Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Pengertian Ayam Adalah: Ciri-Ciri, Karakteristik Tempat Hidup & Manfaatnya

Ayam –Alam tempat kita hidup selalu memberikan hal-hal menarik. Apalagi yang sederhana misalnya Ayam. Ciri-ciri ayam dan tempat hidupnya dengan karakteristik tertentu ini selain kandungan gizi daging ayam yang banyak juga hewan ini ternyata punya hal-hal menarik lainnya.

Hewan favorit yang memiliki manfaat bagi manusia sebab kaya akan kandungan gizi, untuk karakteristik tempat hidupnya ternyata hewan ini dikembangbiakkan di seluruh dunia.

Menurut penelitian, diprediksi jumlah ayam yang tempat hidupnya yang ada di seluruh dunia ini terdapat 25 Milyar atau bisa dikatakan 4 kali lipat dari jumlah manusia di bumi. Bisa dibayangkan jika ayam menginvasi manusia atau menyerang manusia. Beruntung ayam tidak secerdas manusia.

Banyaknya jumlah ayam itu, mampu memenuhi kebutuhan daging manusia sebab ayam adalah hewan yang mempunya kandungan gizi yang banyak. Untuk tempat hidup ayam ini tersebar didunia, diperkirakan terdapat 2.000 ekor ayam yang dipotong pada setiap detiknya.

Apalagi jika menghitung jumlah telur ayam, tentu sangatlah banyak sebab terdapat jenis-jenis atau macam-macam ayam yang mampu memproduksi telur setiap harinya dengan cara-cara tertentu yang berkualitas. Contohnya saja untuk ayam betina secara umum yang dapat menghasilkan rata-rata 300 butir telur pertahun.

Banyaknya jumlah ayam ini, beruntung tidaklah sepintar dan secerdas manusia sebab apabila demikian, tentu saja bisa jadi ancaman bagi umat Manusia. Namun jangan sebutkan bahwa ayam adalah hewan yang tidak punyai kepintaran.

Walaupun ayam tidak masuk dalam hitung hewan-hewan terpintar seperti, kera, anjing, dan lumba-lumba, akan tetapi ternyata ayam adalah hewan yang mempunyai ciri-ciri dan karakteristik yang dapat mengingat dan membedakan lebih dari 100 wajah orang.

Tidak hanya itu karakteristik menarik dari ayam. Setelah mengkaji dan meneliti tentang ayam, dari berbagai sumber seperti makalah, jurnal ilmiah, buku serta berbagai karya tulis lainnya, ternyata ciri-ciri ayam juga dapat melihat warna seperti manusia,

Sehingga tidak mengherankan apabila ayam menurut peneliti dapat bermimpi indah sebab dalam mimpinya memiliki warna seperti manusia. Tidak hanya itu, pernah tidak kita semua mengeluarkan macam-macam jenis ketawa dengan suara yang bervariasi pula.

Untuk karakteristik ayam ini, juga ayam mampu mengeluarkan lebih dari 30 macam suara yang berbeda-beda. Selain itu, ciri-ciri ayam lainnya yang kadang terdengar mitos yang disebutkan oleh para orang tua dan itulah mengapa juga terdapat dalam beberapa hadits yang menjelaskan karakteristik ayam ini. Ciri-ciri ayam adalah mempunyai kemampuan object permanence.

Apasih kemampuan itu?. Kemampuan ayam ini adalah untuk mengetahui bahwa meskipun sebuah benda tersembunyi dari pandangan, benda itu tetap ada. Bahkan manusia tidak dapat melihatnya. Mungkin saja inilah yang dikatakan dari hadist tersebut dan penyampaian dari para orang-orang tua.

Baca Juga  Perbedaan Antara Leukoplas, Kromoplas dan Kloroplas? Begini Penjelasannya

Selain itu, ayam juga seperti manusia apalagi untuk jenis ayam betina. Karakteristik ayam betina ini ternyata bisa berbicara dengan anak-anaknya sebelum menetas dan bahkan akan mengeluarkan suara ketika ditanya oleh induknya.

Saking sayangnya dengan anak-anaknya, karakteristik lain dari ayam juga sering kali membolak-balik telur-telurnya sampai 50 kali sehari untuk membuat setiap bagian telur tetap hangat.

Pengertian Ayam Adalah: Ciri-Ciri, Karakteristik Tempat Hidup & Manfaatnya (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Ayam Adalah: Ciri-Ciri, Karakteristik Tempat Hidup & Manfaatnya (Foto: Artikelsiana.com)

Tidak hanya itu saja kasih sayang ibu ayam, pada saat ayam menetas, ayam betina atau ibu ayam mengajari anak-anaknya untuk mengetahui mana yang bisa dimakan dan mana yang tidak bisa dimakan,

Dan bahkan saking sayangnya, apabila ada yang menganggu anaknya, bahkan kalaupun itu yang mengganggu memiliki ukuran yang lebih besar darinya, tetap akan menyerang pengganggu itu.

Masih ingat tidak, tentang ayam jantan dari timur. Memang julukan ini tidak semerta-merta dikatakan apalagi ketika melihat ciri dan karakteristik ayam.

Sebab ayam yang terlihat culun atau kecil sekalipun ternyata memiliki leluhur yang garang dan ganas sebab diteliti pada tahun 2004, ternyata ayam kerabat dengan dengan T-rex yang merupakan dinousaurus.

Ciri-ciri ayam secara umum tidak sampai disitu saja, ayam juga memiliki kemampuan dalam melihat sianr UV alias sinar ultraviolet dan dapat bernavigasi atau menentukan arah melalui bantuan matahari.

Bahkan ayam memiliki pendengaran bagus dan bisa memperbaikinya sendiri dengan cara menumbuhkan sel pendengaran yang baru hingga kembali ke kondisi nyaris 100 persen.

Dan ayam ternyata bisa terbang cukup jauh, dengan rekor terbang selama 13 detik dan mencapai jarak 92 meter. Inilah hal-hal yang menarik dari ayam yang merupakan karakteristik atau ciri-ciri ayam yang jarang diketahui oleh orang-orang. 

Pengertian Ayam Adalah?

Pengertian Ayam Adalah: Ciri-Ciri, Karakteristik Tempat Hidup & Manfaatnya
Pengertian Ayam Adalah: Ciri-Ciri, Karakteristik Tempat Hidup & Manfaatnya

Apasih itu ayam? Secara umum, Pengertian Ayam adalah ternak unggas yang kaya gizi dengan nama ilmiah Gallus Gallus yang tergolong sebagai omnivora dan ovivar. Sebagai hewan yang memiliki kandungan gizi tinggi di dagingnya, ayam juga mudah didapat, dan memiliki tekstur daging yang empuk.

Hewan menjadi ini menjadi favorit manusia sebab bau yang dimiliki ayam tidak terlalu amis dan biasa dimanfaatkan sebagai bahan utama dalam pembuatan makanan. Berdasarkan sejarahnya bahwa, ayam yang biasa dimanfaatkan untuk di konsumsi ini, pada dasarnya berasal dari ayam liar.

Baca Juga  Pengertian Atmosfer dan Lapisan-Lapisan Atmosfer

Setelah beberapa lama dipelihara, hingga menghasilkan keturunan yang jinak, ayam tersebut kemudian disilang-silangkan atau dikawinkan. Itulah mengapa secara teori ayam dikonsumsi sekarang adalah ayam liar atau ayam hutan dengan nama atau sebutan ilmiahnya adalah Gallus gallus.

Klasifikasi Ayam

Pengertian Ayam Adalah: Ciri-Ciri, Karakteristik Tempat Hidup & Manfaatnya
Pengertian Ayam Adalah: Ciri-Ciri, Karakteristik Tempat Hidup & Manfaatnya

Menurut Rose (2001) bahwa hirarki atau susunan struktur ayam adalah:

  • Kingdom: Animalia
  • Subkingdom: Metazoa
  • Phylum: Chordata
  • Subphylum: Vertebrata
  • Kelas: Aves
  • Ordo: Galliformes (Game Birds)
  • Family:Phasianidae (Peasants)
  • Genus:Gallus
  • Spesies: Gallus gallus

Ayam adalah burung yang dipelihara untuk dimanfaatkan. Secara keseluruhan kurang lebih terdapat 20 milyar ayam di dunia ini. Hewan yang memiliki sifat adaptif dan dapat untuk tempat hidup ayam disebut bisa berada dimana saja asalkan terdapat makanan.

Dulu ayam memiliki kemampuan terbang, namun saat ini kemampuan itu sudah hilang dan lebih banyak menghabiskan waktu di tanah atau kadang-kadang di pohon. Ayam berukuran kecil kadang-kadang dimangsa oleh unggas pemangsa, misalnya elang.

Ciri-Ciri Ayam

Pengertian Ayam Adalah: Ciri-Ciri, Karakteristik Tempat Hidup & Manfaatnya
Pengertian Ayam Adalah: Ciri-Ciri, Karakteristik Tempat Hidup & Manfaatnya

Adapun ciri-ciri ayam antara lain: 

  1. Termasuk hewan unggas.
  2. Ovivar (hewan yang bertelur).
  3. Tergolong hewan omnivora.
  4. Kaki berjumlah dua.
  5. Masing-masing kaki memiliki jari umumnya sebanyak lima.
  6. Tiga di antara jari pada kaki ayam dilengkapi cakar yang fungsinya mengais makanan juga untuk perlindungan diri.
  7. Sekujur tubuh ayam, kecuali bagian bawah kaki, ditutupi oleh bulu.
  8. Hewan ayam memiliki jengger.
  9. Memiliki sepasang mata disamping kepala.
  10. Ayam termasuk kelompok unggas, memiliki sayap namun tidak digunakan untuk terbang, memiliki paruh untuk mematuk.
  11. Ayam berkembang biak dengan jalan bertelur.
  12. Dapat bertelur hingg 8-12 butir.
  13. Mengerami telur hingga 21 hari.
  14. Ukuran dan warnanya bervariasi.

Tempat Hidup Ayam

Pengertian Ayam Adalah: Ciri-Ciri, Karakteristik Tempat Hidup & Manfaatnya
Pengertian Ayam Adalah: Ciri-Ciri, Karakteristik Tempat Hidup & Manfaatnya

Adapun tempat hidup atau habitat ayam pada dasarnya dibagi atas dua yaitu habitat atau tempat hidup di alami daratan dan tempat hidup atau habitat buatan. Adapun contohnya ialah:

  1. Di lingkungan alami daratan, adalah ayam yang tergolong liar yang dengan kemampuan yang tinggi seperti dapat terbang walaupun tidak seperti burung biasanya, dan juga memiliki daging yang keras contohnya hutan
  2. Di lingkungan daratan buatan adalah ayam yang tergolong jinak dengan kemampuan yang biasa-biasa saja dan ditujukan untuk dimanfaatkan untuk dikonsumsi contohnya halaman rumah, lingkungan pertanian, kebun, peternakan dan lain.
Baca Juga  16+ Arah Mata Angin dan Cara Menentukan Arahnya Jika Tersesat di Hutan

Contoh Ayam Ternak Atau Ayam Peliharaan

Adapun contoh Ayam ternak atau peliharaan pada dasarnya terbagi atas 3 yaitu ayam tipe petelur, ayam tipe pedaging dan ayam tipe penyanyi. Adapun 3 jenis ayam tersebut beserta ciri-cirinya adalah:

1. Tipe Ayam petelur

Ayam ini juga disebut dengan ayam buras. Karakteristik ayam ini dipelihara oleh masyarakat untuk dimanfaatkan telurnya sebab jenis-jenis ayam tipe petelur ini mempunyai ayam yang cepat bertelur dan dilihat dari hasil produksi ayamnya mencapai 190-250 butir/ tahunnya bahkan juga lebih.

2. Tipe Ayam Pedaging

Untuk tipe ayam pedaging tidaklah sama dengan tipe ayam petelur sebab ayam tipe pedaging diproduksi untuk dimanfaatkan dagingnya, sebab ayam ini memiliki karakteristik daging yang baik dengan tekstur daging yang empuk. Contoh-contoh jenis ayam tipe pedaging ialah ayam pelung, ayam nunukan, dan ayam bangkok.

3. Tipe Ayam Penyanyi

Tipe ayam ini banyak dijumpai di lokal terutamanya di Indonesia, yang memiliki kemampuan bersuara yang lumayan keras dan juga menarik. Ayam jenis ini berupa ayam pelung, ayam kokok balenggek, dan ayam berkisar, ketiga ayam ini memiliki kualitas suara yang bagus, merdu dan juga memiliki karakteristik yang berbeda – beda.

Manfaat Daging Ayam 

Pengertian Ayam Adalah: Ciri-Ciri, Karakteristik Tempat Hidup & Manfaatnya
Pengertian Ayam Adalah: Ciri-Ciri, Karakteristik Tempat Hidup & Manfaatnya

Daging ayam adalah produk yang sering ditemui dan olahannya memiliki rasa yang juga enak serta dengan harga yang dapat dijangkau seluruh kalangan. Daging ayam sendiri begitu kaya nutrisi sehingga baik untuk kesehatan. Adapun macam-macam manfaat dari mengkonsumsi ayam adalah: 

  1. Tinggi protein
  2. Anti depresan alami
  3. Mencegah keroposnya tulang
  4. Baik untuk jantung sebab dapat mengendalikan dan menekan kadar homosistein dan melindungi jantungmu
  5. Kaya niasin untuk mencegah penyakit kanker dan berbagai jenis kerusakan DNA.
  6. Mendukung kesehatan mata melalui kandungan kandungan retinol, alfa, beta karoten, dan lycopene di dalam ayam berguna untuk menjaga ketajaman mata.
  7. Menjaga kesehatan jaringan tubuh dengan riboflavin yang dapat bermanfaat dalam mengatasi masalah bibir pecah-pecah atau kulit kering.
  8. Kaya akan fosfor sehingga sangat efektif dalam menjaga kesehatan gigi dan tulang dan sebagai pendukung kesehatan ginjal, lever, dan sistem saraf pusat.
  9. Mengandung selenium yang membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh, mendukung kerja kelenjar tiroid, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  10. Meningkatkan kerja sistem metabolisme sebab dengan kandungan vitamin B6 yang membantu untuk mencerna makanan tanpa menyimpannya sebagai lemak sehingga terhindar dari kegemukan.

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Ayam Adalah: Ciri-Ciri, Karakteristik Tempat Hidup & Manfaatnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *