Menu

Pengertian Kloroplas Adalah: Ciri, Fungsi Kloroplas & Strukturnya

Kloroplas – Yang dimaksud dengan Pengertian Kloroplas adalah plastida yang memiliki warna hijau sebab pigmen yang dominan ialah klorofil. Seluruh tipe dari plastida adalah turunan dari badan yang sangat kecil yang disebut dengan proplastida.

Diketahui Proplastida ditemukan di dalam sel Meristem. Dalam perkembangbiakan plastida dan proplastida dilakukan dengan pembelahan diri. Ciri-ciri plastida kloroplas ini memiliki pembungkus yang terdiri atas 2 unit selaput yaitu Selaput luar dan selaput dalam.

Yang dimaksud dengan selaput luar adalah selaput yang sifatnya halus, serta berfungsi untuk memberikan bentuk pada plastida kloroplas. Sedangkan untuk selaput dalam, karakteristiknya berbentuk kantong pipih yang disebut dengan tilakoida.

Sistem tilakoida kemudian berkembang menjadi macam-macam tipe plastida. Untuk bagian dalam plastida terdapat matriks dengan kandungan protein yang disebut dengan stroma. Untuk stroma, ada DNA dan ribosom yang memiliki ukuran lebih kecil dibandingan dengan ribosom yang ada dalam sitoplasma.

Sebab DNA yang ada di dalam kloroplas memiliki kemampuan genetika yang terbatas, maka kloroplas juga kerap disebut dengan organel semiotonom. Pada proplastida tidak ada atau hanya mempunyai sedikit tilakoida.

Sistem tilakoida pada kloroplas terdapat granum dan frets (lamela intergranum). Setiap dari granum tersusun dari setumpukan tilakoida dengan bentuk mirip koin.

Antara granum satu dan yang lainnya sering berhubungan dengan frets ialah stroma tegak. Dalam kloroplas memilikin enzim yang berperan dalam fiksasi CO2 kemudian menjadi gula.

Tumbuhan yang tumbuh pada tempat gelar dengan warna pucat karena hanya ada sedikit sekali proplastida yang kemudian berkembang menjadi kloroplas. Peristiwa demikian disebut dengan etiolasi.

Kantong kecil yang ada di dalam plastida ini kemudian berkembang menjadi kisi-kisi parakristalin yang disebut dengan tubuh prolamela (prolamelar body).

Plastida ini disebut dengan etioplas. Ketika tumbuhan tumbuh pada tempat gelap selanjutnya ditempatkan di tempat yang banyak sinar, tubuh prolamela akan berkembang menjadi sistem tilakoida yang khas.

Baca Juga  Klasifikasi Desa dan Unsur-Unsur Terbentuknya Desa

Pengertian Kloroplas: Apa itu? 

Pengertian Kloroplas Adalah: Ciri, Fungsi Kloroplas & Strukturnya (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Kloroplas Adalah (Foto: Artikelsiana.com)

Secara umum, Pengertian Kloroplas adalah organel sel yang terdapat pada sel tumbuhan yang memiliki kandungan klorofil yang berfungsi tempat berlangsungnya proses fotosintesis.

Fungsi Kloroplas 

Pengertian Kloroplas Adalah: Ciri, Fungsi Kloroplas & Strukturnya (Foto: Artikelsiana.com)
Fungsi dan Peran Kloroplas (Foto: Artikelsiana.com)

Adapun fungsi kloroplas adalah:

  • Berperan dalam proses fotosintetis, yakni pada reaksi terang (fosforilasi dan fotolisis) dan reaksi gelap (pembentukan C6H12O6).
  • Berfungsi dalam sintetis protein (penyusun kloroplas).
  • Bertanggungjawab dalam aborbsi energi cahaya dan sintesis karbohidrat.
  • Energi cahaya “ditangkap” kloroplas, diubah menjadi energi dalam bentuk karbohidrat dan sebagai awal rantai makanan di alam.

Struktur Anatomi Kloroplas 

Pengertian Kloroplas Adalah: Ciri, Fungsi Kloroplas & Strukturnya
Struktur Penyusun Kloroplas (Foto: Artikelsiana.com)

Adapun struktur atau bagian-bagian kloroplas beserta fungsinya antara lain: 

1. Membran Luar kloroplas

Mirip dengan mitokondria, ternyata kloroplas juga mempunyai membran ganda yang mengelilinginya. Diketahui membran ganda ini terbagi atas 2 macam dalam kloroplas yaitu membran luar dan membran dalam.

Yang dimaksud dengan Membran luar memiliki sifat permeabel dan digunakan untuk melewatkan molekul-molekul kurang dari 10 kilodalton tanpa selektivitas dan menutupi ruang intermembran antara membran dalam dan bagian luar kloroplas.

Baca Juga  Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Ciri-Ciri Sel Darah Putih (Leukosit)

Permukaan membran luar rata disebabkan terdapat lipatan sedikit ketika dibandingkan dengan membran dalam. Diketahui bahwa fungsi struktur membran luar pada kloroplas untuk mengatur keluar masuknya zat.

2. Ruang Antar Membran

Selain itu, untuk struktur kloroplas yang kedua adalah terdapat ruang antar membran. Yang dimaksud dengan bagian ini adalah ruang yang berfungsi untuk memisahkan antara membran luar dan membran dalam dengan ketebalan kira-kira 10 nm.

3. Membran Dalam Kloroplas

Selanjutnya adalah membran dalam kloroplas. Diketahui bagian ini memiliki sifat selektif permeabel yang berfungsi untuk wadah protein transpor melekat. Selain itu, untuk fungsi utama bagian ini adalah memilih molekul yang keluar masuk dengan transpor aktif.

Membran dalam permeabel terhadap sukrosa, karbon dioksida, sorbitol, asam asetat, dan berbagai macam anion. Membran dalam menutupi daerah yang terdapat cairan yang disebut dengan stroma. Lipatan pada membran dalam membentuk struktur seperti tumpukan piringan yang saling berhubungan.

4. Stroma

Yang dimaksud dengan Stroma ialah cairan kloroplas yang memiliki fungsi sebagai wadah hasil fotosintesis. Hasil tersebut terdiri dari bentuk pati dan sebagai tempat terjadinya reaksi gelap (siklus calvin).

Diketahui kandungan dari Stroma terdapat enzim, ribosom, dan DNA. Sintesis protein dapat terjadi di ribosom dalam stroma.

5. Grana

Grana tersusun atas granum-granum yang terdiri dari membran tilakoid sebagai tempat terjadinya reaksi terang dan ruang tilakoid yang berada di antara membran tilakoid. Ukurannya sekitar 0,3-2,7 nm.

Baca Juga  Macam Teori-Teori Evolusi

Satu kloroplas terdiri dari 40 hingga 60 grana yang tersebar di dalam matriks kloroplas. Antara satu granum dengan granum yang lain dihubungkan oleh lamela tilakoid. Sedangkan antara grana dan stroma dihubungkan oleh lamela stroma.

6. Tilakoid

Yang dimaksud dengan Tilakoid adalah pelipatan membran dalam membentuk tumpukan piringan yang saling berhubungan dan berguna untuk menangkap energi cahaya dan mengubahnya menjadi energi kimia.

Tilakoid yang berada di dalam stroma yang merupakan tempat terjadinya fotosintesis. Membran tilakoid wadah terjadinya reaksi terang dan terdapat cairan mengandung klorofil. Jumlah tilakoid pada tiap spesies berbeda.

Ciri-Ciri Kloroplas

Pengertian Kloroplas Adalah: Ciri, Fungsi Kloroplas & Strukturnya (Foto: Artikelsiana.com)
Ciri-Ciri Kloroplas (Foto: Artikelsiana.com)

Adapun ciri-ciri kloroplas adalah:

  • Kloroplas adalah bagian dari plastida yang mengandung klorofil.
  • Di dalam kloroplas berlangsung fase terang dan fase gelap dari fotosintesis tumbuhan.
  • Banyak ditemukan seluruh tumbuhan, tetapi tidak umum dalam seluruh sel, kalaupun ada setiap sel dapat mempunyai 1 hingga banyak plastida.
  • Pada tumbuhan tingkat tinggi umumnya berbentuk cakram (kira-kira 2 x 5 mm, kadang-kadang lebih besar),
  • Tersusun dalam lapisan tunggal dalam sitoplasma tetapi bentuk dan posisinya berubah-ubah sesuai dengan intensitas cahaya.

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Kloroplas Adalah: Ciri, Fungsi Kloroplas & Strukturnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-teman. 

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *