Menu

Pancasila Sebagai Kepribadian Bangsa Adalah? Ini Penjelasannya

Pancasila Sebagai Kepribadian Bangsa – Dasar negara dan pandangan hidup bangsa yang lahir pada 1 Juni 1945 dan resmikan pada 18 Agustus 1945 bersama-sama dengan UUD 1945 saat itu juga Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia.

Arti dari Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia merupakan perwujudan dari nilai-nilai budaya asli bangsa Indonesia yang diyakini mengenai kebaikan dan kebenarannya.

Walaupun lahir pada 1 Juni 1945, dimana Pancasila disahkan sebagai dasar negara, ternyata Indonesia sejak dulu telah menjalankan nilai-nilai Pancasila yang sebagaimana diketahui bersumber dari nilai-nilai Budaya luhur yang telah tercipta ditengah-tengah masyarakat nenek moyang Indonesia.

Maka dari itulah mengapa pancasila dikatakan sebagai kepribadian bangsa sendiri. Sebab kandungan dan kedudukan Pancasila ini pada hakekatnya merangkum seluruh nilai dalam adat – istiadat, kebudayaan, dan agama – agama yang ada di Indonesia.

Pendapat ini bukan tanpa landasan atau asal bunyi saja, melainkan bukti bahwa Pancasila adalah kepribadian bangsa diketahui memang berakar dari sejak dulu, hal itu dibuktikan ditemukannya kata Pancasila dalam kitab sutasoma karangan mpu prapanca pada jaman kerajaan Majapahit.

Tidak hanya itu, bukti fisik juga dapat dilihat dari prasasti dan candi-candi yang dipercaya sebagai bukti tumbuh berkembangnya kepercayaan terhadap tuhan, budaya musyawarah dan gotong royong juga terlihat dalam setiap relief candi.

Nilai-nilai itu kemudian digali dan dirumuskan menjadi suatu tatanan norma dan nilai yang kita sebut dengan Pancasila. Menyadari bahwa untuk kelestarian kemampuan dan kesaktian Pancasila itu,

Baca Juga  55+ Pengertian Hukum Adalah: Arti, Tujuan, Macam, Jenis dari Ahli Hukum

Perlu diusahakan secara nyata dan terus menerus penghayatan dan pengamalan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya oleh setiap warga negara Indonesia, setiap penyelenggara negara serta setiap lembaga kenegaraan dan lembaga kemasyarakatan, baik di pusat maupun di daerah.

Pengertian Pancasila Sebagai Kepribadian Bangsa

Pancasila Sebagai Kepribadian Bangsa Adalah? Ini Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
Pancasila Sebagai Kepribadian Bangsa Adalah? Ini Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian Pancasila sebagai kepribadian bangsa menurut Dewan Perancang Nasional adalah keseluruhan ciri-ciri khas bangsa Indonesia yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa lain.

Yang dimaksud dengan keseluruhan ciri-ciri khas bangsa Indonesia ini adalah bisa dilihat dari garis pertumbuhan dan perkembangan bangsa Indonesia dari masa ke masa yang dipengaruhi dari kondisi tempat, lingkungan, suasana waktu sepanjang masa.

Penerapan Pancasila Sebagai Kepribadian Bangsa

Pancasila sebagai kepribadian bangsa berkaitan dengan kehidupan sehari-hari di keluarga dan masyarakat. Secara sederhana dalam penerapan Pancasila sebagai kepribadian bangsa bagi pribadi setiap orang adalah dengan berperilaku ramah, kesopanan, kemajemukan dan suku budayanya sebagai manifestasi dalam pandangan hidup bangsa.

Bahkan sejak sebelumnya berdirinya suatu bangsa Indonesia, terdapat nilai yang terkandung dalam Pancasila yang telah melekat dalam kehidupan bermasyarakat Indonesia. Yang melekat ini bisa dilihat dari pondasi atau dasar dari perilaku bangsa sebagaimana yang tertera dalam nilai-nilai dari kelima sila dalam Pancasila.

1. Ketuhanan Yang Maha Esa

Sebagai nilai pertama dari Pancasila yang utamanya berkaitan pada keyakinan kepada Tuhan dan hidup dengan menjalankan perintah-Nya. Dalam mengamalkan hal ini, tidak dengan harus menganggu urusan agama masing-masing.

Baca Juga  Pengertian dan Ciri-Ciri Ideologi Terbuka & Tertutup

2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab

Pada prinsipnya bahwa nilai kedua dari pancasila ini mengacu untuk mengakui persamaan hak dan kewajiban, sayang kepada sesama manusia, dan menjalin hubungan dengan bangsa dan negara lain menurut sikap untuk saling menghormati. Maka dari itulah, cerminan pancasila sebagai kepribadian bangsa dapat dilihat dari perilaku individu dan masyarakat.

3. Persatuan Indonesia

Nilai ketiga disini mengenai Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa dimana sebagai warga negara, selalu mengutamakan kepentingan bangsa dibandingkan dengan kepentingan pribadi, kelompok sebagai wujud kecintaan tanah air dan bangsa. Memenuhi hal itu, merupakan sikap dan perilaku dalam mewujudkan rasa persatuan bagi bangsa Indonesia dapat tersalurkan.

4. Kerakyatan Yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijasanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan

Sila ke-4 merupakan penjelmaan dalam dasar politik Negara yaitu berkedaulatan rakyat adalah mutlak dan sifatnya demokrasi yaitu tidak dapat dirubah atau ditiadakan.

5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Dalam sila ke 5 dalam Pancasila ini dalam arti kepribadian bangsa adalah kebutuhan utama semua masyarakat Indonesia tanpa melihat status dan kedudukannya sebagai cerminan persamaan sosial, dimana tidak ada perbedaan dan kesenjangan sosial/ekonomi antara satu dengan yang lainnya.

Contoh Pancasila Sebagai Kepribadian Bangsa dalam Kehidupan Sehari-Hari 

Sebab dalam Pancasila mengandung banyak makna yang behubungan dengan budaya, adat istiadat dan religius bangsa. Adapun bentuk-bentuk atau contoh dari Pancasila sebagai kepribadian bangsa adalah

  1. Pengakuan atas Tuhan yang Maha Esa.
  2. Selalu mengambil jalan musyawarah untuk mufakat dalam menyelesaikan suatu masalah.
  3. Saling menghormati satu dengan yang lainnya.
  4. Meletakkan kepentingan golongan di atas kepentingan pribadi
  5. Bersikap adil dalam mencapai tujuan bersama.
Baca Juga  Apa itu Sistem Pers Demokrasi Liberal (Liberal Democration Press) ?...

Dari hal inilah mengapa Pancasila dibentuk untuk menggali nilai luhur bangsa Indonesia yang tertanam dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Hal ini juga yang membedakan Indonesia dengan ideolgi bangsa yang lainnya.

Fungsi Pancasila Sebagai Kepribadian Bangsa

Fungsi pancasila sebagai kepribadian Bangsa Indonesia adalah yang memberi ciri khas bagi Bangsa dan sekaligus berfungsi sebagai pembeda dari Bangsa Indonesia dengan Bangsa lain yang dapat diwujudkan melalui tingkah laku dan sikap mental, hingga mencermin kepribadian bangsa yang luhur.

Demikianlah informasi mengenai Pancasila Sebagai Kepribadian Bangsa Adalah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *