Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Menu

Mengapa Norma Diperlukan Dalam Masyarakat? Sebab Inilah Peran Norma

Mengapa Norma Diperlukan Dalam Masyarakat – Setiap seseorang dalam suatu masyarakat tentu memiliki kebutuhan dan kepentingan. Biasanya, terdapat dalam kebutuhan satu orang dengan orang lainnya di dalam masyarakat yang berbeda.

Bahkan dari perbedaan yang terjadi, ternyata memberikan dampak berupa timbulnya pertikaian yang bisa menganggu keamanan, ketertiban dan keserasian untuk hidup bersama satu individu dan individu lainnya dalam masyarakat.

Oleh sebab itu, untuk menghindari pertikaian itu terjadi dalam masyrakat, maka perlu untuk diciptakan kehidupan yang damai dan tertip. Menciptakan kehidupan itu, dibutuhkan aturan sehingga tidak berdampak buruk bagi orang lain.

Tidakkah lihat dikehidupan sehari-hari, ada banyak yang bertikai karena persoalan pendapat yang berbeda-beda. Ada yang menginginkan ini dan ada yang menginginkan itu.

Terkadang dari adu mulut itu, menimbulkan perkelahian sampai terjadi pertumpahan darah, kalau tidak akan salah satu diantaranya akan dipenjara.

Olehnya itu, menghindari hal ini terjadi, peraturan dibentuk untuk menjadi pedoman atau petunjuk dalam menjalani kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat.

Peraturan ini bisa dalam bentuk tertulis atau tidak tertulis sepanjang disepakati secara bersama dan bagi pelanggar akan mendapat sanksi.

Walaupun terkadang, masih ada saja seseorang yang hendak melanggar aturan yang ada, tidak dipungkiri dan tidak sedikit contoh dalam kehidupan bermasyarakat ada orang yang melanggar lalu lintas, dari pelanggaran ini ternyata merugikan orang lain hingga terjadi kecelakaan.

Baca Juga  Pengertian Fotosintesis dan Proses Fotosintesis

Selain itu, ada yang membuang sampah sembarangan, dari hal ini lingkungan menjadi buruk dan bahkan jika dilakukan terus menerus akan menyebabkan bencana alam, walau disekitar tempat atau wilayah itu terdapat aturan.

Namun, bisa dibayangkan apabila tidak terdapat aturan, walaupun masih ada yang melanggar paling tidak pelanggaran itu akan berbuah hukuman atau sanksi,

Sedangkan apabila tidak ada aturan yang mengikat seseorang dalam kehidupannya dan dalam kehidupan bermasyarakatnya akan banyak orang yang ingin tidak tahu menahu tentang berbuatannya dan tidak ingin mengalah tentang berbuatannya dan tidak ingin bertanggung jawab dengan berbuatannya.

Maka dari itu, peraturan dihadirkan dalam masyarakat agar paling tidak dapat mengurangi hingga hal-hal yang baik sebab dibiasakan melalui aturan dapat mengurangi dan menghilangkan kebisaan buruk di dalam masyarakat dan meningkatkan kebiasaan atau perilaku baik dalam kehidupan masyarakat.

Norma Dalam Masyarakat

Mengapa Norma Diperlukan Dalam Masyarakat? Sebab Inilah Peran Norma (Foto: Artikelsiana.com
Mengapa Norma Diperlukan Dalam Masyarakat? Sebab Inilah Peran Norma (Foto: Artikelsiana.com)

Peraturan yang berlaku dalam hidup masyarakat itulah yang disebut dengan norma. Norma dalam kehidupan bermasyarakat memuat aturan dan larangan yang harus dipatuhi oleh seluruh anggota masyarakat.

Baca Juga  Pengertian Norma, Ciri-Ciri, Macam-Macam & Contoh-Contohnya

Kepatuhan itu terjadi pada manusia untuk mengikuti norma terjadi sebab adanya dorongan dalam diri setiap manusia yang ada dalam masyarakat untuk hidup aman, tentram dan damai.

Demikian ini menunjukkan bahwa norma berperan dan berfungsi dalam menjaga dan menjamin macam-macam kepentingan setiap individu dan kelompok.

Sebab dikatakan demikian, lantaran di dalam norma terdapat perilaku yang pantas dan perilaku yang tidak pantas dalam melakukan interaksi atau berhubungan.

Untuk menerapkan nilai-nilai yang terkang dalam norma sehingga peran norma dapat terlaksana secara baik dan tepat di masyarakat, norma adalah kedudukannya bersifat memaksa, baik itu untuk individu dan juga kelompok tertentu.

Sehingga dengan peran dan sifat norma ini, setiap orang dan kelompok tertentu dalam masyarakat bertindak sesuai dan sewajarnya serta tidak merugikan seseorang atau kelompok tertentu.

Selain bersifat memaksa, mengapa norma diperlukan dalam masyarakat sebab norma juga berisi perintah dan larangan. Perintah adalah suatu keharusan untuk dilakukan.

Sebab apabila dilakukan akan memberikan manfaat yang baik bagi individu atau kelompok dalam maysarakat yang menjalankannya.

Sedangkan larangan dalam norma adalah keharusan untuk tidak melakukan sesuatu. Sebab, hal itu ditetapkan dan disepakati lantaran memiliki dampak yang buruk, tidak baik atau tidak menguntungkan bagi individu dan kelompok dalam masyarakat.

Baca Juga  Pengertian Mineral dan Fungsi Mineral

Sehingga mengapa norma diperlukan dalam masyarakat alasannya dengan norma, seseorang dan kelompok dalam masyarakat mendapatkan petunjuk tentang cara berperilaku yang sesuai dan adil.

Mengapa Norma Diperlukan Dalam Masyarakat? Ini Alasannya 

Mengapa Norma Diperlukan Dalam Masyarakat? Sebab Inilah Peran Norma
Peran Norma Dalam Kehidupan Masyarakat Sebagai Alasan Mengapa Norma Diperlukan dalam Masyarakat (Foto: Artikelsiana.com)

Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa mengapa norma diperlukan dalam masyarakat, sebab norma berperan besar untuk menciptakan keteraturan dalam masyarakat. Lebih terperinci, berikut peran-peran norma dalam kehidupan masyarakat..

  1. Menciptakan ketertiban dalam masyarakat.
  2. Mewujudkan nilai-nilai dalam masyarakat.
  3. Menjadi pedoman hidup bagi anggota masyarakat
  4. Mengikat anggota masyarakat untuk patuh pada aturan.
  5. Memberikan stabilitas dan keteraturan dalam kehidupan masyarakat.
  6. Menjadi standar dari berbagai kategori tingkah laku di masyarakat.
  7. Norma dibentuk sehingga tercipta keterbitan antara individu.
  8. Norma berperan agar setiap individu bisa menjaga tingkahlakunya tidak berlaku seenaknya saja.

Itulah mengapa norma diperlukan dalam masyarakat, mengingat keberadaan norma bertujuan untuk memberi petunjuk kepada setiap individu dalam berperilaku.

Apabila terdapat individu ata kelompok tertentu yang berani melanggar, maka sanksi yang didapatkan juga sangat besar sebab berupa hukuman, pengucilan, cemoohan, teguran bahkan sampai denda.

Demikianlah informasi Mengapa Norma Diperlukan Dalam Masyarakat?. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, average: 0.00 out of 5)
You need to be a registered member to rate this.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *