nyaman dalam membeli produk yang ditawarkan.

Dengan adanya sistem ini, mana suatu usaha bisa memanejemen bisnisnya dan dapat mempengaruhi laju pertumbuhan perusahaan dalam mengembangkan produk baru, konsep penjualan (sales concept) dan konsep pemasaran (marketing concept).

Maka dari itu, untuk kegiatan sales concept dan marketing concept selain sebagai sales promotion dan kegiatan penataan produk, ternyata sales promotion berfungsi untuk mempromosikan barang secara langsung sehingga menarik minat calon pembeli terhadap produk yang dipromosikan.

Ada banyak cara yang dilakukan untuk menarik konsumen dan meningkatkan pembelian untuk produk dalam suatu perusahaan, bisa dengan melakukan komunikasi peritel atau melalui media massa.

Atau dapat melakukan komunikasi dengan gambaran visual, dengan lay out dan display (penataan produk) yang baik di toko.

Selain itu, bisnis ritel adalah cara mendisplay produk dengan benar. Sistem display berkaitan erat dengan jenis barang, ukuran, warna, rasa, kemasan, bentuk penataan, dan seterusnya.

Dalam penataan barang atau produk sebenarnya tidak cuma istilah display saja, ada juga yang dikenal visual merchandising, merchandise presentation.

Berdasarkan penjelasan diatas, seputar Display (Penataan Produk) maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan Display adalah kegiatan suatu perusahaan untuk memajang barang dagangan baik sifatnya indor atau outdor untum mempengaruhi calon konsumen secara langsung dan tidak langsung melalui barang yang dijual.

Fungsi Penataan Barang Dagangan (Display)

Pengertian Penataan Produk, Fungsi, Tujuan & Jenis Display
Fungsi dan Peran Penataan Produk (Display) (Foto: Artikelsiana.com)

Sampai disini, mampu sebagian dari pembaca budiman untuk mengambil kesimpulan mengenai sejauh mana pentingnya penataan barang dagangan bagi suatu perusahaan atau bagi anda sendiri dalam menjalankan suatu bisnis.

Melihat penjelasan diatas, dengan penataan produk yang baik maka fungsi dan peran yang diharapkan dari kerja keras dalam penataan produk akan meningkatkan pencapaian penjualan.

Fungsi dan peran penataan produk ini dapat dicapai dengan dilakukan secara terencana, terorganisir, kreatif, informatif dan komunikatif.

Baca Juga  Pengertian Administrasi, Ciri, Fungsi & Menurut Para Ahli

Sehingga dapat menghasilkan penjualan yang maksimal, dengan penataan barang yang baik, memudahkan konsumen menentukan barang yang dicari serta menciptakan suasana nyaman dalam berbelanja.

Tujuan Penataan Produk (Display)

Pengertian Penataan Produk, Fungsi, Tujuan & Jenis Display
Tujuan Penataan Produk Atau Dadangan (Foto: Artikelsiana.com)

Adapun tujuan penataan produk adalah:

1. Attention dan Interest Customer

Yang dimaksud dengan Attention dan interest customer adalah bertujuan untuk untuk menarik perhatian pembeli dilakukan dengan cara menggunakan warna-warna, lampu-lampu, dan sebagainya.

2. Desire dan Action Customer

Sedangkan Desire dan action customer bertujuan untuk menimbulkan keinginan untuk membeli barang yang dipamerkan di toko contohnya setelah memasuki toko, kemudian melakukan pembelian.

Jenis-jenis Display (Penataan Produk)

Pengertian Penataan Produk, Fungsi, Tujuan & Jenis Display
Jenis-Jenis Penataan Produk (Foto: Artikelsiana.com)

Secara umum display dapat dibagi menjadi tiga, yaitu :

1. Window display

Yang dimaksud dengan jenis Diplay ini adalah pemajangan barang dagangan dangan di etalse atau jendela dagangan baik berupa barang, gambar-gambar kartu harga, simbol-simbol.

Fungsi dan tujuan dari adalah untuk menarik minat konsumen dan menjaga keamanan barang dagangan. Sebab Window Display hanya menampilkan barang dagangan yang ditawarkan saja, tanpa dapat disentuh oleh konsumen, sehingga pengamanan menjadi lebih mudah. Adapun fungsi window display utama secara terperinci adalah:

  • Menimbulkan impulse buying (dorongan seketika)
  • Menimbulkan daya tarikterhadap keseluruhan suasana toko
  • Untuk menarik perhatian orang
  • Menyatakan kualitas barang yang baik dan ciri khas toko tersebut
  • Memancing perhatian terhadap barang barang yang dijual di toko

2. Interior Display

Yang dimaksud dengan Interior Display adalah memajangkan barang dagangan di dalam toko atau di dalam ruangan, seperti ditata di lantai, di meja, di rak dan sebagainya.

Umumnya konsumen menyenangi interior display sebab memberikan kesempatan lebih banyak untuk melihat, memikirkan, memilih barang yang disenangi oleh konsumen, dan lebih memberikan keaktifan pembeli atau konsumen untuk menentukan pilihannya.

Diketahui bahwa Interior display terdapat jenis-jenisnya. Berdasarkan dari informasi yang dihimpun oleh penulis bahwa Interior Display terdiri atas 3 macam yaitu Open Display, Closed Display, dan Architecutural Display. Yang Dimaksud dengan 3 pembagian dari Interior Display beserta fungsinya adalah:

  • Open display adalah barang yang dipajangkan pada suatu tempat terbuka sehingga dapat dihampiri dan dipegang, dilihat dan diteliti oleh calon pembeli tanpa bantuan petugas pelayanan, seperti self display, island display (barang-barang diletakkan diatas lantai dan ditata dengan baik sehingga menyerupai pulau-pulau).
  • Closed display adalah barang dipajangkan yang suasana tertutup sehingga barang tidak dapat dipegang atau diteliti oleh calon pembeli, kecuali melalui bantuan petugas pelayanan. Hal ini bertujuan untuk melindungi barang dari kerusakan, pencurian.
  • Architectural display. Yang dimaksud dengan jenis Display ini adalah untuk barang-barang dalam penggunaannya, contohnya di ruang tamu, di kamar tidur, di dapur dengan perlengkapannya. Cara ini dapat memperbesar daya tarik karena barang-barang dipertunjukkan secara realistis.
Baca Juga  Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Konsekuensi Go-Public bagi Perusahaan

Interior display ini bertujuan untuk:

  • Mempromosikan berbagai merchandise yang dapat dipertimbangkan mengenai warna, harga, trend, bahan dan sebagainya.
  • Mengenalkan ide sebagai informasi barang baru ataupun produk baru atau mengenalkan barang yang akan datang.
  • Promosi dalam mendapatkan barang yang terbaru dan dapat dipesan sebelumnya.

3. Eksterior Display

Yang dimaksud dengan jenis Display ini adalah memajang barang-barang di luar toko atau di luar ruangan, seperti dalam kegiatan pameran, bazar dan sebagainya.

Bentuk penataan promosi ini butuh konsentrasi pelayanan konsumen yang lebih aktif. Sebab pengunjung lebih padat dan faktor lingkungan membentuk keseriusan konsumen dalam memilih dagangan. Adapun fungsi dan tujuan dari Eksterior Display adalah 

  • Membantu mengkoordinasikan Advertising dan Merchandising.
  • Memperkenalkan suatu produk secara cepat dan ekonomis.
  • Membantu para produsen yang menyalurkan barang-barangnya dengan cepat dan ekononomis.
  • Menyebabkan adanya kontinuitas skema dan tema warna dari pembungkus.
  • Membangun hubungan yang baik dengan masyarakat, misalnya pada hari raya, ulang tahun.

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Penataan Produk, Fungsi, Tujuan & Jenis Display. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman

 

 

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *