Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Nokturnal Adalah, Ciri-Ciri & 13 Contoh Hewan Nokturnal

Hewan Nokturnal – Indonesia ialah negara yang kaya akan keanekaragaman hayati. Dengan kekayaan ini, menempatkan nama Indonesia ke dalam tujuh negara megabiodiversity. Kekayaan yang dimiliki Indonesia tidaklah main-main atau hanya bualan belaka,

Mulai dari flora hingga fauna yang dimiliki Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Apalagi berbicara soal fauna Indonesia, tidak hanya pada banyaknya fauna Indonesia melainkan fauna (hewan) yang dimiliki Indonesia juga memiliki ciri khas yang membedakan dengan yang lainnya dan bahkan tidaklah ada di negara lain.

Keragaman fauna Indonesia ini, tersebar mulai dari Sumatera hingga Papua. Banyak persebaran fauna di Indonesia menjadi keuntungan dan sekaligus menjadi ancaman yang luar biasa.

Sebab dengan persebaran fauna yang luas, adalah maka banyak orang yang berbondong-bondong untuk menyaksikannya.

Namun, disisi lain ternyata ada juga yang berani untuk memburuh hingga persebaran fauna yang menjadi ciri khas negara Indonesia, terdapat diantara spesies mengalami ancaman kepunahan.

Hal ini membuat negara Indonesia terus memberikan penjagaan yang ketat dalam merawat kekayaan fauna yang tersebar di seluruh Indonesia. Walaupun, disetiap fauna yang ada tentu memiliki manfaat yang baik bagi manusia ketika dikonsumsi.

Namun, ternyata dengan pengambilan yang berlebihan memberikan ancaman punah atau keturunannya terus menurun.

Selain itu, ada juga disebabkan karena pengambilan habitat dari fauna itu yang dilakukan oleh ulah tangan manusia karena faktor entakah Industri atau sesuatu hal lainnya.

Sehingga fauna yang tersebar merata di Indonesia dan keseimbangan ekosistem yang masih terjaga, berangsur-angsur menjadi rusak,

Dan terjadi perebutan daerah dari fauna itu sendiri sebab habitatnya atau tempat hidupnya telah diambil oleh manusia, maka fauna yang tidak mampu tersebut mengambil alih habitat atau tempat hidup fauna yang lain.

Saat ini, terjadi kemampuan hewan dalam melindungi diri diuji. Ada banyak hewan atau fauna baik itu yang berukuran besar hingga sangat kecil sekalipun memiliki kemampuan untuk bertahan hidup. Ada yang dianugerahi dengan organ tubuh luarnya, dan ada pula kemampuan dari organ tubuh bagian dalamnya.

Misalnya saja mengenai organ mata. Mata merupakan organ indra yang berperan penting bagi makhluk hidup tidak hanya bagi manusia juga bagi hewan.

Baca Juga  Pengertian, Tugas, Wewenang dan Hak MPR

Pada fauna atau hewan, mata berperan atau berfungsi sebagai indra penglihatan sama dengan fungsi dari manusia.

Biasanya, mata akan dapat berfungsi atau dapat melihat dengan jelas ketika terdapat cahaya yang dipantulkan oleh benda yang cukup terang.

Namun ternyata definisi itu tidaklah semua terjadi pada hewan. Sebab ada macam-macam hewan yang memiliki kemampuan khas atau ciri khas yang membedakan dengan fungsi mata pada umumnya.

Contohnya saja hewan yang memiliki sifat nokturnal. Pasti sebagian orang mendengar atau membaca sepintar mengenai Nokturnal masih kebingungan. Jika demikian, Apasih itu Nokturnal?

Arti Nokturnal Adalah?

Nokturnal Adalah, Ciri-Ciri & 13 Contoh Hewan Nokturnal (Foto: Artikelsiana.com)
Nokturnal Adalah, Ciri-Ciri & 13 Contoh Hewan Nokturnal (Foto: Artikelsiana.com)

Secara umum, Pengertian dari kata Nokturnal adalah kata sifat yang menjelaskan mengenai hewan atau binatang yang aktif pada malam hari dan tidur pada waktu siang hari.

Kebalikan dari perilaku nokturnal adalah disebut dengan diurnal. Dari arti nokturnal disini sudah jelas terlihat yang memberikan perbedaan organ mata seperti fungsi biasanya. 

Sebab agar mata dapat melihat, itu membutuhkan cahaya, lantas untuk hewan nokturnal ternyata bisa beraktivitas pada malam hari yang notabenenya kurang cahaya.

Bagi manusia sendiri, apabila beraktivitas pada malam hari dan dengan cahaya yang kurang tentu sangat menyulitkan begitupula bagi beberapa hewan lainnya, dan tentunya lebih baik mencari tempat bersumbunyi dari pemangsa atau predator.

Namun bagi hewan atau binatang berkemampuan nokturnal secara teknis bisa beraktivitas pada malam hari, dan bahkan hewan atau binatang nokturnal ini adalah predator yang bahkan dengan tubuh kecil namun karena merupakan hewan nokturnal menjadikannya dapat mencari mangsa yang ukurannya sama dengan dirinya atau lebih besar.

Tapi tidak dipungkiri juga bahwa pada malam hari, hewan-hewan yang akan dimangsa oleh hewan nokturnal akan bersembunyi, sehingga tidak dapat dilihat oleh hewan yang memiliki kemampuan nokturnal.

Namun, kemampuan nokturnal ini tidak hanya sebatas berupa mata saja atau penglihatan yang berbeda. Melainkan, definisi atau arti nokturnal juga pada hewan berkaitan mengenai kemampuan pendengaran dan penciuman yang sangat tajam.

Contoh Hewan Nokturnal

Melihat dari kemampuan hewan nokturnal, jangan salah sangka bahwa hewan nokturnal sulit untuk ditemukan. Sebab ada banyak contoh-contoh hewan nokturnal yang habitatnya atau tempat hidupnya itu berada disekitar lingkungan manusia.

Baca Juga  BPUPKI Dibentuk Pada Tanggal 1 Maret 1945 Atau 29 April 1945? Begini Sejarahnya

Contoh hewan nokturnal apabila beberapa orang mengatamati tentang kondisi lingkungan disekitarnya dengan menjadikan referensi akan kemampuan apa saja atau ciri-ciri hewan nokturnal itu, maka tidak akan sulit untuk mengetahui contoh-contoh hewan nokturnal.

Atau untuk merangsang nalar, identifikasilah lingkungan yang kurang atau minim cahaya dan lihatlah hewan-hewan yang beraktivitas pada malam itu. Tentunya, beberapa hewan yang bisa langsung ditebak adalah kelelawar.

Kelelawar adalah salah satu dari contoh-contoh hewan yang berkemampuan nokturnal. Mengidentifikasi kelelawar pada malam hari memang membutuhkan keberanian yang tinggi, sebab untuk melihat hewan ini saja sudah sangat menakutkan.

Sebab karakter atau ciri-ciri yang melekat biasanya pada hewan nokturnal adalah berwarna abu-abu gelap, cokelat, atau hitam yang semakin membangkitkan rasa takut. Apalagi melihat kelelawar sendiri, yang matanya seakan dapat bersinar pada malam hari. Ini membuat beberapa orang bisa ketakutan.

Namun, pada dasarnya penyebab yang membuat beberapa orang takut tentang hewan noktural bukan pada aktivitas malamnya, melainkan ada banyak faktor yang kemudian merangsang ketakutan itu sendiri.

Seperti film-film yang kebanyakan berkarakter mirip hewan malam atau nokturnal yang memerankan karakter jahat, sehingga mempengaruhi bagi para penonton, hingga berangsur-angsur bisa dikatakan bahwa hewan nokturnal telah menjadi ikon seram dan jahat dalam beberapa film yang terkenal.

Tidak hanya itu, kesan bahwa hewan nokturnal itu seram dan jahat juga terjadi pada saat perayaan Halloween yang memakai dekokrasi bertema menakutkan dan beberapa diantaranya ada yang menggunakan dekorasi contoh-contoh hewan berkemampuan nokturnal.

Hal inilah disinggung oleh Andrienne Mayor. Sebagai peneliti dari Standford University, menurut Andrienne Mayor bahwa karakter nokturnal dan predaktor hewan-hewan itu yang menyebabkan kesan misterius dan telah menjadi cerita sejak zaman kuno.

Selain dari kelelawar, Burung hantu memiliki lapisan bulu pada pinggir sayap yang dapat meredam suara saat burung hantu menyambar mangsanya.

Kucing mempunyai rambut tebal dan alas kaki yang empuk, untuk membantu kucing mengintai mangsanya. Beruang semut memakai moncongnya untuk mencari semut di tanah.

Baca Juga  Pengertian Kondensasi, Proses Terjadinya & Contoh Kondensasi

ada banyak contoh hewan nokturnal lainnya seperti sebagian besar ular, mamalia, dan hewan invertebrata sebagai bentuk organisme nokturnal.  

Namun, tidak dipungkiri bahwa ada juga hewan nokturnal atau dapat beraktivitas pada malam hari, namun tidak pada sianghari, namun ada juga hewan yang bisa beraktivitas pada malam hari dan pada siang harinya. 

13 Contoh Nama-Nama Hewan Nokturnal 

Diketahui bahwa contoh-contoh hewan nokturnal adalah perilaku aktivitas malam, sehingga apabila demikian maka aktivitas berkembangbiak untuk hewan nokturnal juga terjadi pada malam hari. Untuk lebih jelasnya mengenai nama-nama hewan apa saja yang berkemampuan nokturnal ialah:

  1. Kelelawar
  2. Burung hantu
  3. Tikus
  4. Tarsius
  5. Bangkong serasah
  6. Galago
  7. Ular (Welang) 
  8. Musang
  9. Kiwi
  10. Lemur
  11. Kuskus
  12. Kukang
  13. Kucing
  14. Lipan

Ciri-Ciri Hewan Nokturnal 

Berdasarkan dari seluruh penjelasan mengenai arti hewan nokturnal dan contoh hewan nokturnal diatas, maka dapat disimpulkan bahwa karakteristik atau ciri-ciri hewan nokturnal adalah: 

1. Penglihatan Tajam

Contoh hewan nokturnal mempunyai bentuk mata lebar, bahkan jika dibandingkan dengan ukuran tubuhnya membuatnya memiliki penglihatan tajam pada malam hari.

2. Pendengaran unik

Selain memiliki indra penglihatan yang tajam, ciri hewan nokturnal juga mempunyai pendengaran yang lebih baik. Contoh hewan nokturnal seperti kelelawar.

Kelelawar memiliki pendengaran dengan gelombang ultrasonik (ekolokasi) sehingga pada saat terbang tidak terbentuk dinding gua dan dapat mengetahui lokasi mangsangnya.

3. Pengecap Sebagai Alat Deteksi

Terdapat hewan nokturnal yang berkemampuan indra pengecap yang tajam. Ciri ini dipakai sebagai alat navigasi dan mendeteksi panas tubuh mangsanya. Contoh hewan ini adalah ular welang yang menjulurkan lidahnya saat mencari makanan.

4. Penciuman Sebagai Pelacak Mangsa

Semua indera pada hewan nokturnal mempunyai kemampuan sangat baik, termasuk penciumannya. Beberapa hewan nokturnal dapat mendeteksi bau mangsanya meski tak terlihat karena gelap malam.

Demikianlah informasi mengenai Arti Nokturnal Adalah, Ciri, & 13 Contoh Hewan Nokturnal. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

0 votes, average: 0.00 out of 5
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *